√ Penyebab Karyawan Gagal Menjadi Pengusaha Sukses

Mantan karyawan yang mulai membangun usaha biasanya berujung pada kegagalan karena disebabkan oleh beberapa hal. Menjadi pengusaha sukses bukanlah hal yang mudah, ada banyak tantangan dan rintangan yang harus dilalui.

Ada banyak orang yang keluar dari pekerjaan lalu memulai sebuah usaha tapi 90% dari mereka gagal dan kembali menjadi seorang karyawan. Kenapa bisa begitu ?

1. Tidak punya skillset

Keberhasilan seseorang saat menjadi karyawan tidak menjamin kesuksesan saat menjadi pengusaha karena karyawan dan pengusaha adalah dua profesi yang sangat berbeda, dua profesi ini membutuhkan skillset yang berbeda juga.

Saat menjadi karyawan, anda harus patuh pada sistem tapi saat menjadi pengusaha, anda harus membuat sistem sendiri supaya operasional usaha bisa berjalan lancar. Robert Kiyosaki mengajarkan Cash Flow Quadrant yang dibagi menjadi 4 huruf (E,S,B dan I) dan masing-masing huruf mewakili bagaimana orang menghasilkan orang.

Kuadran E mewakili employee

Kuadran S mewakili Self-employee

Kuadran B mewakili bisnis

Kuadran I mewakili investor

Setiap kuadran mempunyai skillset dan mindset yang berbeda-beda, sukses di satu kuadran tidak menjamin bisa sukses juga di kuadran yang lain. Alasan kenapa mantan karyawan gagal menjadi pengusaha sukses adalah tidak memiliki skill untuk memulai sebuah usaha.

Skill yang harus dimiliki untuk menjadi seorang pengusaha adalah :

  • Skill mendapatkan modal
  • Skill mengelola manajemen keuangan perusahaan
  • Skill mendapatkan hutang dengan bunga rendah
  • Skill memasarkan produk
  • Skill memahami perpajakan
  • Skill memahami aspek legal
  • Skill merekrut orang terbaik
  • Skill mengatur sebuah tim
  • Skill membuat sistem
  • Skill negosiasi
  • Skill membuat sebuah produk

Sampai disini, anda pasti sudah paham kenapa banyak karyawan yang gagal saat mencoba menjadi pengusaha.

2. Mindset yang salah

Tidak hanya skill yang berbeda tapi mindset karyawan dan mindset pengusaha sangat berbeda. Anda harus tahu bahwa ada 3 personality yang hidup dalam diri kita, personality tersebut adalah entrepreneur, manager dan Technician.

Untuk berhasil menjadi pengusaha sukses, anda harus mempunyai 3 personality dan mengaturnya supaya seimbang. Entrepreneur sebagai inovator untuk menentukan visi dan misi perusahaan, manager sebagai organizer yang bertugas untuk menyelesaikan masalah yang ada dan menjaga struktur bisnis, Technician berarti menjadi executor yang mempunyai specialize skill yang diperlukan supaya usaha kita berhasil.

Pengusaha yang berhasil adalah orang yang bisa menggabungkan tiga personality itu sekaligus dengan seimbang, tapi para karyawan yang ingin menjadi pengusaha selalu menonjolkan sisi personality Technician.

Pandai membuat kopi belum tentu bisa menjadi pengusaha kedai kopi, pandai masak belum tentu bisa menjadi pengusaha resto sukses, pandai memperbaiki mobil belum tentu bisa menjadi pengusaha bengkel yang sukses.

Kelemahan seorang Technician adalah merasa mampu melakukan semuanya sendiri, merasa lebih baik kalau semua dikerjakan sendiri dan pada akhirnya bisnis tergantung pada diri sendiri. Ini adalah model bisnis yang tidak akan bertahan lama karena energi dan keahlian yang terbatas.

80% bisnis kecil dijalani oleh para Technician yang merasa bisa mengerjakan semuanya dengan baik, hasilnya mereka semua gagal di 5 tahun pertama dan yang berhasil di 5 tahun pertama akan gagal di 5 tahun kedua.

Sebelum mengubah mindset, anda tidak akan berhasil menjalani bisnis apapun. Anda harus berusaha menjadi bos atas bisnis yang dijalani, jangan menjalankan semuanya sendiri karena hal itu hanya membuang-buang energi.

Usahakan anda seimbang dalam menjalani tiga personality itu. Tanpa mindset entrepreneur, anda tidak akan jadi inovator, tanpa mindset manager maka bisnis akan kacau dan tanpa mindset Technician, anda menjadi sering menunda-nunda.

Mindset technician berfungsi sebagai action taker atau executor, jika anda terlalu banyak berada di mindset technician maka mulai kembangkan mindset entrepreneur dan manager supaya seimbang.

Carilah teman yang sudah berhasil di bidang bisnis, ikut komunitas bisnis dan membaca buku yang berhubungan dengan bisnis. 

3. Motivasi yang salah

Motivasi para karyawan yang ingin menjadi pengusaha adalah tidak suka diperintah, ingin santai santai dan penghasilan yang banyak. Tapi saat menjadi pengusaha, ada lebih banyak bos yang harus dilayani. bahkan jika anda mempunyai mindset technician yang dominan maka bisnis yang akan menjadi bos anda.

Biasanya, orang yang awal membuka bisnis akan meluangkan waktu 3× lebih banyak dari orang lain. Jika anda ingin menjadi orang kaya, pengusaha bukanlah satu-satunya jalan. Gaji para pilot, kapten kapal dan direktur perusahaan jauh lebih besar dari penghasilan 80% pengusaha.

Jika anda mempunyai motivasi yang salah lalu masuk dunia usaha maka anda akan kaget dan ternyata tidak semudah yang orang lain bilang. Untuk anda yang ingin menjadi wirausaha, siapkan mental yang kuat karena merintis usaha tidak mudah dan akan banyak sekali tantangan.

4. Mental yang lemah

Jika anda ingin menjadi pengusaha yang sukses maka anda harus mempunyai mental yang kuat seperti tetap optimis, percaya diri dan tidak takut dengan masalah. Menjadi pengusaha itu sama dengan menjadi pemimpin, pengusaha memimpin sekaligus menghidupi orang yang berada di perusahaannya.

PALING VIRAL  5 Tips Pemula Untuk Memulai Kalender Apple di Mac