4 Cara Memaksa Menutup Aplikasi di Mac Anda

Pernahkah Anda bekerja dengan aplikasi atau bermain game di Mac Anda ketika tiba-tiba membeku? Anda mencoba untuk menutupnya dan tidak bisa, atau Anda mencoba “keluar” dan dia tidak merespons.

Untungnya, Anda dapat memaksa keluar aplikasi di Mac Anda dan kemudian membukanya kembali. Berikut adalah beberapa cara untuk memaksa keluar dari aplikasi yang tidak responsif di Mac Anda.

Mengapa Aplikasi Membeku atau Berhenti Menanggapi

Ada banyak masalah yang dapat menyebabkan aplikasi Mac menjadi tidak responsif. Berikut ini beberapa di antaranya:

Kurangnya RAM: RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yang pada dasarnya adalah penyimpanan jangka pendek. Komputer Anda menggunakan RAM untuk menyimpan aplikasi terbuka Anda, tetapi Anda hanya memiliki jumlah terbatas. Jadi jika Anda memiliki banyak aplikasi yang terbuka sekaligus, itu dapat memperlambat semuanya dan dalam beberapa kasus, menyebabkan aplikasi berhenti merespons sebagaimana mestinya.

Jika Anda pikir ini mungkin masalah Anda, coba tutup beberapa aplikasi Anda yang terbuka atau reboot Mac Anda untuk menghapus RAM. Anda mungkin juga berpikir untuk memutakhirkan RAM pada Mac Anda (Baca Cara Meningkatkan RAM di Mac Anda). jika ini tampaknya merupakan masalah yang konsisten.

Masalah dengan Aplikasi: Sayangnya, tidak semua aplikasi dibuat sama dan beberapa mengalami bug yang dapat menyebabkannya tidak berfungsi dengan baik.

Anda dapat mengurangi situasi seperti ini dengan mengunduh aplikasi langsung dari Mac App Store daripada situs web pihak ketiga. Ini tidak menjamin bahwa aplikasi akan bebas bug, tetapi kemungkinannya lebih baik daripada baik karena Apple memeriksa semua aplikasi di App Store.

PALING VIRAL  Cara Menggunakan Audacity Untuk Merekam Audio Pada Windows Dan Mac

Aplikasi yang tidak kompatibel: Sering kali, jika aplikasi tidak kompatibel dengan Mac Anda, itu tidak akan tetap terbuka atau menolak untuk membuka sama sekali. Namun, ada saat-saat lain ketika itu mungkin benar-benar membeku.

Cara terbaik untuk menghindari masalah ketidakcocokan adalah memastikan bahwa Anda selalu memperbarui aplikasi. Jika pengembang belum merilis pembaruan untuk sementara waktu, periksa lagi nanti, terutama jika Anda baru-baru ini memperbarui macOS.

Cara Memaksa Keluar dari Aplikasi di Mac

Sekarang setelah Anda mengetahui beberapa alasan Anda mungkin mengalami masalah dengan suatu aplikasi, sekarang saatnya untuk beralih ke cara memaksa keluar dari aplikasi itu jika perlu. macOS memberi Anda banyak cara untuk melakukan ini.

Keluar Dari Aplikasi Secara Paksa Dari Dock

Anda dapat dengan mudah keluar dari aplikasi dari Mac Dock Anda dengan mengklik kanan dan memilih Quit. Tetapi Anda juga dapat memaksa keluar aplikasi dari Dock.

Saat Anda mengklik kanan aplikasi, tahan tombol Option Anda. Anda akan melihat bahwa Quit akan berubah menjadi Force Quit di menu pintasan.

Keluar Dari Aplikasi Dari Menu Bar

Cara termudah berikutnya untuk memaksa keluar aplikasi adalah dengan menggunakan bilah menu Anda. Buka Apple menu di kiri atas layar Anda dan kemudian pilih Force Quit.

Ini akan membuka jendela Force Quit Applications. Pilih aplikasi dan klik tombol Force Quit.

Keluar Dari Aplikasi Dengan Shortcut

Daripada menggunakan bilah menu, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard untuk membuka jendela Force Quit Applications.

