√ 2 Cara Menambah Ruang Penyimpanan Android Tanpa Hapus File

menambah ruang penyimpanan HP

Ruang penyimpanan adalah aspek yang sangat penting dalam smartphone karena disana tersimpan file-file penting yang sering digunakan sehari-hari. Jika ruang penyimpanan penuh maka smartphone tidak mampu menyimpan file dari luar lagi, satu-satunya cara adalah dengan menghapus beberapa file yang ada supaya file dari luar bisa masuk ke ruang penyimpanan.

Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini, dimana mereka harus menghapus file yang ada supaya file lain bisa masuk ke penyimpanan. Ada satu cara ampuh untuk menambah ruang penyimpanan tanpa harus menghapus file yang sudah ada yaitu dengan memakai ruang penyimpanan tambahan.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan cara menambah ruang penyimpanan android tanpa hapus file. Dengan menambah ruang penyimpanan, anda bisa simpan banyak file sekaligus tanpa harus menghapus file yang sudah ada.

1. Memakai aplikasi MediaFire

Cara pertama, anda membutuhkan aplikasi tambahan bernama MediaFire, aplikasi ini menyediakan ruang penyimpanan gratis sebesar 10 GB, anda bisa menginstal aplikasi MediaFire melalui link di bawah ini.

DOWNLOAD – MEDIAFIRE

Cara menambah memori HP

Anda download file apk MediaFire lalu install aplikasi tersebut, kemudian buka aplikasinya dan login menggunakan akun google atau Facebook. Untuk melihat ruang penyimpanan gratis, anda pilih titik tiga di pojok kanan atas > pilih settings > lihat di bagian storage used.

Cara memindahkan file dari penyimpanan internal ke penyimpanan MediaFire adalah pilih icon upload di pojok kanan atas > pilih file yang ingin anda upload > pilih icon ceklis dan tunggu sampai semua file selesai diupload. Anda bisa melihat proses upload dengan pilih titik tiga > pilih uploads.

Jika semua file sudah dipindahkan, anda bisa hapus semua file yang sudah dipindahkan. Tenang saja, semua file yang anda upload ke penyimpanan MediaFire tidak akan hilang. Setelah itu, anda hapus aplikasi MediaFire karena semakin banyak file yang anda upload maka semakin besar aplikasi memakan ruang penyimpanan.

Baca juga : cara membuat logo gaming memakai foto sendiri

Jika anda ingin mengambil filenya lagi maka tinggal instal aplikasi MediaFire dan login menggunakan akun yang sama. Lalu anda tahan dan pilih beberapa file yang akan anda pindahkan ke memori internal, kemudian pilih titik tiga di pojok kanan atas dan pilih download. File yang anda download secara otomatis ditempatkan di folder download.

2. Memakai aplikasi Google Drive

Cara kedua adalah dengan memakai aplikasi Google Drive, semua pengguna android pasti tahu dengan aplikasi yang satu ini. Aplikasi ini menyediakan ruang penyimpanan gratis sebesar 15 GB, jika dirasa masih kurang maka buatlah banyak akun google dan daftarkan semuanya ke google drive.

Cara menambah penyimpanan HP


Anda bisa download aplikasi Google Drive terbaru melalui link di bawah ini.

DOWNLOAD – GOOGLE DRIVE

Untuk menggunakan ruang penyimpanan Google Drive, anda install aplikasi Google Drive dan buka aplikasinya. Pilih icon (+) > pilih folder > isi nama folder dan pilih buat > pilih folder yang sudah dibuat > pilih icon (+) > pilih uploads > pilih file yang ingin dipindahkan > klik pilih di kanan atas > tunggu beberapa saat sampai semua file selesai upload.

Jika proses upload susah selesai, anda bisa hapus semua file yang sudah dipindahkan dari penyimpanan internal. File yang dihapus akan tetap tersimpan di penyimpanan Google Drive, jika ingin mengambilnya lagi maka buka aplikasi Google Drive > tahan file dan pilih file apa saja yang ingin didownload > pilih titik tiga > pilih download dan tunggu sampai proses download selesai.

Penutup

Menambah ruang penyimpanan disini berarti menggunakan ruang penyimpanan tambahan, bukan memori internal yang bisa bertambah. Anda bisa menggunakan aplikasi MediaFire atau Google Drive sebagai ruang penyimpanan cadangan saat memori internal Android sedang penuh.

Get notifications from this blog

PALING VIRAL  Software Produksi Musik Gratis Terbaik Untuk Pemula


Related Posts

android