3 Tips Keamanan Apple Watch Yang Harus Anda Ketahui

Dengan setiap generasi sejak debutnya pada tahun 2015, Apple Watch terus menjadi lebih kuat. Dan dapat menyelesaikan banyak tugas tanpa bantuan iPhone.

Perangkat Apple yang dapat dikenakan dapat mengontrol rumah pintar, membayar pembelian, melacak olahraga, dan banyak lagi. Tetapi sementara banyak langkah-langkah keamanan yang digunakan Apple untuk melindungi informasi Anda di perangkat iOS sudah terkenal, masalahnya tidak selalu begitu jelas saat menggunakan Apple Watch.

Berikut adalah beberapa kiat keamanan Apple Watch dan cara melindungi data penting Anda.

Yang Perlu Anda Lindungi 

Dimulai dengan Seri 3, saat ini ada dua jenis Apple Watch. Versi GPS + Cellular dapat melakukan operasi dasar ​​seperti streaming Apple Music tanpa memerlukan iPhone di dekatnya. Versi GPS masih membutuhkan iPhone dalam jangkauan untuk apa pun yang membutuhkan koneksi internet. 

Kedua versi juga menyimpan informasi penting ketika terputus dari iPhone.

Mudahnya yang terbesar adalah informasi kartu kredit Anda untuk Apple Pay. Arloji Anda dapat membayar pembelian tanpa perlu iPhone, yang merupakan fitur yang sangat berguna sampai jatuh ke tangan yang salah, tentu saja.

Juga dapat diakses adalah setiap email atau pesan teks, informasi kebugaran dan kesehatan, informasi kontak, serta data aplikasi. Jika Apple Watch Anda menghilang, itu bisa dengan mudah menjadi masalah besar.

Itu sebabnya kami menyarankan untuk mengonfigurasi ketiga fitur keamanan penting Apple Watch ini.

Cara Mengunci Jam Tangan Apple Anda: Kunci Kode Sandi 

Cara terbaik untuk mengamankan Apple Watch Anda dan datanya adalah dengan menguncinya dengan kode sandi. Untungnya, jika Anda menggunakan arloji untuk Apple Pay, Anda harus menetapkan kode sandi selama penyiapan.

Jika Anda tidak memilih kode sandi selama penyiapan dan ingin menambahkannya nanti, cukup buka aplikasi iPhone Watch pendamping dan pilih My Watch > Passcode. Anda dapat memasukkan kode empat digit sederhana, atau versi yang lebih rumit dengan 5-10 digit.

PALING VIRAL  Cara Mengubah PC Anda Menjadi Konsol Game

Anda juga dapat mengatur kode sandi di Apple Watch. Pilih Settings > Passcode, lalu pilih Aktifkan Turn Passcode On dan masukkan kode khusus. 

Untuk lapisan keamanan tambahan, pastikan untuk memilih kode sandi yang berbeda dari yang digunakan iPhone Anda.

Tidak seperti Kunci Kode Sandi pada perangkat iOS Anda, tidak perlu memasukkan kode setiap kali Anda membuka kunci Apple Watch. Dengan fitur Deteksi Pergelangan Tangan aktif, sensor akan secara otomatis mengunci arloji ketika Anda tidak memakainya. Jadi, Anda harus memasukkan kode sandi hanya ketika Anda menghidupkan perangkat yang dapat dipakai. Memasukkan kode sandi juga diperlukan saat memulai ulang arloji.

Fitur bagus lain yang dapat Anda aktifkan di menu yang sama di aplikasi Tonton adalah Buka dengan iPhone. Saat pengaturan aktif, membuka kunci iPhone Anda akan secara otomatis membuka kunci Apple Watch, asalkan Anda benar-benar memakai perangkat.

Menempatkan Kunci di Apple Watch Anda 

Jika yang terburuk terjadi, dan Anda kehilangan Apple Watch, Passcode Lock menyediakan brankas-pengaman lainnya.

Setelah seseorang memasukkan kode sandi yang salah enam kali, penundaan satu menit otomatis berlaku sebelum mencoba lagi. Setelah 10 upaya yang salah, dua tindakan berbeda dapat terjadi tergantung pada pengaturan yang dipilih.

