√ 4 Cara Mengatasi Folder Data dan WhatsApp Hilang di Android 11

Folder WhatsApp hilang


Pada kesempatan kali ini, Magersena akan memberikan cara mengatasi dan menampilkan folder data android dan WhatsApp yang tidak muncul atau hilang padahal folder data tersebut tidak dihapus.

Update terbaru Android 11 terdapat perbedaan untuk data sistem Android yang beberapa sudah tersembunyi dan tidak bisa langsung diakses dengan File Manager bawaan smartphone.

 

Selain itu, ada juga masalah Tidak munculnya gambar dari WhatsApp di galeri ataupun di file manager. Sekarang mari langsung saja kita bahas masalah dan solusinya satu persatu.

1. Folder WhatsApp hilang

Untuk masalah yang pertama adalah folder WhatsApp yang tidak muncul di File Manager, folder WhatsApp yang tidak muncul di file manager sebenarnya tidak hilang atau terhapus sendiri.

Tapi di update terbaru, folder WhatsApp sudah berpindah tempat ke folder bagian folder yang lain. Kalau sebelumnya, Anda bisa akses seluruh file dari aplikasi WhatsApp di halaman utama penyimpanan tapi sekarang sudah tidak ada.

Di update Android 11 terbaru, Anda bisa akses folder WhatsApp di file direktori yang baru dan bisa ditemukan di internal storage > android > media > com.whatsapp. 

Di dalam folder ini, Anda bisa langsung menemukan tiga folder yaitu folder backup, database dan media seperti di versi sebelumnya. Folder WhatsApp ini mempunyai media yang sering Anda share seperti dokumen,audio, foto, sticker dan lainnya.

jadi, untuk posisi folder WhatsApp hanya berpindah saja dan tidak hilang di file manager Android 11.

2. Foto whatsapp di galeri hilang

masalah yang kedua adalah tidak munculnya gambar di galeri untuk folder WhatsApp image dan WhatsApp video, untuk memunculkannya Anda tinggal masuk ke file manager lalu buka setting file managernya di tiga titik kanan atas, kemudian pilih setting dan aktifkan fitur show hidden system files.

Baca juga :

Langkah selanjutnya, Anda buka folder yang tidak muncul di Galeri misalnya folder WhatsApp stickers, untuk memunculkannya di galeri smartphone Anda hapus file yang bernama .nomedia, setelah dihapus langsung buka galeri dan akan terlihat folder WhatsApp sticker yang sebelumnya hilang.

Untuk folder lain juga sama, Anda tinggal hapus file bernama .nomedia maka semua foto yang ada file tersebut bisa Anda akses melalui aplikasi galeri smartphone.

3. Foto WhatsApp error

Cara mengatasi masalah folder Whatsapp image yang tidak bisa memunculkan gambar di dalam foldernya dan hanya muncul tulisan error atau warning saja, Anda bisa menunggu dulu beberapa menit karena terkadang saat restore files dari handphone lain biasanya belum termuat secara sempurna.

Jika masih belum terbuka , Anda restart smartphone terlebih dahulu lalu tunggu beberapa menit dan coba buka foto yang error tadi. Kalau belum berhasil, ulangi beberapa kali sampai foto tersebut terbuka.

4. Data android hilang

Masalah selanjutnya adalah data Android yang tidak tampil di file manager bawaan smartphone di versi Android 11. Untuk solusinya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang akan membantu menampilkan data android yang hilang.

Ada 2 aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membuka data android yang hilang yaitu x-plore file manager dan total commander file manager. Kedua aplikasi itu bisa Anda download melalui link di bawah ini.

DOWNLOAD X-PLORE MANAGER

DOWNLOAD COMMANDER MANAGER

Penutup

Itulah cara mudah mengatasi folder data dan WhatsApp yang hilang di android versi 11. Silahkan coba satu per satu cara yang sudah saya berikan dan berikan tanggapan Anda di kolom komentar.

Get notifications from this blog

PALING VIRAL  Javascript code Memahami fungsi abs, pow, sqrt dan array isArray, toStrig Bahasa indonesia


Related Posts

android