10 Software CAD Gratis Untuk Merancang Gambar 2D, 3D

Perangkat lunak CAD adalah alat yang harus dimiliki di sebagian besar perusahaan untuk mengurangi cacat fatal dalam desain yang mungkin muncul selama produksi. Jika Anda berada di industri yang banyak mengandalkan alat CAD, Anda mungkin sudah tahu bahwa mendapatkan perangkat lunak CAD yang baik bisa sangat mahal. Dan jika Anda seorang siswa yang baru mulai mencelupkan jari kaki Anda ke dalam perangkat lunak CAD, ini pasti akan menjadi masalah.

Namun ada opsi kedua: perangkat lunak CAD alternatif gratis. Kami telah melakukan kerja keras dan mencari perangkat lunak CAD 10 yang dapat Anda coba secara gratis sekarang untuk merancang gambar 2D atau proyek pemodelan 3D Anda berikutnya. 

Berikut 10 perangkat lunak ini, dan tautan untuk mengunduhnya untuk sistem operasi mana pun yang sedang Anda gunakan. Jika Anda tahu lebih banyak, berbagilah dengan kami di bagian komentar.

Sculptris adalah program pemodelan 3D profesional namun gratis yang dibuat oleh satu pakar industri 3D, Pixologic. Anda dapat menggunakannya untuk mendesain versi troll, naga, atau bahkan Godzilla sendiri dengan mudah melalui toolset pahatan yang kaya.

Jika Anda buruk dalam bermain di sekitar geometri dan poligon untuk membuat permukaan Anda sendiri, jangan khawatir, karena permukaan Sculptris mengandung banyak segitiga yang secara otomatis dimasukkan ke dalam permukaan model 3D Anda.

Aplikasi ini mendukung: Windows dan macOS.

Salah satu perangkat lunak pemodelan 3D paling populer, SketchUp Make, digunakan sebagian besar untuk keperluan arsitektur dan kadang-kadang untuk relung lain di pasar desain 3D.

Jika Anda mencari perangkat lunak pemodelan 3D lengkap untuk karier profesional Anda dengan semua alat yang disertakan, dikurangi label harganya, maka SketchUp adalah untuk Anda.

PALING VIRAL  6 Aplikasi Pengelola Bookmark Terbaik Untuk Android

Aplikasi ini mendukung: Windows dan macOS.

DraftSight adalah editor CAD 2D gratis yang baik untuk pengguna CAD profesional, siswa dan pendidik, terutama jika Anda perlu membuat, mengedit, dan melihat proyek Anda dalam format file DWG asli.

Itu datang dengan seperangkat fitur bagus yang memungkinkan Anda untuk menghasilkan rencana tampak profesional menggunakan garis, polyline, dimensi, teks dan lain-lain. Antarmuka relatif membosankan, tetapi ini mungkin menarik bagi mereka yang lebih suka perangkat lunak CAD minimalis dan sederhana.

Aplikasi ini mendukung: Windows, macOS, Ubuntu dan Fedora.

Proyek ini 100% open source dan ditujukan langsung untuk teknik mesin dan penggunaan desain produk, tetapi juga dapat digunakan untuk arsitektur atau industri teknik lainnya yang banyak bergantung pada pemodel 3D parametrik.

Meskipun open source dan gratis, FreeCAD setara dengan program CAD populer lainnya karena kemampuannya dalam menciptakan padatan 3D nyata, dukungan untuk jerat, perancangan 2D, sistem koordinat kanan ditambah banyak fitur lainnya.

Program itu sendiri sangat modular, di mana Anda dapat memilih ekstensi dan penyesuaian yang sangat canggih.

Aplikasi ini mendukung: Windows, macOS, Ubuntu dan Fedora.

Bagi mereka yang ingin mengerjakan spesifik, terutama insinyur, OpenSCAD adalah platform pemodelan 3D ideal Anda. Itu tidak memiliki pemodelan interaktif bagi Anda untuk merancang model Anda, tetapi sebaliknya lebih bergantung pada apa yang Anda tetapkan dalam parameter melalui file skrip.

