14 Distribusi Linux Ringan Untuk Memberi Kehidupan Baru Pada Komputer Lama Anda

PC lama tidak dapat mengatasi tuntutan sistem operasi dan perangkat lunak modern. Sementara meningkatkan perangkat keras seperti memori dapat membantu, solusi yang lebih baik adalah sistem operasi yang ringan.

Banyak distro Linux dirancang untuk menjadi ringan, dengan versi Linux di bawah 500MB dan bahkan di bawah 100MB tersedia.

Jika Anda mencari sistem operasi yang ringan untuk PC Anda, cobalah distro Linux yang ringan dan bahkan tidak memerlukan ram lebih dari 1GB.

Distro Linux RAM Di Bawah 1GB

Sebagian besar PC saat ini dikirimkan dengan RAM 4G atau lebih tinggi. Jika Anda membutuhkan sistem operasi untuk mesin yang lebih lama, distro Linux ini berjalan pada komputer dengan kurang dari 1GB.

Xubuntu adalah turunan Ubuntu yang menggunakan lingkungan desktop Xfce. Meskipun Xubuntu tidak membanggakan permen mata GNOME, Xubuntu menawarkan pengalaman yang tajam. Untuk mencoba Xubuntu, Anda hanya perlu memori 512MB. Dengan CD Minimal, hanya 128MB yang diperlukan, menjadikan ini distro Linux pertama di bawah 1GB yang perlu dipertimbangkan.

Sementara itu, pemasangan penuh membutuhkan setidaknya 1GB memori.

Sebagai cabang Ubuntu, karena itu Xubuntu memiliki akses ke keseluruhan repositori Canonical. Ini adalah distro yang fantastis yang menawarkan fitur dan aplikasi hebat dengan konsumsi sumber daya sistem rendah.

Lubuntu dengan tepat menggambarkan dirinya sebagai “ringan, cepat, lebih mudah.” Seperti namanya, Lubuntu adalah turunan Ubuntu dan seperti Xubuntu, ia memungkinkan akses ke repositori kanonik lengkap. Sedangkan Xubuntu menggunakan desktop Xfce, Lubuntu memilih untuk desktop LXDE / LXQT.

Situs web Lubuntu merekomendasikan 1GB RAM untuk layanan web seperti YouTube dan Facebook. Jika Anda hanya menjelajah dan menggunakan program seperti LibreOffice, RAM 512MB sudah cukup.

Spesifikasi minimum untuk CPU yang menjalankan Lubuntu adalah Pentium M atau 4, atau AMD K8. Itu berarti dukungan untuk banyak komputer lama. Selain itu, Lubuntu hadir dengan banyak aplikasi termasuk monitor sistem LXTask, utilitas disk GNOME, MTPaint dan banyak lagi.

Linux Lite bukanlah distro Linux ringan. Berbasis pada LTS Ubuntu dan digambarkan sebagai “sederhana, cepat, dan gratis,” Linux Lite memiliki kebutuhan memori yang rendah. Aplikasi yang dibundel termasuk LibreOffice dan VLC; Linux Lite mungkin ringan pada sumber daya sistem tetapi berat pada fitur yang disertakan.

Spesifikasi sistem minimum untuk Linux Lite adalah PC dengan CPU 1GHz, RAM 768MB, dan penyimpanan 8GB. Performa yang lebih baik dapat dinikmati dengan CPU 1.5GHz, 1GB RAM dan 20GB ruang.

Dengan keseimbangan fungsi dan efisiensi, Linux Lite adalah distro ramping yang dapat digunakan di luar kotak.

Zorin OS bertujuan untuk membuat PC lebih cepat sekaligus meningkatkan keamanan dan kinerja. Zorin OS Lite mengambil langkah lebih jauh, mengurangi persyaratan sistem yang sudah ramping dari sistem operasi utama.

Anda dapat menginstal Zorin OS Lite pada sistem yang menjalankan prosesor inti tunggal 700MHz, 32-bit, atau 64-bit. Komputer akan membutuhkan RAM 512MB dan juga penyimpanan 8GB. Zorin OS Lite dapat dijalankan dengan memuaskan pada layar hanya dengan resolusi 640 × 480 piksel.

PALING VIRAL  √ Download Inshot Pro Mod Apk Terbaru

Jika Anda mencari sesuatu yang berkinerja baik dan terasa seperti Windows untuk PC lama Anda, Zorin OS Lite sangat ideal.

Arch Linux mematuhi mantra KISS: tetap sederhana, bodoh. Tersedia dalam varietas i686 dan x86-64, Arch Linux ringan dan mudah digunakan. Anda akan membutuhkan PC dengan setidaknya 512MB RAM, dengan 800MB ruang disk. Pentium 4 atau yang lebih baru direkomendasikan, meskipun beberapa CPU yang lebih tua dapat menjalankan Arch Linux.

