5 Alat Online Untuk Membuat Gambar Vektor

Alat online ini dapat membantu Anda mengubah gambar bitmap menjadi grafik vektor yang halus dan dapat diskalakan.

Gambar vektor semakin banyak digunakan dalam pekerjaan grafik dan ilustrasi karena skalabilitasnya. Jika Anda sudah memiliki gambar yang ingin diubah menjadi file vektor, ada berbagai alat online yang dapat Anda gunakan.

Dalam artikel ini, kami akan menguraikan alat online gratis dan berbayar yang dapat membantu Anda memvektorisasi gambar.

Apa Itu Gambar Vektor

Saat Anda berurusan dengan foto dan gambar digital, Anda harus sangat familiar dengan gambar “raster” bentuk, warna, dan pada akhirnya gambar yang dibuat oleh kumpulan piksel. Biasanya, ini akan datang dalam format antara lain JPEG, PNG, dan TIFF.

Sementara gambar raster tidak akan kemana-mana di masa mendatang, gambar vektor pasti semakin banyak digunakan. Alih-alih menggunakan piksel, grafik vektor terdiri dari jalur digital.

Karena gambar vektor didasarkan pada titik awal dan akhir jalur, gambar tersebut dapat diubah ukurannya ke atas atau ke bawah sesuai isi hati.

Jika Anda meledakkan gambar bitmap di papan reklame, semua piksel akan ada di sana untuk dilihat penonton. Sementara itu, gambar vektor akan tetap halus dan jelas. Ini membuatnya sangat berguna untuk logo dan grafik lainnya, yang kemudian dapat dicetak pada apa saja mulai dari pena bermerek hingga jet perusahaan.

Cara Membuat Gambar Vektor Secara Online

Anda mungkin memiliki logo atau karya seni yang dapat memanfaatkan keunggulan penskalaan gambar vektor. Mengonversi file raster berbasis piksel menjadi file vektor tentunya merupakan proses yang lebih mudah daripada sebelumnya, berkat pertumbuhan berbagai alat online.

PALING VIRAL  √ 6 Jenis Kesuksesan yang Harus Anda Capai Dalam Hidup

Pada alat di bawah ini, tulisan gambar blog kami akan diubah menjadi vektor.

Gambar di atas adalah raster, jadi Anda akan melihat bahwa piksel terlihat, terutama di bagian tepinya. Ini menciptakan sedikit efek “bergerigi” yang hanya akan lebih terlihat jika dibuat lebih besar. Mari kita lihat apa yang dapat dilakukan alat vektorisasi ini.

VectorMagic

Format gambar yang didukung untuk konversi: JPG, PNG, BMP, dan GIF.

File vektor keluaran: SVG, EPS, dan PDF.

Harga: Diperlukan langganan berbayar untuk mengunduh file.

Alat online ini memiliki antarmuka yang sangat apik dan mudah digunakan. Cukup seret dan lepas gambar Anda ke alat tersebut, dan tekan tombol Konversi. Anda memiliki tiga pilihan format file vektor untuk diunduh: SVG (Scalable Vector Graphics), EPS (Encapsulated PostScript), dan PDF (Portable Document File).

Anda juga memiliki opsi untuk mengizinkan alat tersebut secara otomatis melakukan proses vektorisasi dalam Fully Automatic Mode, atau Anda dapat menyesuaikan pengaturan secara manual.

Sayangnya, tidak mungkin mengunduh file vektor lengkap tanpa berlangganan. Namun dari tangkapan layar saja, Anda dapat melihat bahwa garis-garisnya lebih halus tanpa tepi bergerigi tanda bahwa logo telah di-vektorisasi.

Namun, gradien warna split pada ekor telah menghilang, mungkin karena konversi ini sulit untuk digabungkan. Anda sekarang dapat meledakkan logo ini tanpa kehilangan resolusi.

PALING VIRAL  6 Aplikasi Android Terbaik untuk Mempelajari Cara Memanggang Kue

Photopea

Format gambar yang didukung untuk konversi: JPG, PNG, BMP, GIF, PSD.

