√ Begini Cara Beli HP Second Secara Online

Cara membeli hp second


Pada kesempatan kali ini, Magersena akan memberikan cara membeli smartphone second via online marketplace. Mungkin Anda ingin beli HP baru tapi duitnya belum cukup dan berencana untuk membeli HP second yang harganya jauh lebih murah.

Tapi, tidak semua orang senang dengan HP second, ada beberapa orang yang takut membeli HP second karena takut kualitas HP tidak sesuai harapan atau takut kena tipu.

Tips ini bisa Anda jadikan panduan untuk membeli HP second dengan benar dan terhindar dari penipuan. Untuk Anda yang masih takut beli HP second, coba deh tips berikut ini.

1. Pilih marketplace yang terpercaya

Hal pertama dan yang paling penting, adalah Anda jangan order via Instagram atau WhatsApp yang biasanya menyuruh transfer langsung ke rekening penjualnya.

jangan pernah lakukan karena metode seperti itu tidak ada jaminannya dan kalau barangnya tidak sampai, tidak ada orang yang mau tanggung jawab.

Pastikan saat Anda pilih market itu pakai aplikasi online marketplace yang terpercaya seperti Tokopedia, Shopee Bukalapak, JD ID, Lazada, Blibli dan lain sebagainya.

Alasan Anda harus memakai aplikasi online marketplace adalah saat transfer uang, uang tersebut tidak langsung ke penjual tapi ditahan dulu oleh pihak marketplace. Saat barang datang, Anda bisa cek kondisi barang dan uang pun akan dikirim ke penjual.

2. Survey harga pasar

Anda harus survey harga pasar terlebih dahulu sebelum membeli HP second via online, hal ini untuk memastikan barang yang Anda beli itu yang paling murah dan yang paling bagus.

Anda harus ingat, tujuan utama beli HP second adalah mencari barang semurah mungkin dengan kualitas paling terbaik. Jadi, cek sekali lagi apakah barang yang Anda pilih itu adalah barang yang paling worth it.

3. Lihat reputasi toko

Reputasi toko itu sangat penting karena Anda bisa melihat penilaian para pembeli yang sudah membeli di toko tersebut, penilaian pembeli-pembeli sebelumnya harus jadi acuan Anda dalam memilih toko yang terpercaya.

Meskipun barangnya bisa dikembalikan tapi hal ini bisa meminimalisir Anda mendapatkan barang yang tidak sesuai keinginan. Saran saya, Anda pilihlah toko yang sudah punya rating bagus minimal 4,7 ke atas.

4. Baca deskripsi barang

Anda harus perhatikan deskripsi barang dengan benar-benar detail terutama bagian kekurangan dan kondisi smartphone supaya Anda tidak menyesal saat barangnya datang, kalau perlu tanya semuanya pada penjual.

Kolom deskripsi bisa Anda jadikan sebagai barang bukti apabila barang yang datang itu tidak sesuai dengan apa yang penjual bilang. 

 

Hal ini sangat penting dilakukan karena jika Anda tidak bertanya, barang yang datang bisa tidak sesuai dengan keinginan. Lebih baik jadi pembeli yang cerewet di awal daripada jadi pembeli yang cerewet di akhir.

Banyak hal yang terjadi saat Anda menjadi pembeli yang cerewet di akhir misalnya uang buat dikirim balik barangnya, waktu yang terbuang, emosi yang berlebihan dan lainnya.

5. Manfaatkan promo yang ada

Anda coba pakai promo-promo yang disediakan oleh online marketplace, hal ini bermanfaat untuk mengurangi harga HP yang akan Anda beli, biasanya berupa potongan langsung atau cash back.

Hal ini cocok untuk Anda yang ingin belanja lebih hemat, kalau di Tokopedia biasanya ada super gadget day di mana Anda bisa mendapatkan harga lebih murah untuk barang-barang elektronik setiap hari Selasa.

 

Biasanya cash back yang didapat sekitar lima persen atau 300 ribu rupiah. Jadi, misalnya Anda beli HP harga 2 jutaan dan Anda bisa mendapatkan cashback sekitar Rp100.000. dengan adanya cash back, Anda menghemat pengeluaran saat membeli online.

6. Pilih kurir yang tepat

Voucher gratis ongkir adalah kurir terbaik saat belanja online, tapi untuj Anda yang butuh HP cepat, saya sarankan ambil yang next day meskipun ongkirnya sedikit mahal.

Soalnya kalau Anda ambil yang gratis ongkir itu biasanya mendapatkan kurir yang random dan paket yang dikirim tidak menentu sampainya bisa 2 hari, 3 hari, 5 hari atau sampai seminggu.

 

 Memilih kurir yang tepat cocok untuk Anda yang 1 kota itu bisa pakai kurir seperti gojek atau grab yang bisa sampai saat itu juga.

 

7. Rekam saat unboxing

Merekam smartphone yang Anda pesan itu penting sekali karena jika tidak dilakukan, Anda tidak punya barang bukti untuk mengembalikan barangnya jika tidak sesuai keinginan.

Misalnya, smartphone itu tidak sesuai dengan apa yang penjual bilang, penjualnya tidak bisa ngelak karena Anda sudah punya barang bukti yang menunjukkan kalau barang itu benar tidak sesuai.

Merekam barang yang akan dibuka bisa dijadikan sebagai bukti jika barang yang Anda beli secara online tidak sesuai dengan apa yang penjual utarakan.

8. Periksa smartphone

Setelah barang datang, Anda cek smartphone dengan teliti, apakah smartphone itu masih dalam keadaan normal atau ada sedikit kerusakan. Manfaatkan waktu itu untuk mengecek dengan detail sebelum dananya masuk ke penjual secara otomatis.

Anda diberi waktu 2 hari untuk melihat keadaan smartphone yang dibeli, lihat semua aspek mulai dari sinyal, kartu SIM, kamera, layar dan lain sebagainya. Jika sudah sesuai keinginan tinggal pilih pesanan diterima.

Jika barang tidak sesuai atau ada kerusakan yang tidak disebutkan penjual, Anda bisa lapor ke marketplace yang dipakai. Laporkan apa yang tidak sesuai misalnya deskripsi yang tidak sesuai atau kondisi smartphone saat diterima.

Get notifications from this blog

PALING VIRAL  Cara Memperbaiki Kesalahan Inaccessible Boot Device di Windows 10


Related Posts

android