√ Begini Cara Meningkatkan Penjualan Tanpa Iklan

Cara sukses jualan tanpa iklan


Penjualan adalah aktivitas menjual produk atau jasa kepada orang lain. Proses sebuah penjualan adalah saat penyedia barang dan jasa memberikan memberikan kepemilikannya kepada pembeli dengan harga yang sudah ditentukan. Penjualan bisa anda lakukan dengan berbagai cara mulai dari penjualan langsung sampai melalui agen penjualan yang bekerja sama dengan anda.

Orang-orang sering menggunakan iklan untuk mempromosikan barang kepada sebagian besar masyarakat melalui media. Tapi, biaya iklan cukup mahal dan tidak bisa dijangkau oleh banyak orang. Oleh karena itu, munculah ide untuk meningkatkan penjualan tanpa harus beriklan.

Pada kesempatan kali ini, Magersena akan memberikan cara meningkatkan penjualan tanpa beriklan. Ada 6 point yang harus anda pelajari supaya penjualan anda meningkat tanpa bantuan iklan.

1. Memanfaatkan media gratis

Iklan adalah salah satu cara untuk meningkatkan penjualan, ada banyak hal selain iklan yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan penjualan produk anda salah satunya adalah memanfaatkan media gratis. Media sosial adalah media gratis yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan penjualan, anda bisa pakai Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok dan lain-lain.

Jika sebelumnya anda sudah memakai sosial media maka langkah selanjutnya adalah mengoptimalkan penggunaan media sosial. Misalnya, anda main Facebook maka buatlah Facebook group yang mengumpulkan orang-orang yang mempunyai minat yang sama dengan produk anda.

Anda jualan kue maka buatlah grup dan undang orang-orang yang tertarik mempelajari tentang kue dan penasaran dengan harga-harga kue. Setelah anggota grup sudah banyak, anda bisa memperkenalkan produk anda di grup tersebut dengan gratis dan tanpa iklan.

2. Mengumpulkan social proof

Social proof adalah penguat tentang diri anda yang disampaikan oleh orang-orang terkenal, social proof tidak selalu berbentuk endorse dari artis tapi bisa juga berbentuk penghargaan yang pernah anda dapatkan. Misalnya anda pernah diberi penghargaan muri, itu adalah sebuah bukti bahwa anda berkualitas.

Social proof juga bisa berupa pengakuan dari orang terkenal yang sudah menggunakan produk anda. Kalau anda pernah datang ke suatu rumah makan dan disana berisi foto-foto artis dan pejabat terkenal yang pernah berkunjung di rumah makan tersebut. Hal ini bisa disebut social proof dan orang yang melihat akan tertarik dan membeli sesuatu di rumah makan tersebut.

3. Membangun konten

Saat ini konten adalah raja di dalam marketing karena semakin bagus konten yang anda buat maka semakin banyak orang yang memperhatikan informasi yang anda publikasikan. Jika video buatan anda bagus, informatif, edukatif dan membuat orang tertarik maka brand anda akan dikenal banyak orang dan akhirnya mereka akan membeli produk anda.

4. Mengumpulkan testimoni pelanggan

Langkah selanjutnya adalah mengumpulkan testimoni pelanggan. Pelanggan adalah aset yang harus anda jaga, semakin banyak pelanggan yang memberi testimoni terhadap produk anda maka orang-orang akan tertarik untuk membeli produk anda.

Jadi, anda bisa mengumpulkan testimoni dari pelanggan yang suka terhadap produk anda. Setelah itu, anda tampilkan kepada orang-orang supaya mereka tertarik dan akhirnya membeli produk tersebut.

5. Merancang jalur distribusi

Anda bisa merancang atau membangun perluasan jalur distribusi untuk produk anda. Misalnya, anda menjual kue tapi kue tersebut sepi pembeli padahal packaging sudah bagus dan rasanya enak. Untuk mengatasi masalah itu maka anda harus merancang jalur distribusi supaya produk anda ramai pembeli.

Anda bisa membuat pengumuman dan cari cara supaya orang-orang sekitar tertarik untuk menjadi reseller dan buka lapak. Anda siapkan banner, spanduk dan display dengan cara mereka membeli minimum produk kemudian anda atur semuanya dengan teliti.

Jika anda mempunyai 1000 reseller dan setiap reseller hanya menjual satu kotak maka anda sudah menjual 1000 kotak. Tapi kenyataannya satu reseller bisa menjual lebih dari satu kotak walaupun tidak semua reseller anda aktif. Dengan ini, anda tidak perlu iklan tapi anda harus tetap berusaha keras karena merancang jalur distribusi itu tidak mudah.

6. Memakai SEO

SEO ( Search Engine Optimisation) adalah teknik yang menyandingkan konten marketing dengan google sebagai mesin pencari. Buatlah konten yang bagus supaya google bisa mengenali dan mudah dicari oleh orang lain. Saat orang-orang mencari kategori bisnis anda di google dan anda berada di halaman pertama maka kemungkinan besar mereka akan tertarik dan akhirnya membeli.

Get notifications from this blog

PALING VIRAL  √ Inilah 5 Penyebab Ide Bisnis Gagal Dieksekusi


Related Posts

Bisnis