√ Inilah 5 Penyebab Ide Bisnis Gagal Dieksekusi

Gagal eksekusi ide bisnis


Ide bisnis menjadi pendorong seseorang untuk berwirausaha, saat mereka mendapatkan ide bisnis maka dia, langsung bersemangat untuk segera menjalankan bisnis yang ada di otaknya.

Tapi kenyataannya, tidak semua ide bisnis yang ada bisa menjadi bisnis dalam kehidupan nyata. Jika ide bisnis tersebut tidak dieksekusi maka hilang harapan untuk berwirausaha.

Dibalik gagalnya ide bisnis yang dieksekusi, ada beberapa sebab yang muncul dan mempengaruhi ide bisnis tersebut. Pada kesempatan kali ini, Magersena akan memberitahu penyebab ide bisnis bisa gagal di eksekusi.

1. Tidak ada modal

Penyebab paling sering ide bisnis gagal dieksekusi adalah tidak adanya modal dan investor, untuk bisa mengeksekusi bisnis memang dibutuhkan modal.

Sebenarnya, untuk kebutuhan modal bisnis bisa didatangkan dari investor yang ingin menanamkan modalnya pada ide bisnis yang sudah Anda rancang.

Tapi, jika keduanya tidak ada sama sekali maka sudah dipastikan ide bisnis akan stuck dan tidak akan dieksekusi.

Investor dan modal sebenarnya bukanlah hal yang terlalu krusial karena saat ini ada banyak jalan untuk mendapatkan modal seperti meminjam ke bank atau meminjam beberapa lembaga pembiayaan lainnya.

2. Banyak mikir

Penyebab paling umum ide bisnis gagal dieksekusi adalah kebanyakan mikir. Berpikir memang boleh-boleh saja asal jangan terlalu berlebihan, ketika Anda terlalu banyak mikir maka Anda akan melewatkan banyak hal untuk mengetahui hal-hal yang sering terjadi dalam sebuah bisnis.

Jangan terlalu banyak berpikir supaya Anda tahu dan benar-benar mengerti dengan keadaan dunia wirausaha yang sebenarnya, sebaiknya segera mungkin eksekusi ide bisnis tersebut tanpa kebanyakan mikir.

 

Bukan hanya banyak melewatkan hal dalam bisnis, terlalu banyak berpikir juga dapat membuat ide Anda dicuri dan segera dieksekusi oleh kompetitor lain. Jadi, jangan ragu untuk eksekusi ide bisnis yang Anda punya, jika nantinya bertemu masalah baru dipikirkan jalan keluarnya.

Ketika bisnis sudah dijalankan dan kemudian bertemu masalah maka Anda pasti akan dipaksa untuk berpikir dan mencari solusi dengan segera.

3. Banyak perhitungan

Orang yang sering perhitungan adalah orang yang karakternya teliti dan detail, semua hal diperhitungkan dengan cermat agar bisnisnya tidak mengalami kerugian di awal usaha.

Tapi, tidak ada satu pun bisnis yang di awal usahanya langsung mencapai profit. Hal Ini karena modal yang dikeluarkan membutuhkan waktu lama untuk mencapai BEP (Break Event Point).

Setelah mencapai BEP, Anda bisa bicara profit dan hal lainnya. Jadi untuk memulai usaha, Anda tidak perlu terlalu banyak perhitungan supaya ide bisnis bisa dieksekusi dengan baik.

4. Banyak diskusi

Untuk menjalankan bisnis, action atau tindakan menjadi hal yang paling utama dan harus dikedepankan. Mencari partner atau teman diskusi untuk membicarakan ide bisnis Anda memang boleh dilakukan.

 

Tapi, bila Anda terlalu lama untuk berdiskusi maka hal ini dapat membuat ide bisnis Anda perlahan-lahan lenyap dan akhirnya tidak dieksekusi.

Penyebabnya, saat berdiskusi, bisa saja ada hal yang disampaikan oleh teman dan membuat Anda berpikir negatif lalu melemahkan ide bisnis yang sudah Anda rancang.

Mungkin saja ide bisnis yang Anda bangga-banggakan sebelumnya akan dikerdilkan oleh teman dekat sehingga Anda pun semakin tak percaya diri. Jadi, jangan buang-buang waktu dengan diskusi yang tidak perlu, lebih baik langsung eksekusi ide bisnis tersebut.

5. Takut memulai

Dunia entrepreneur adalah dunia yang dinamis dan dihujani banyak resiko, tantangan dan rintangan yang harus dihadapi pebisnis saat menjalaninya.

Oleh karena itu, sebelum masuk ke dunia entrepreneur, Anda harus menjadi orang yang kuat dan tangguh terlebih dahulu. Calon pengusaha yang sering ragu-ragu dan takut, mereka akan mundur walaupun mempunyai ide bisnis yang cemerlang.

Mereka takut dengan ancaman-ancaman yang akan menghancurkan bisnis yang sudah dia rancang dan akhirnya ide bisnis pun lenyap karena sudah takut sebelum memulai.

Penutup

Itulah beberapa faktor yang menjadi penyebab ide bisnis Anda gagal dieksekusi. Untuk Anda yang memiliki ide bisnis, Anda harus mengantisipasi beberapa penyebab yang sudah saya jelaskan di atas.

Intinya, jika anda ingin ide bisnis sukses dieksekusi maka anda harus action atau bertindak dan hindari hal-hal yang menunda seperti berpikir, perhitungan, takut dan lain sebagainya.

 

Get notifications from this blog

PALING VIRAL  7 Timbangan Berat Badan Cerdas Terbaik di Tahun 2020


Related Posts

Bisnis