√ Cara Menjadi Youtuber Dari Nol Sampai Dapat Uang Untuk Pemula

Menjadi youtuber dari nol


YouTube saat ini menjadi lahan penghasilan yang menjanjikan, gaji dari para youtuber membuat banyak orang berlomba-lomba untuk menjadi youtuber terkenal. Sampai ada orang yang meninggalkan pekerjaan utamanya demi fokus membuat konten di YouTube.

Tapi, untuk mendapatkan uang dari YouTube tidak semudah yang anda pikirkan. Banyak orang yang sudah menyerah dalam mengurus channel karena jumlah subscriber dan views yang tidak berkembang, butuh waktu beberapa tahun supaya channel bisa berkembang lebih baik.

Tapi, anda jangan menyerah hanya karena melihat banyak orang yang gagal. Kunci sukses menjadi youtuber terkenal adalah membuat konten yang berkualitas karena akhir-akhir ini banyak orang mencari konten yang bermanfaat untuk menambah pengetahuan.

Pada kesempatan kali ini, Magersena akan memberikan 10 cara menjadi youtuber dari nol sampai mendapatkan uang untuk anda yang baru terjun ke dunia YouTube. 

1. Mulai membuat channel YouTube

Hal pertama yang wajib anda lakukan adalah membuat channel YouTube, tentukan nama channel yang cocok dengan video yang akan anda upload nanti. Cara membuat akun YouTube sangat mudah, anda masuk ke YouTube > login menggunakan email > pilih profil di pojok kanan atas lalu pilih setting > di menu account pilih create a new channel > masukan nama channel > pilih buat channel.

Sesudah membuat channel YouTube, anda harus memberi foto profil pada channel supaya lebih keren. Usahakan untuk membuat foto profil versi anda sendiri, jangan mengambil foto dari google atau channel YouTube lain.

2. Kuasai tiga jenis sukses youtuber

Untuk menjadi seorang youtuber dari nol, anda harus bisa menguasai tiga jenis sukses dalam dunia YouTube. Tiga jenis sukses ini tidak dapat dicapai secara bersamaan, anda harus fokus ke salah satu dan ketika sudah tercapai maka beralih ke jenis berikutnya.

Jenis kesuksesan dalam dunia YouTube adalah jumlah subscriber, engagement dan monetisasi. Orang-orang subscribe channel anda karena bermanfaat > channel YouTube selalu mendapatkan like, komen dan share yang banyak > anda mendapatkan uang dari konten video yang sudah dipublikasi.

3. Tentukan Niche channel YouTube

Niche berperan besar dalam sukses atau tidaknya sebuah channel YouTube, anda harus memilih Niche yang sesuai dengan kemampuan yang anda miliki. Rancang topik khusus yang bisa memancing orang untuk menonton seperti bermain game, vlog, menyanyi dan lain sebagainya.

Baca juga : cara mengembangkan channel YouTube untuk pemula

Niche yang tepat membuat channel anda lebih produktif dan terus menghasilkan konten kreatif setiap hari. Ada beberapa Niche yang bisa anda pilih untuk channel YouTube :

  • Fashion
  • Makanan
  • Travelling
  • Lifestyle
  • Hewan
  • Teknologi
  • Gaming
  • Musik
  • Dan masih banyak lagi.

4. Videografi dan editing

Untuk menjadi youtuber terkenal, modal HP android saja tidak cukup. Anda harus berkorban untuk membuat sebuah video yang menarik bagi penonton, penuhi kebutuhan videografi dan editing dengan membeli barang-barang yang dibutuhkan seorang youtuber.

Jika anda mempunyai dana terbatas maka belilah kamera dan PC yang sesuai, saat menerima gaji pertama dari YouTube anda bisa membeli berbagai perangkat yang high Spec. Tapi, alat-alat tersebut hanya sebagai pendukung saja. Jika video yang anda berikan bermanfaat bagi orang lain maka orang tidak akan melihat perangkat yang anda pakai.

5. Buat ciri khas

Jika anda bertekad untuk menjadi seorang youtuber terkenal maka anda harus bersaing dengan jutaan youtuber lain di luar sana. Jika channel anda tidak mempunyai ciri khas yang berbeda dari Youtuber lain maka channel tidak akan berkembang karena terlihat sama dan datar.

Upload video saja tidak cukup, cobalah untuk membuat channel anda berbeda supaya penonton merasa lebih nyaman dan terhibur. Anda bisa membuat ciri khas sendiri dari gaya bahasa, setting video, atribut yang dipakai, cara bermain, cara penjelasan dan lain-lain.

Ciri khas yang sudah tersebar luas membuat seseorang tidak mudah lupa dan terus diingat oleh banyak orang. Contoh, ketika anda mendengar kata “ashiaap” pasti akan langsung tertuju ke youtuber Atta Halilintar, mendengar kata “erere” pasti akan teringat youtuber Erpan1140.

Selain kata-kata, anda juga bisa membuat ciri khas dari style dan ruangan pengambilan video. Contoh YouTuber Ewing HD yang menampilkan ruangan gelap sehingga menambah sensasi horor, Deddy Corbuzier yang mempunyai karakter kuat dan selalu blak-blakan dan Alif Rizki yang selalu memakai baju adat jawa.

6. Upload video secara terstruktur

Mendapatkan uang dari YouTube


PALING VIRAL  Cara Mengatasi Kesalahan/Error '"This App Can’t Run on Your PC" di Windows

Anda tidak bisa asal upload video karena untuk menarik banyak penonton harus memenuhi beberapa aspek. Tidak perlu upload setiap hari untuk mendapatkan banyak penonton dan subscriber, anda hanya perlu membuat video yang menarik dan memenuhi semua aspek sebelum upload video.

