√ 4 Cara Cepat Lancar Bahasa Inggris Tanpa Teman Ngobrol

Salah satu cara cepat lancar bahasa Inggris adalah mempunyai teman ngobrol. Mencari teman yang ingin sama-sama belajar bahasa Inggris itu tidak mudah, daripada sibuk mencari teman ngobrol lebih baik anda fokus mempelajari bahasa Inggris. 

Mempunyai teman ngobrol bahasa Inggris memang menyenangkan, anda bisa belajar kosa kata baru dan langsung mempraktekkannya ke lawan bicara. Tapi, tidak semua orang bisa mendapatkan teman yang bisa diajak ngobrol bahasa Inggris.

Pada kesempatan kali ini, Magersena akan memberikan cara lancar bahasa Inggris tanpa teman ngobrol. Cara ini berguna untuk anda yang tidak mempunyai teman ngobrol bahasa Inggris atau belajar secara otodidak.

1. Mimicking

Cara ini paling mudah dilakukan untuk anda yang ingin lancar bahasa Inggris tanpa teman ngobrol. Mimicking artinya mengikuti apa yang anda dengar atau tonton dari video, podcast, audio dan lainnya. Tidak hanya mengikuti, anda juga harus memperhatikan intonasi, aksen dan nasa bicaranya.

Anda bisa mulai dengan menginstal aplikasi belajar bahasa Inggris, dengarkan dan ikuti nada bicaranya. Cara lain adalah dengan copy paste teks bahasa Inggris ke google translate lalu pilih suara, dengarkan dan ikuti apa yang diucapkan oleh google translate. Anda juga bisa menonton video bahwa Inggris di YouTube lalu pause setiap kalimat dan ikuti ucapan kalimatnya.

2. Bertanya ke diri sendiri

Selain berbicara ke diri sendiri, anda juga bisa bertanya ke diri sendiri memakai bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anda. Cara paling ampuh supaya lancar bahasa Inggris adalah menerapkan bahasa Inggris ke dalam kehidupan sehari-hari.

Anda bisa mulai dengan bertanya ke diri sendiri menggunakan bahasa Inggris, cara ini bisa anda lakukan di mana saja dan kapan saja. Misalnya, anda lapar dan ingin makan sesuatu maka ucapkan dalam bahasa Inggris :

“Ah, what should i eat now ?” atau “what do i want to eat ?

Setelah bertanya dengan bahasa Inggris, anda harus menjawabnya dengan bahasa Inggris juga supaya terlihat seperti obrolan antara dua orang. Jika anda kehabisan topik untuk bertanya ke diri sendiri, anda buka google dan ketik “question ask to yourself” maka muncul situs yang menyediakan pertanyaan yang bisa anda tanyakan ke diri sendiri.

3. Mengubah kalimat

Cara ini sama dengan mimicking tapi anda harus mengubah kalimat yang anda dengar menjadi kalimat lain, cara ini membantu anda memahami permainan kata dalam bahasa Inggris. Contoh kata :

Baca juga : kenapa bahasa Inggris dijadikan bahasa internasional ?

“Where did you get the hat ?” Anda bisa ganti objek kalimat tersebut, contoh :

“Where did you get the dress ?”

“Where did you get your new boom ?”

“Where did you get your shoes ?”

Jadi, anda harus mengganti objek tapi masih memakai pola kalimat yang sama.

Saat anda mendengarkan atau membaca sebuah kalimat bahasa Inggris, cobalah untuk mengubah kalimat tersebut sesuai keinginan supaya anda lebih paham dengan pola kalimat dalam bahasa Inggris.

Mengubah kalimat bahasa Inggris juga membantu anda dalam membuat kalimat sendiri dan bisa memulai percakapan dengan bahasa Inggris.

4. Berbicara dengan diri sendiri

Cara efektif lancar bahasa Inggris tanpa teman adalah berbicara dengan diri sendiri. Semua orang pasti pernah berbicara dengan diri sendiri dalam hati, bicara dengan diri sendiri membuat kita berpikir mengenai suatu hal.

Biasanya anda berbicara ke diri sendiri memakai Bahasa Indonesia, anda bisa mengubahnya menjadi bahasa Inggris supaya terbiasa dengan berbagai kalimat dalam bahasa Inggris. Misalnya, anda lelah setelah membersihkan garasi, bicaralah dalam hati memakai bahasa Inggris :

“I am tired after cleaning up the garage”

Anda bisa berbicara sendiri dalam hati memakai bahasa Inggris setelah melakukan sesuatu atau sedang melakukan sesuatu, teruslah berlatih dengan bertanya ke diri sendiri sampai anda lancar bahasa Inggris dan bisa mempraktekkannya langsung ke orang lain.

Get notifications from this blog

PALING VIRAL  4 Opsi Penggantian Baterai MacBook Dari Yang Paling Aman


Related Posts

informasi umum