√ Tips Sukses Jualan Online yang Harus Anda Coba

Rahasia sukses jualan online


Zaman yang semakin maju membuat kita harus mengubah pola pikir dalam berjualan. Zaman dulu, orang-orang menjual barang yang banyak digemari, tapi di era digital ada sebuah pola berjualan yang baru yaitu menjual produk untuk konsumen yang spesifik. Jika hal ini dilakukan dengan baik maka bisa mendapatkan pelanggan yang jauh lebih banyak.

Seorang pebisnis di era digital tidak menjual satu produk untuk semua orang tapi menjual produk dengan varian yang banyak untuk memenuhi konsumen yang berbeda. Pada kesempatan kali ini, Magersena akan memberitahu tips sukses jualan online untuk meningkatkan kualitas penjualan anda.

Berbisnis di era digital

Coba anda perhatikan kurva permintaan dalam sebuah industri, produk paling laris pasti akan menghasilkan permintaan yang besar sedangkan produk yang kurang laris akan menghasilkan permintaan yang kecil dan berada di ujung sebuah kurva.

Buku terlaris dan film box office berada di kepala kurva atau sebagai sumber penghasilan utama. Tapi, sebuah bisnis bisa mengambil pendekatan yang berbeda. Mereka tidak perlu fokus ke produk paling laris yang mempunyai tingkat persaingan tinggi, namun fokus ke Blue Ocean Market yang menawarkan berbagai jenis produk ke grup kecil konsumen dalam jumlah banyak.

Jika anda berhasil mendorong penjualan produk spesifik dalam jumlah yang banyak maka penjualan anda bisa bersaing dengan produk paling laris. Contohnya seperti ini :

Baca juga : 5 bisnis yang bisa menghasilkan 1 juta per minggu

Amazon paham dengan potensi internet yang bisa menawarkan berbagai jenis buku yang tidak terhingga, Amazon menawarkan 5 juta buku di websitenya sedangkan toko buku paling besar hanya bisa menawarkan 175.000 produk berbeda. Hasil secara statistik, buku di Amazon yang tidak tersedia di toko buku memberikan 30% total penjualan buku online di Amazon.

Dari contoh ini, kita bisa tahu bahwa produk yang menyasar segmen khusus bisa menyumbangkan pendapatan yang tinggi apabila dikerjakan dengan baik.

Bisnis online mempunyai karakteristik yang berbeda dengan bisnis tradisional, bisnis online menyediakan produk yang beragam bahkan menjual produk yang tidak laku sedangkan bisnis tradisional hanya menyediakan produk yang paling laris karena keterbatasan rak pajang dan konsumen sering kesulitan menemukan barang yang mereka cari di rak pajang.

Dalam bisnis online, anda harus memberikan banyak opsi yang berbeda dan mampu memenuhi jenis konsumen yang beragam. Jangan ikuti cara main bisnis tradisional yang hanya menjual produk yang laris saja.

Semua orang bisa jadi pembuat konten

Di era digital, semua orang bisa jadi pembuat konten tanpa harus mempunyai peralatan khusus. Setiap orang bisa memproduksi konten sendiri seperti video, musik, film pendek dan buku versi digital. Seorang amatir tidak hanya menjadi penikmat konten tapi mereka juga bisa memproduksi konten sendiri.

Misalnya, wikipedia yang dibentuk oleh ribuan kontributor yang kebanyakan amatir mampu menciptakan sebuah ensiklopedia terbesar sepanjang sejarah. Sebagai perbandingan, ensiklopedia Britania memuat 120.000 konten sedangkan Wikipedia mampu memuat lebih dari 4 juta konten.

Tapi, membuat konten hanya sebagian kecil pekerjaan yang harus dilakukan oleh seorang pebisnis. Pebisnis harus memastikan calon konsumen menemukan apa yang mereka cari lalu tawarkan mereka untuk membeli produk anda. 

Memakai metode long tail

Untuk sukses jualan online, anda harus memakai metode long tail. Metode ini tidak hanya berlaku bagi perusahaan teknologi atau produk digital saja, long tail juga bisa diaplikasikan ke industri lain contohnya Lego.

Lego mengambil keuntungan dari metode long tail karena melayani pasar yang spesifik dan mendorong pengguna untuk membuat produk sendiri. Toko online Lego menawarkan lebih dari 1000 produk dan 90% produk tersebut tidak tersedia di toko tradisional.

Baca juga : cara meningkatkan penjualan tanpa iklan

Selain itu, Lego pernah meluncurkan layanan Lego design by me di mana setiap orang bisa membuat desain Lego sesuai keinginan lalu mengunggahnya ke website Lego dan produk tersebut akan dikirimkan ke rumah konsumen. Sebelum program ini dihentikan, Lego sudah menjual lebih dari 100.000 kit Lego ke para konsumennya.

Cara lain untuk mendapatkan manfaat metode long tail adalah dengan menciptakan tempat penyimpanan yang terpusat. Hal ini akan menekan biaya daripada bisnis tradisional yang harus menyebarkan produknya ke berbagai toko fisik, biaya yang dibutuhkan akan lebih rendah apabila produk yang ditawarkan adalah produk digital seperti iTunes, Netflix dan lainnya.

Selain itu, anda juga bisa menyediakan berbagai macam format. Misalnya, anda menju gambar maka sediakan gambar dalam berbagai resolusi format seperti JPG, PNG dan lainnya.

Jangan lupa untuk membuat produk yang anda jual tersedia kapanpun dan dimanapun. Sistem bisnis online yang borderless membuat semua orang bisa membeli produk yang dijual kapanpun dan dimanapun tanpa batasan jam operasional toko dan lokasi.

Sumber : Si Kutu Buku

Get notifications from this blog

PALING VIRAL  15 Tema Chrome Terbaik untuk Menyesuaikan Browser Anda


Related Posts

Bisnis