Turunan Arch Linux yang terkenal termasuk BBQLinux dan Arch Linux ARM yang dapat diinstal pada Raspberry Pi.

Sementara perangkat keras PC Anda mungkin sudah tua, Arch Linux beroperasi pada sistem pelepasan-peluncuran untuk pembaruan terkini yang berkelanjutan.

Sistem Operasi Linux RAM Di Bawah 500MB

Jika Anda menjalankan PC dari tahun 2000-an, sepertinya RAM yang ada tidak memadai untuk OS modern. Cobalah salah satu dari sistem operasi ini untuk mesin dengan RAM kurang dari 500MB.

Dirilis sebagai kelanjutan berbasis komunitas dari distro Linux CrunchBang dengan spesifikasi rendah, Helium didasarkan pada Debian 9.

Dengan menggunakan window manager Openbox dan monitor sistem conky, Helium memiliki beragam tema GTK2.3 dan konfigurasi conky. Ini memungkinkan Anda menyesuaikan tampilan desktop, menciptakan lingkungan yang unik.

Helium tersedia untuk arsitektur 32-bit, 64-bit, dan ARM. PC Anda harus memiliki setidaknya 256MB RAM, dan hard disk drive 10GB. Perhatikan bahwa opsi instalasi yang berbeda menghasilkan penggunaan disk yang sedikit berbeda instalasi dari ISO langsung menggunakan 2.1GB, misalnya. Demikian pula, menambahkan aplikasi yang berbeda saat instalasi akan menghasilkan jejak penyimpanan yang berbeda.

Seperti halnya persyaratan sistem Debian, CPU dengan spesifikasi terendah yang dapat Anda gunakan adalah chip Pentium 4 1GHz.

Porteus adalah distro Linux yang dioptimalkan untuk digunakan sebagai live CD, untuk mem-boot dari flash drive atau CD. Anda juga dapat menginstal Porteus di hard drive.

Dengan opsi 32-bit dan 64-bit, Porteus adalah salah satu distro Linux terbaik untuk perangkat keras PC yang menua. Mampu melakukan booting hanya dalam 15 detik, Porteus hanya membutuhkan 300MB ruang penyimpanan.

Porteus bahkan dapat dimuat ke dalam RAM dan berjalan murni dari memori sistem. Karena Porteus Portable dan modular, dapat digunakan pada berbagai jenis komputer.

PALING VIRAL  7 Aplikasi Perekaman Layar Gratis Teratas Untuk Semua Platform

Dijuluki Distribusi Linux yang Tercerahkan, Bodhi Linux berasal dari Ubuntu LTS. Prinsip-prinsip desain utamanya berkisar pada minimalis dan desktop Moksha. Array aplikasi default membutuhkan ruang 10MB sangat sedikit.

Persyaratan sistem minimum adalah 256MB RAM, ruang hard drive 5GB, dan prosesor 500MHz. Bahkan spesifikasi yang disarankan (RAM 512MB, ruang drive 10GB, prosesor 1GHz) agak pemaaf.

Trisquel adalah turunan Ubuntu LTS. Distro GNU menggunakan paket Ubuntu dengan lingkungan desktop berbasis GNOME 3 Flashback. Trisquel Mini adalah iterasi alternatif yang dibuat khusus untuk netbook dan PC dengan daya rendah.

Lingkungan desktop LXDE, Sistem X Window, dan tampilan grafis GTK + memastikan bahwa Trisquel berjalan dengan baik bahkan pada perangkat keras yang lebih lama.

Sementara Trisquel Mini mungkin kecil, itu dikemas dengan aplikasi Linux termasuk AbiWord, MPOME MPlayer, dan Transmisi.

Setiap PC yang dibangun sejak 1999 harus menjalankan Trisquel Mini. Ini membutuhkan hanya 128MB RAM untuk versi 32-bit (256MB untuk 64-bit) dan penyimpanan 3GB. Arsitektur prosesor AMD K6 dan Intel Pentium II adalah yang paling awal didukung.

Linux Distro RAM Di Bawah 100MB

Perlu menggunakan komputer lama yang sederhana, mungkin dari abad terakhir? Cobalah salah satu distro Linux yang luar biasa ini yang ditujukan untuk sistem dengan RAM kurang dari 100MB.

Mencari distro yang cepat dan mudah digunakan? Puppy Linux adalah OS ringan yang sempurna untuk laptop atau PC lama. Membanggakan jejak sangat kecil, Puppy Linux dapat di-boot langsung dari flash drive atau CD. Selanjutnya, Puppy Linux bahkan dapat hidup di memori.

