√ 4 Strategi Memulai Bisnis Dengan Modal Pas-pasan

Memulai bisnis modal pas-pasan


Pada kesempatan kali ini, Magersena akan memberitahu strategi memulai bisnis dengan modal kecil atau pas-pasan. Bisnis dengan modal pas-pasan apakah bisa kita lakukan? Jawabannya tentu saja bisa.

Modal memang penting dalam memulai maupun mengembangkan suatu bisnis, namun modal bukanlah penentu keberhasilan sebuah usaha, tidak peduli kondisi keuangan Anda jika Anda memiliki tekad yang kuat untuk menjalankan sebuah bisnis tentunya usaha tersebut dapat Anda jalankan.

Banyak sekali usaha yang bisa dijalankan dengan modal sedikit bahkan tanpa modal sama sekali, anda hanya perlu tekad yang kuat dan bisnis dengan modal seadanya alias pas-pasan, bisnis minim modal juga bisa berpotensi berkembang pesat.

Keberhasilan suatu usaha lebih banyak disebabkan faktor tekad dan mental kewirausahaan yang kuat. Cara menjalankan sebuah bisnis pada dasarnya tidaklah sulit, apalagi jika Anda melihat sebuah peluang bisnis yang sangat prospektif dan menguntungkan.

Banyak pengusaha sukses memulai usaha dari hal yang tidak mereka miliki, termasuk modal. Tapi, banyak orang ragu bagaimana cara yang tepat untuk memulai usaha dengan modal yang minim.

1. Utamakan barang dan pemasaran

Anda harus optimalkan uang modal untuk barang dan pemasaran, ada dua kunci utama suatu bisnis bisa sukses yaitu barang yang kita jual dan cara pemasaran yang kita lakukan.

Tanpa keduanya, suatu bisnis tidak bisa bertahan lama apalagi untuk bisnis dengan modal pas-pasan. Oleh sebab itu, dengan modal minim yang Anda punya sebaiknya belanjakan uang tersebut untuk kepentingan produk.

Berikan produk terbaik kepada konsumen agar mereka puas dengan apa yang Anda sajikan dan berpotensi repeat order. Selain itu, gunakan modal Anda untuk keperluan pemasaran karena sebagus apapun produk yang Anda punya jika tidak ada pembeli potensial maka cepat atau lambat bisnis Anda akan bangkrut.

Oleh karena itu, manfaatkan uang modal yang sedikit untuk stok barang dan pemasaran menjadi hal yang sangat penting.

2. Manfaatkan modal yang ada

Modal yang Anda miliki harus dioptimalkan pembelanjaannya pada sektor yang penting, misalkan jika bisnis Anda menjual makanan maka Anda harus belanjakan semaksimal mungkin untuk keperluan bahan baku dan kemasan.

Jangan membelanjakan modal kecil yang Anda punya untuk membeli peralatan fisik yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Terlebih karena usaha makanan bisa menerapkan sistem delivery order.

Jadi, Anda bahkan bisa menjalankan usaha makanan dengan tidak memiliki kios sama sekali. Anda juga harus sadar bahwa bisnis selalu mempunyai risiko untuk bangkrut, jadi hindari membelanjakan uang yang terbatas itu pada segala sesuatu yang masih bisa Anda ganti dengan hal lain.

3. Jangan buru-buru 

Sebuah usaha khususnya bisnis dengan modal pas-pasan harus benar-benar efisien. Jangan terburu-buru melakukan segala sesuatu tanpa perencanaan yang matang.

Misalnya, Anda memaksakan uang yang dimiliki untuk membeli berbagai perlengkapan untuk usaha, padahal sebenarnya Anda masih bisa menggunakan perlengkapan yang ada.

 Pastikan dalam memulai bisnis dengan modal kecil atau bahkan pas- pasan, Anda membeli segala sesuatu dan menyiapkan semuanya dengan banyak pertimbangan.

 

Salah satu pertimbangan yang harus Anda terapkan adalah “mengeluarkan uang untuk menerima uang”. Jadi, pikirkan apa yang akan Anda keluarkan nantinya sebanding dengan apa yang akan Anda dapatkan atau tidak.

Dengan cara itu, tak akan ada uang yang keluar dengan percuma dan bisnis modal pas-pasan Anda akan terus berjalan.

4. Belajar mengelola keuangan

Mempelajari cara mengelola keuangan juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan dalam memulai dan menjalankan bisnis dengan modal pas-pasan.

Dalam sebuah bisnis, uang yang Anda dapatkan bisa digunakan untuk mengembangkan usaha atau malah menghancurkan usaha . Jika Anda tidak berhati-hati maka hal itu akan menghancurkan usaha Anda.

 Oleh karena itu, Anda harus mulai belajar mengelola keuangan mulai dari hal simpel seperti memisahkan uang pribadi dengan uang usaha. Menikmati uang hasil usaha boleh boleh saja, tapi harus ditetapkan jumlahnya supaya tetap terkendali.

 

Jangan lupa untuk alokasikan anggaran untuk gaji Anda sendiri supaya jelas pengelolaannya, pastikan modal usaha tidak tercampur dengan yang lain dan lakukan hitung laba yang Anda dapatkan.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis dengan modal minim atau pas-pasan, praktekkan langsung cara ini dan jangan dipikir-pikir terus ya.

Get notifications from this blog

PALING VIRAL  Cara Menonaktifkan Layar Sentuh di Windows 11


Related Posts

Bisnis