10 Software Akses Jarak Jauh/Remote Access Untuk Mengontrol PC Windows Anda Dari Mana Saja

Apa yang Anda lakukan saat Anda perlu bekerja dengan komputer di berbagai lokasi? Gunakan perangkat lunak akses jarak jauh ini untuk menghubungkan ke PC lain dari mana saja.

Teleworking tersebar luas sekarang. Anda memiliki komputer, tetapi bagaimana jika Anda ingin mengakses file di desktop lain di kota atau bahkan negara? Mengakses komputer lain dari jarak jauh adalah proses yang harus aman, sederhana, dan nyaman.

Untuk membantu Anda dalam mencari program terbaik untuk mengontrol PC Windows dari jarak jauh, berikut adalah perangkat lunak desktop jarak jauh terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan Anda untuk bekerja atau penggunaan pribadi.

Supremo adalah perangkat lunak yang mendapatkan popularitas belakangan ini. Salah satu alasan pertumbuhan ini adalah kemudahan penggunaannya. Yang lainnya adalah gratis. Aplikasi ini memungkinkan menghubungkan banyak pengguna ke komputer yang sama. Ini juga menggunakan enkripsi AES-256 sehingga pihak ketiga tidak dapat mencegat data komunikasi.

Antarmuka grafisnya yang sederhana memungkinkan Anda mengakses data dari komputer jarak jauh. Pengoperasiannya intuitif: setiap komputer secara otomatis dikaitkan dengan kombinasi ID dan kata sandi, yang, jika dimasukkan dalam Supremo di perangkat lain (komputer, smartphone, atau tablet), memungkinkan Anda untuk mengontrolnya dari jarak jauh.

TeamViewer adalah salah satu aplikasi yang paling dikenal untuk kendali komputer jarak jauh. Ini memiliki antarmuka grafis yang sederhana dan kompatibilitas dengan Windows, macOS, Linux, iOS, dan Android sehingga Anda dapat terhubung dari perangkat apa pun ke PC Anda.

Koneksi yang dibuat oleh TeamViewer aman. Ini menggunakan kombinasi nama pengguna dan kata sandi biasa, serta kode numerik unik untuk membuat tautan antara klien-server. Setelah Anda mengkonfirmasi akses, Anda dapat melakukan apa saja seolah-olah Anda berada di depan PC. Program ini gratis untuk penggunaan pribadi, sementara ada versi bisnis berbayar.

Unduh: TeamViewer (Gratis, tersedia versi premium)

AnyDesk dirancang oleh sekelompok pengembang yang berpartisipasi dalam pengembangan TeamViewer. Ini tidak persis sama, tetapi merupakan alat yang cukup praktis, cepat dan melakukan semua yang Anda harapkan dari program akses jarak jauh.

AnyDesk kompatibel dengan beberapa sistem operasi. Ini termasuk Windows, Linux, BSD Gratis, Mac OS, iOS, dan Android. Selain itu, ia menawarkan versi gratis dan profesional.

Unduh: AnyDesk (Gratis, tersedia versi premium)

Chrome Remote Desktop adalah ekstensi terkenal untuk browser web Google Chrome. Ini dapat bekerja di platform apa pun. Penggunaannya semudah memasang add-on di browser Anda dari Toko Web Chrome di kedua komputer, yang satu akan bertindak sebagai klien (lokal) dan yang lainnya akan bekerja sebagai server (jarak jauh).

Untuk menggunakan desktop jarak jauh Google Chrome, Anda harus memiliki akun Google karena alat ini berfungsi melaluinya. Alat ini juga menawarkan PIN keamanan sehingga meskipun seseorang mengakses akun Anda, mereka juga tidak dapat mengakses komputer Anda dari jarak jauh.

PALING VIRAL  5 Cara Mudah Mengamankan Komputer Anda Dalam Waktu Kurang Dari 5 Menit

Splashtop memungkinkan Anda mengontrol komputer Windows dari perangkat seluler dengan cepat dari jarak jauh. Aplikasi ini, tersedia di Google Play dan App Store, akan memungkinkan Anda mengakses semua yang ada di komputer dari jarak jauh. Aplikasi ini hadir dalam dua mode: versi Gratis (Splashtop Personal) dan versi Berbayar (Splashtop Business).