Jika Anda ingin membuat bagian-bagian mesin alih-alih merancang karakter permainan Anda berikutnya, OpenSCAD adalah yang paling sesuai dengan tujuan itu.

PALING VIRAL  Cara Buat Kalulator Sederhana dengan Javascript Code

Aplikasi ini mendukung: Windows, macOS dan Linux.

Ingin merancang Papan Sirkuit Cetak (PCB) berikutnya dan tidak tahu harus mulai dari mana? Lihat KiCAD. KiCAD adalah alat desain PCB sumber bebas dan terbuka yang mencakup manajer proyek dan 4 perangkat lunak utama seperti editor skematik, editor papan sirkuit tercetak, penampil file GERBER, dan pemilih jejak kaki untuk asosiasi komponen.

Ada juga alat perangkat lunak tambahan, penampil 3D untuk membuat PCB Anda menjadi 3D dan 2 editor komponen pustaka untuk memungkinkan Anda membuat atau memodifikasi komponen skematik dan jejak kaki.

Aplikasi ini mendukung: Windows, macOS, Linux, dan Ubuntu.

QCAD adalah aplikasi yang harus Anda gunakan jika Anda ingin membuat gambar teknis baik untuk bangunan, bagian mekanis atau bahkan skema dan diagram.

Karena ini adalah open source, fokus QCAD lebih ke modularitas, ekstensibilitas dan portabilitas. Platform CAD 2D-nya kuat tetapi mudah digunakan, bahkan untuk pemula yang memiliki sedikit atau tanpa pengalaman dalam aplikasi CAD.

Aplikasi ini mendukung: Windows, macOS dan Linux

Inilah platform pemodelan 2D-CAD berkualitas tinggi lainnya, LibreCAD, perangkat lunak yang mudah digunakan dengan banyak fitur berkualitas tinggi yang disertakan di dalamnya. LibreCAD memiliki fitur seperti snap to grid untuk menggambar, penggunaan layer, pengukuran di dalam gambar Anda dan banyak lainnya untuk membuat hidup Anda lebih mudah ketika Anda menggambar pada platform 2D-CAD.

Jika Anda merasa sulit untuk memulai di LibreCAD, mereka telah memasukkan manual di sini di halaman wiki mereka.

PALING VIRAL  10 Template PowerPoint Gratis untuk Menampilkan Foto Anda Dengan Gaya

Aplikasi ini mendukung: Windows, macOS dan Linux.

Perangkat lunak animasi dan pemodelan 3D real-time ini memungkinkan Anda melakukan pemodelan 3D semudah drag-and-drop. 3DCrafter hadir dengan primitif 3D dan Shape Building Tools bagi Anda untuk membuat model kompleks Anda ditambah beberapa alat pemodelan untuk membantu menyempurnakannya.

Karena memungkinkan Anda untuk melakukan animasi juga, yang Anda butuhkan hanyalah menempatkan subjek di setiap titik waktu dan perangkat lunak akan memastikan animasi berjalan dengan lancar.

Aplikasi ini mendukung: Windows.

Jika Anda mencari alat CAD lain yang datang dengan dukungan .dwg penuh, nanoCAD ada di daftar selanjutnya. Meskipun Anda dapat menggunakannya secara gratis, nanoCAD masih memiliki banyak manfaat yang biasanya Anda harus bayar dengan harga premium, seperti alat Command Line yang terkenal, SNAP dan ONSAP, sejumlah besar alat presisi dan banyak lagi yang mungkin berguna bagi Anda .

Apakah Anda baru pemula atau sudah menjadi pengguna yang kuat, Anda akan menemukan nanoCAD alternatif yang baik.

Aplikasi ini mendukung: Windows.

Dan jika Anda masih merasa kurang dengan informasi ini, kami mempunyai artikel ataupun aplikasi desain yang kami rekomondasi untuk Anda dibawah ini.