Boot biasanya memakan waktu kurang dari satu menit, bahkan pada perangkat keras yang lebih lama. ISO default adalah sekitar 100MB, dan dengan OpenOffice diinstal Puppy Linux masih di bawah 300MB (sekitar 256MB).

Puppy Linux sangat bagus sebagai instalasi penuh, atau hanya sebagai CD langsung untuk digunakan pada PC tamu. Bahkan ada versi Puppy Linux untuk Raspberry Pi, yang disebut Raspup.

Versi lain dari Puppy Linux, Macpup menawarkan jejak yang sangat kecil dan bahkan cukup kecil untuk dijalankan dalam RAM. Namun, meskipun memiliki tapak yang kecil, Macpup Linux adalah distro lengkap. Pilihan aplikasi kantor, multimedia, dan grafik yang bagus mengubah perangkat keras PC lama Anda menjadi komputer baru.

Nama “Macpup” berasal dari penggunaan dock mirip macOS di kaki desktop. Elemen desktop lainnya kurang seperti Mac.

Macpup Linux adalah biner yang kompatibel dengan paket Precise Ubuntu. Selain itu, Macpup Linux berisi aplikasi yang sama dengan Precise Puppy, bersama dengan Firefox.

PALING VIRAL  20 Aplikasi Android Paling Populer di Google Play Store

Jika Anda ingin meremajakan PC lama itu dan tetap aman, periksa SLiTaz tanpa kompromi. Walaupun distro Linux ini ringan, ia juga berkinerja tinggi, cocok untuk menjalankan dari CD langsung maupun dari disk drive.

Instal SliTaz pada PC yang sudah tua, server, dan bahkan perangkat ARM kecil seperti Raspberry Pi. Anda bahkan dapat memutar versi Anda sendiri.

Sistem file root hanya 100MB, dan gambar ISO kurang dari 40MB. Fitur rapi termasuk server FTP / web yang ditenagai oleh Busybox, klien Dropbear SSH, SQLite, dan desktop Openbox yang berjalan di Xvesa / Xorg.

Distro Slackware yang telah lama berjalan adalah dasar untuk pendekatan yang disederhanakan ke Linux ini, yang mampu berjalan di sebagian besar perangkat keras. Bundel Absolute Linux Kodi, Inkscape, GIMP, dan aplikasi populer lainnya ke dalam pemasang, dengan pendekatan minimalis ke desktop.

Distro ini “kompatibel dengan versi” dengan Slackware, yang berarti paket perangkat lunak untuk Slackware harus berjalan di Absolute Linux.

Seperti Slackware, Absolute Linux dapat berjalan pada sistem 32-bit dan 64-bit, dengan dukungan untuk CPU Pentium 486. 64MB RAM didukung (1GB disarankan) dengan ruang HDD 5GB gratis untuk instalasi.

Ini membuat Absolute Linux ideal untuk perangkat keras yang lebih lama, meskipun untuk hasil terbaik pada PC kuno, bergantung pada Slackware murni.

Core Project adalah proyek Linux yang menawarkan pengalaman barebones di mana Anda dapat menambahkan elemen Anda sendiri.

Ideal untuk pengguna desktop, distribusi TinyCore memiliki fitur sistem Core dasar, ekstensi X / GUI untuk lingkungan desktop, dan dukungan jaringan.

TinyCore hanya 10MB dan dapat disimpan pada, diinstal dari, atau hanya dijalankan pada, stik USB, perangkat tertanam, atau CD dengan ruang yang tersisa sangat sedikit. Selain itu, dapat berjalan dengan hanya 48MB RAM. Dari titik awal yang sederhana ini, Anda dapat menambahkan perangkat lunak yang Anda perlukan untuk menjalankan PC lama Anda.

Sementara versi Core yang lebih kecil tersedia, TinyCore sangat ideal untuk komputer desktop dan laptop.

Sistem Operasi Linux Ringan Menakjubkan

Meskipun ini mungkin distro Linux teratas untuk menghidupkan kehidupan baru ke PC lama Anda, tidak ada kekurangan alternatif.

Untuk rekap, distro Linux ringan terbaik untuk PC lama adalah:

Linux Distro Di Bawah 1GB

  • Xubuntu
  • Lubuntu
  • Linux Lite
  • Zorin OS Lite
  • Arch Linux

OS Linux Di Bawah 500MB

  • Helium
  • Porteus
  • Bodhi Linux
  • Trisquel Mini

Linux Distro Di Bawah 100MB

  • Puppy Linux
  • Macpup Linux
  • SliTaz
  • Linux Mutlak
  • Tiny Core Linux