Dalam versi gratis, Anda dapat mengakses hingga lima perangkat dari jarak jauh di jaringan lokal. Versi ini untuk penggunaan pribadi dan tidak diizinkan untuk tujuan komersial. Sementara itu, versi berbayar difokuskan pada perusahaan dan memungkinkan kendali jarak jauh profesional perangkat jaringan perusahaan.

Unduh: Splashtop (Gratis, tersedia versi premium)

Iperius Remote adalah perangkat lunak kendali jarak jauh gratis untuk PC yang tidak memerlukan konfigurasi router dan firewall. Ini adalah program yang ringan, cepat, dan ideal untuk membuat koneksi ke komputer jarak jauh. Selain itu, tidak memerlukan penginstalan, karena perangkat lunak dapat diluncurkan dari file eksekusi sederhana.

Iperius Remote bekerja dengan semua sistem operasi Windows, Android, dan iOS. Perangkat lunak ini menjamin keandalan dan keamanan menggunakan koneksi terenkripsi SSL (HTTPS) dan enkripsi data terintegrasi bila diperlukan.

PALING VIRAL  √ 5 HP Flagship Xiaomi yang Sudah Turun Harga

RealVNC adalah program akses jarak jauh yang tersedia dalam berbagai versi: satu versi gratis dan dua versi memerlukan pembayaran. Versi gratisnya memungkinkan bantuan jarak jauh dasar pada Windows, Mac, dan Linux untuk penggunaan pribadi. Ini juga tersedia untuk perangkat seluler.

Versi berbayar dari program ini dapat digunakan untuk tujuan komersial dan mencakup banyak fungsi tambahan, seperti enkripsi koneksi, transfer file, obrolan teks, pencetakan, dan banyak lagi. Meskipun cukup mudah digunakan, ini tidak cocok untuk pengguna pemula seperti solusi lain yang lebih mendasar dalam daftar.

Unduh: RealVNC (Gratis, tersedia versi premium)

UltraVNC adalah perangkat lunak akses jarak jauh lain yang tersedia untuk PC yang gratis. Meskipun tidak seintuitif perangkat lunak lain, ia memiliki banyak fitur canggih, membuatnya ideal untuk profesional dukungan jarak jauh.

Ini mendukung transfer file dari satu komputer ke komputer lain, akses jarak jauh ke Windows, obrolan teks, dan banyak lagi. Ini kompatibel dengan semua versi Windows. Ada juga versi di Java yang berfungsi di komputer Mac dan Linux melalui browser.

PALING VIRAL  5 Aplikasi Game Kartu Terbaik Untuk iPhone atau Android Anda

Ammyy Admin adalah program untuk berbagi desktop jarak jauh atau mengontrol server melalui internet. Anda akan memiliki kemampuan untuk mengakses desktop jarak jauh dengan cepat dan mudah dalam hitungan detik.

Ia bekerja sebagai klien jarak jauh (memungkinkan akses melalui ID dan alamat IP) dan sebagai server (dengan membuka pintu akses di PC). Itu dapat bekerja dari jarak jauh, menawarkan bantuan teknis, membuat presentasi online, dan banyak lagi.

Laplink Everywhere adalah alat akses jarak jauh berbayar yang memungkinkan kontrol dari hampir semua perangkat yang memiliki browser web dan koneksi internet. 

Ini memiliki fungsi dasar yang diperlukan untuk akses jarak jauh, dan proses instalasi sederhana membuatnya dapat diakses oleh setiap pengguna, dari pemula hingga ahli.

Pilih Program Yang Tepat Untuk Mengontrol PC Windows dari Jarak Jauh

Memilih perangkat lunak akses jarak jauh terbaik akan berbeda dari orang ke orang dan kebutuhan tim. Jika Anda membutuhkan platform gratis tanpa batasan, Supremo, Chrome Remote Desktop, Iperius Remote Desktop, dan UltraVNC adalah pilihan yang tepat.

Namun, jika Anda hanyalah pemula, RealVNC adalah pilihan yang jelas. Atau mungkin Anda menginginkan program tingkat perusahaan dengan dukungan lintas platform. Kemudian, alat TeamViewer, AnyDesk, Splashtop, Ammyy Admin, dan Laplink Everywhere adalah yang dapat Anda gunakan.

Dengan program PC jarak jauh ini, Anda pada dasarnya dapat mengontrol dan memoderasi pekerjaan Anda atau komputer lain dari mana saja, selama Anda memiliki konektivitas internet yang stabil. Selain itu, Anda dapat memulai dengan alat akses jarak jauh yang sudah disediakan Microsoft secara gratis.