File vektor keluaran: SVG, PDF.

Harga: Opsi akun gratis dan premium.

Photopea pada dasarnya adalah editor foto online, tetapi juga menawarkan opsi untuk mengonversi file gambar raster Anda menjadi file vektor. Setelah memuat gambar Anda, Anda dapat melakukan vektorisasi dengan mengklik Image > Vectorize Bitmap.

Anda kemudian akan mendapatkan sejumlah opsi untuk dimainkan, termasuk Colors, Reduce Noise, dan Segmentize.

Sekali lagi, perangkat lunak tidak dapat menerapkan gradien, sesuatu yang perlu dipertimbangkan saat mendesain logo raster untuk melakukan vektorisasi. Namun, tepinya halus dan tajam, meski warna merah pesawat sedikit lebih redup daripada aslinya.

Autotracer

Format gambar yang didukung untuk konversi: JPG, PNG, PDF, JPEG.

File vektor keluaran: SVG, PDF, AI, DXF, EPS, SK, Gbr.

Harga: Gratis, bergantung pada donasi pengguna untuk dukungan finansial.

Autotracer memiliki pendekatan tanpa embel-embel untuk antarmuka penggunanya, dengan serangkaian pengaturan sederhana. Anda dapat memilih jumlah warna pada gambar vektor akhir, serta menyesuaikan pengaturan Detail dan Smoothing.

Setelah bermain-main dengan pengaturan, hasil akhirnya mulus. Namun, gradien sekali lagi belum digabungkan.

Salah satu fitur keren di Autotracer adalah memungkinkan Anda untuk mengatur keluaran akhir untuk mengabaikan latar belakang putih, dan menggunakan saluran alfa sebagai gantinya. Ini sangat membantu jika Anda membuat logo.

Vectorization.Org

Format gambar yang didukung untuk konversi: JPG, PNG, PDF, JPEG.

File vektor keluaran: SVG, PS, EPS, PDF, DXF.

PALING VIRAL  Cara Menambahkan Pintasan Baru Ke Menu "Send To" Di Windows 11

Harga: Gratis, bergantung pada donasi pengguna untuk dukungan finansial.

Dengan antarmuka paling sederhana dari semua alat di daftar ini, Vectorization.org menggunakan proses yang sepenuhnya otomatis tanpa opsi yang dapat disesuaikan. Namun, ini optimized for black and white images only, sehingga logo warna mengalami masalah saat dikonversi.

Dalam hal ini, kami menggunakan varian hitam dan putih sebagai gantinya.

Garis-garisnya lebih halus dan semua bentuknya masih terdefinisi dengan baik, sehingga gambar vektor yang dikonversi ini sekarang dapat diperbesar atau diperkecil tanpa kehilangan resolusi atau lengkungan.

Vectorizer

Format gambar yang didukung untuk konversi: PNG, BMP, JPEG.

File vektor keluaran: SVG, EPS, DXF.

Harga: Akses gratis terbatas, dan opsi akun premium.

Vectorizer memiliki antarmuka yang sangat lengkap dengan berbagai pengaturan, termasuk preset seperti Clip Art dan Tattoo. Setelah bermain-main dengan pengaturan, itu bisa mendekati mereplikasi gradien, meskipun tampak lebih halus setelah dihapus.

Seperti yang Anda lihat, warnanya sesuai dengan aslinya, garisnya halus, dan gambar siap untuk diskalakan.

Alat Online Converter Gambar Vektor

Itu adalah ikhtisar tentang cara mengonversi gambar raster menjadi grafik vektor, sambil menggunakan berbagai alat yang tersedia online. Seperti yang Anda lihat, ada banyak pilihan yang tersedia, masing-masing dengan pengaturan dan fitur yang dapat disesuaikan.

Tetapi jika Anda ingin membuat gambar vektor dari awal, Anda mungkin ingin menggunakan perangkat lunak desain profesional. Untuk itu lihat artikel kami tentang Alternatif Adobe Illustrator Berbasis Browser. Jika Anda belum mampu membeli Adobe Illustrator.