Jika Hapus Data diaktifkan di menu Kode Sandi pada aplikasi Tontonan atau arloji itu sendiri, 10 entri kode sandi yang salah akan secara otomatis menghapus arloji sepenuhnya. Ini bukan level agen rahasia, tapi jelas merupakan pencegah besar bagi orang  jahat.
Baca Juga

PALING VIRAL  Petunjuk dan Install autohotkey di PC

Di sisi lain, jika Anda pelupa dan tidak memiliki cadangan dari Apple Watch Anda, ini bisa menjadi ketidaknyamanan yang nyata. Anda harus berpikir tentang menggunakan pengelola kata sandi untuk menyimpan kode Anda setelah mengaktifkan pengaturan ini.

Tanpa pengaturan itu diaktifkan, ada sedikit harapan jika Anda lupa kode sandi Apple Watch Anda. Anda dapat menghapus Apple Watch sepenuhnya dan memasangkannya kembali dengan iPhone Anda. Hapus arloji dengan menuju ke General > Reset > Erase Apple Watch Content, Apple Watch di aplikasi Tonton, atau  Settings > General > Reset > Erase All Content and Settings pada Arloji.

Waspadai Kunci Aktivasi 

Fitur keamanan vital lainnya adalah Apple Activation Lock. Ini cara sederhana dan efektif untuk membuat arloji yang hilang atau dicuri sama sekali tidak berguna. 

Dengan fitur aktif, siapa pun yang menemukan atau mencuri Jam Tangan Apple harus memberikan ID Apple dan kata sandi yang terkait sebelum mereka dapat menghapus dan menggunakannya dengan iPhone baru. Itu juga muncul ketika seseorang mencoba untuk memutus jam tangan Anda dari iPhone Anda atau menonaktifkan fitur lokasi.

Siapa pun yang tidak memiliki informasi yang benar tidak dapat menggunakan perangkat apa pun. Berita baiknya adalah jika Anda sudah mengatur Temukan iPhone Saya, Kunci Aktivasi aktif dan berjalan.

Anda dapat memeriksa ulang dengan membuka aplikasi Tonton di iPhone Anda. Pilih tab My Watch  dan kemudian pilih nama Arloji Anda di layar. Setelah menekan ikon i, cari Find My Apple Watch. Jika Anda melihatnya, fitur tersebut aktif.

Untungnya, Kunci Aktivasi tidak memerlukan koneksi internet apa pun. Ini melindungi perangkat yang dapat dipakai dan datanya di mana saja.

PALING VIRAL  14 Distribusi Linux Ringan Untuk Memberi Kehidupan Baru Pada Komputer Lama Anda

Cara Menggunakan Temukan iPhone Saya Dengan Apple Watch 

Ada juga lapisan perlindungan tambahan untuk jam tangan Anda di aplikasi Find My iPhone.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat melihat peta yang akan menunjukkan lokasi Apple Watch yang terakhir diketahui. Model khusus GPS akan menggunakan lokasi koneksi Wi-Fi terakhir yang diketahui. Di sisi lain, model yang mendukung seluler dapat menunjukkan lokasi yang lebih tepat menggunakan menara sel. 

Bahkan tanpa perangkat iOS, Anda juga dapat menggunakan fitur Find My iPhone yang sama di icloud.com.

Luncurkan aplikasi online atau perangkat iOS dan masukkan ID Apple dan kata sandi Anda. Klik pada nama arloji untuk melihatnya di peta, jika dapat terhubung menggunakan iPhone, jaringan Wi-Fi, atau menara sel. Jika Anda tidak melihat lokasi di peta, arloji tidak dapat terhubung.

Untuk menemukan arloji terdekat, pilih tombol Play Sound. Itu akan secara otomatis membuat arloji memutar suara keras, meskipun diam.

Mode Hilang adalah opsi lain yang dapat Anda pilih menggunakan aplikasi Find My iPhone atau situs web. Bersamaan dengan memberikan nomor telepon, Anda dapat menulis pesan pendek yang disesuaikan yang akan muncul di layar arloji. Gunakan ini untuk meninggalkan nomor telepon atau alamat email yang dapat digunakan oleh siapa saja yang menemukan perangkat Anda untuk menghubungi Anda. 

Langkah terakhir, jika Anda yakin tidak akan menemukan jam tangan Anda kembali, adalah ke Erase Watch. Itu akan menghapus semua informasi yang tersimpan di arloji dari jarak jauh. Kunci Aktivasi Apple Watch masih berlanjut, jadi siapa pun yang menemukan atau mencoba menggunakan arloji itu kurang beruntung.

Baca Juga