Tekan Cmd + Option + Escape. Pilih aplikasi dan klik Force Quit.

Keluar Dari Aplikasi Dengan Activity Monitor 

Activity Monitor di Mac Anda menunjukkan proses yang berjalan di komputer Anda. Jika Anda pernah menggunakan mesin Windows sebelumnya, Activity Monitor pada Mac seperti Task Manager pada Windows.

PALING VIRAL  Cara Mengedit Video di Mac Menggunakan iMovie

Buka Activity Monitor menggunakan salah satu metode cepat ini:

  • Luncurkan Spotlight dengan Cmd + Space dan masukkan Activity Monitor di kotak pencarian.
  • Dengan Finder terbuka, klik Go> Utilities dari bilah menu dan kemudian klik dua kali Activity Monitor.
  • Buka folder Aplikasi di Finder, pilih folder Utilities, dan klik Activity Monitor.

Setelah Monitor Aktivitas terbuka, klik tab CPU di bagian atas. Anda akan melihat daftar proses yang berjalan dengan detailnya. Pilih aplikasi yang dimaksud dan klik tombol Stop (X) di kiri atas, lalu pilih Force Quit.

Baca Juga

Cara Memaksa Restart  atau Matikan Mac Anda

Jika Anda masih mengalami masalah berhentinya aplikasi, aplikasi lain juga menjadi tidak responsif, dan Mac Anda tampaknya lambat merespons secara keseluruhan, mungkin yang terbaik adalah mematikan dan memulai kembali Mac Anda.

Cara terbaik untuk memulai kembali atau mematikan Mac Anda adalah dengan menggunakan bilah menu. Klik Apple menu > Restart  atau Shut Down.

Ketika kotak dialog muncul menanyakan Reopen windows when logging back in, hapus centang opsi itu. Anda tidak ingin membuka kembali aplikasi yang tidak responsif saat startup.

Paksa Restart Mac Anda

Jika Mac Anda tidak merespons tindakan menu bar, Anda dapat memaksanya untuk memulai kembali. Untuk memaksa restart Mac Anda, tahan tombol Cmd dan Control bersamaan dengan tombol Power sampai layar menjadi kosong dan Mac Anda restart, lalu lepaskan.

PALING VIRAL  Tutorial Javascript code get Date & time ( Kalender ) Bahasa inonesia

Matikan Mac Anda Secara Paksa

Jika semuanya gagal, Anda dapat menekan dan menahan tombol Power hingga Mac Anda mati. Sayangnya, metode ini setara dengan menarik steker, sehingga dapat mengakibatkan hilangnya item yang belum disimpan yang telah Anda buka. Jadi hanya gunakan metode ini jika Mac Anda benar-benar tidak responsif.

Periksa Item Login Mac Anda

Anda dapat membuka aplikasi tertentu saat pertama kali masuk ke Mac. Tetapi jika salah satu aplikasi yang bermasalah ada dalam daftar, ini dapat menyebabkan masalah sejak awal.

Untuk meninjau aplikasi yang dimulai saat Anda masuk, ikuti langkah-langkah ini:

  • Buka System Preferences Anda menggunakan ikon di Dock Anda atau dengan mengklik Apple menu > System Preferences dari bilah menu.
  • Pilih Users & Groups
  • Pilih akun pengguna Anda di sebelah kiri dan beralih ke tab Login Items.
  • Anda akan melihat daftar semua item yang secara otomatis terbuka saat Anda masuk. Untuk menghapus satu dari daftar, pilih dan klik tombol minus di bagian bawah daftar.

Paksa Berhenti dan Mulai Lagi

Semoga, memaksa aplikasi untuk menutup bukan sesuatu yang harus sering Anda lakukan. Tetapi setidaknya Anda sekarang tahu beberapa cara berbeda untuk memaksa keluar dari aplikasi di Mac Anda jika perlu.

Jika Anda memiliki masalah yang konsisten dengan pembekuan aplikasi yang sama atau tidak responsif, mungkin saatnya untuk menghapus instalasi program tersebut dari Mac Anda dan mencari penggantinya lihat artikel kami Cara Menghapus Program Pada Mac.