Ada beberapa aspek yang harus anda penuhi sebelum upload video :

  • Judul video
  • Thumbnail
  • Deskripsi
  • Tag video
  • Internet cepat

7. Membangun hubungan dengan penonton

Viewer dan subscriber adalah kunci kesuksesan channel YouTube anda, tanpa mereka channel anda akan sepi dan tidak bisa menghasilkan uang. Ada beberapa cara supaya channel YouTube anda mempunyai hubungan yang tinggi terhadap penonton :

Konsisten membuat konten

Untuk membangun hubungan dengan penonton, anda harus rajin membuat konten minimal seminggu sekali. Ada 2 jenis konsisten yang harus anda jalani yaitu konsisten Niche dan konsisten waktu, anda harus upload video yang sesuai dengan Niche channel dan harus upload video di hari dan jam yang sama.

Melibatkan penonton dalam pembuatan video

Anda bisa menggunakan beberapa fitur untuk memberi perhatian lebih pada penonton supaya lebih betah di channel anda. Gunakan fitur polling untuk mengetahui pendapat penonton tentang channel anda akhir-akhir ini dan anda juga bisa mengajak youtuber lain untuk berkolaborasi.

Live streaming

Cara jitu meningkatkan interaksi dengan penonton adalah dengan melakukan live streaming, 80% penonton sangat suka ketika channel favorit mereka mengadakan live streaming karena mereka bisa berkomentar secara langsung dan kemungkinan akan dibaca oleh kreator.

Jadi, jika anda kurang interaksi dengan penonton cobalah untuk melakukan live streaming supaya hubungan dengan penonton bisa lebih dekat dan channel anda akan dikenal banyak orang.

Membalas komentar penonton

Selain live streaming, anda bisa membalas komentar penonton di video anda. Cara ini akan membuat penonton sadar bahwa kreator selalu perhatian pada penonton dan akhirnya mereka selalu menonton video setiap anda upload.

8. Promosikan channel

Anda masih seorang youtuber pemula dan pasti video di channel anda belum mendapatkan banyak penonton dan subscriber. Oleh karena itu, anda harus mempromosikan channel ke orang lain, mulai dari lingkungan terdekat seperti keluarga, teman dan tetangga.

Baca juga : cara mencari backsound no copyright untuk video YouTube

Jangan lupa untuk mempromosikan channel ke sosial media, atur strategi promosi supaya orang-orang di sosmed tertarik untuk menonton video anda. Bergabung ke grup Facebook yang sesuai dengan Niche channel anda atau posting di akun sosmed anda dengan kata-kata yang membuat orang tertarik.

9. Menganalisis video

Cara menjadi youtuber terkenal tidak harus mengikuti hal yang sedang tren saat ini, anda hanya perlu membuat konten yang unik dan biarkan penonton menilainya, jika ada kekurangan maka analisis ulang video dan memperbaiki kekurangan.

Untuk menganalisis video, anda harus melihat channel YouTube yang sudah lama populer dan mempunyai jutaan penonton. Perhatikan bagaimana mereka membuat video, penyampaian video dan isi video. Kemudian anda terapkan isi, penyampaian dan pembuatan video ke channel anda.

Anda bisa memakai YouTube analytics untuk menganalisis video lebih lanjut, ada beberapa fitur yang ada di YouTube analytics :

  • Overview
  • Reach
  • Audiens
  • Revenue

Untuk fungsi fiturnya, silahkan bereksperimen di YouTube analytics supaya anda lebih paham cara kerjanya. 

10. Optimasi SEO YouTube

Walaupun video berkualitas tapi tidak mempunyai kualitas SEO yang baik maka tidak ada yang menonton video karena kurangnya optimasi. Seorang youtuber harus mengerti tentang watchtime, views, overview, impression, analisis data dan lainnya.

Optimasi SEO channel YouTube membuat video yang anda upload berada di urutan pertama sehingga saat orang mengetik dengan keyword tertentu maka video anda yang akan pertama dilihat. 

Keuntungan menjadi youtuber

Menjadi seorang youtuber tidaklah mudah, tapi ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan jika berkomitmen dengan serius untuk menjadi youtuber, diantaranya :

1. Mempunyai penghasilan besar

Penghasilan menjadi manfaat utama menjadi youtuber, channel yang sering ditonton dan mempunyai banyak subscriber sudah pasti mempunyai penghasilan yang besar, bisa mencapai puluhan juta per bulan. 

Youtuber mendapatkan penghasilan dengan cara dibayar oleh adsense dan adsense mendapatkan bayaran melalui iklan yang tayang di video yang sudah anda upload.

2. Terkenal

Untuk menjadi orang terkenal tidak harus masuk TV dulu, dengan menjadi seorang youtuber anda juga bisa terkenal dan lama kelamaan bisa masuk TV. YouTube akan membangun nama sendiri melalui konten yang anda buat secara konsisten, apalagi jika konten anda jarang dibuat dan mendapatkan apresiasi dari banyak orang.

Untuk mengukur terkenal di dunia YouTube biasanya dilihat dari jumlah subscriber, semakin banyak subscriber maka semakin terkenal di mata banyak orang.

3. Mendapatkan teman baru

Selain mendapatkan uang, anda juga mendapat teman baru dari subscriber yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Selain itu, anda bisa melakukan kerja sama dengan youtuber lain untuk meningkatkan interaksi channel dengan penonton.

Get notifications from this blog

PALING VIRAL  Javascript Code Bahasa indonesia Mengenal Fungsi Script Sircuit Code


Related Posts

informasi umum