5 Aplikasi Authenticator Terbaik Untuk Menghasilkan Kode 2FA di Mac

Ingin mengamankan akun online Anda dengan otentikasi dua faktor (2FA)? Maka Anda akan memerlukan aplikasi autentikator untuk memindai kode QR yang relevan selama proses penyiapan. Aplikasi semacam itu juga dapat menghasilkan TOTPs (Time-Based One-Time Passwords) yang Anda butuhkan, selain kata sandi login Anda, untuk membuka kunci akun 2FA yang diaktifkan.

Anda dapat menggunakan aplikasi autentikator berbasis web atau memilih dari salah satu aplikasi Mac 2FA gratis yang kami bahas di bawah ini.

Authy 

Authy adalah salah satu layanan 2FA pertama di tempat kejadian dan telah menjadi favorit banyak orang. Ini menawarkan aplikasi untuk Mac, Windows, Chrome, dan perangkat seluler. 

Setelah Anda menginstal aplikasi Mac dan masuk ke akun Authy Anda, Authy menyapa Anda dengan daftar kosong dan tombol plus. Klik tombol itu untuk mulai menambahkan akun 2FA Anda. Aplikasi ini tidak mendukung pemindaian kode QR, jadi Anda harus menempelkan kunci rahasia atau kode yang dibagikan oleh layanan yang ingin Anda aktifkan 2FA.

Ingatlah bahwa banyak layanan menyembunyikan kunci rahasia ini secara default dan hanya menampilkan kode QR yang relevan. Biasanya, ada tombol atau tautan yang menyertai untuk mengungkapkan kunci rahasia seandainya Anda tidak dapat memindai kode QR.

Authy memungkinkan Anda memberi kode warna pada setiap akun. Anda juga dapat memilih dari kode 6 digit, 7 digit, dan 8 digit.

PALING VIRAL  √ Inilah 9 Fitur WhatsApp Terbaru di Tahun 2022

Unduh: Authy (Gratis)

Step Two 

Step Two sesederhana yang didapat aplikasi, itulah yang kami sukai. Tidak ada akun untuk mendaftar sebelum Anda dapat mulai menggunakannya. 

Anda dapat menambahkan akun online Anda ke Langkah Dua dengan salah satu opsi berikut:

  • Pindai kode QR dari akun yang ingin Anda aktifkan 2FA.
  • Tambahkan kunci rahasia akun dan beberapa detail akun lainnya secara manual.

Anda tidak akan menemukan banyak cara pengaturan aplikasi, meskipun untuk bersikap adil, Anda tidak perlu banyak. Langkah Dua hanya memungkinkan Anda menyortir akun secara manual dan alfabet, selain mencadangkannya ke iCloud.

Kurangnya fitur impor dapat terbukti menjadi kelemahan utama jika Anda memiliki banyak data yang ada yang perlu Anda migrasi.

Unduh: Step Two (Gratis)

Authenticator 

Kami tidak bisa membantu tetapi menyelinap masuk, meskipun secara teknis ini adalah aplikasi berbasis browser daripada aplikasi Mac. Ini adalah ekstensi Chrome sumber terbuka yang berfungsi offline. 

Baca Juga

Seperti kebanyakan aplikasi authenticator, Authenticator memungkinkan Anda menambahkan akun 2FA baik dengan memindai kode QR atau dengan memasukkan kunci rahasia secara manual. Metode pertama adalah metode default.

Setelah Anda menginstal ekstensi, klik tombol bilah alat lalu tombol Pindai kode QR di dalam sembulan yang muncul. Tentu saja, Anda harus memiliki halaman web dengan kode QR yang tepat dan siap untuk digunakan di latar belakang.

PALING VIRAL  Cara Mengubah Ukuran Gambar di Mac Menggunakan Photos Atau Preview

Ingin menggunakan kunci rahasia alih-alih kode QR? Pertama, klik tombol Edit (ikon pensil) di sebelah tombol Pindai kode QR. Lalu, klik tombol tambah besar untuk membuka opsi Entri Manual yang Anda cari.

Authenticator juga memiliki versi Firefox dan Microsoft Edge. Sayang sekali tidak ada ekstensi Safari yang serupa.

Unduh: Authenticator (Gratis)

Secrets

Banyak pengelola kata sandi sekarang berfungsi sebagai aplikasi autentikator. Secrets adalah salah satunya, dan itu membuat pengaturan kode 2FA mudah. 

Untuk menambahkan akun 2FA ke Rahasia, pertama-tama tambahkan entri kata sandi untuk akun tersebut melalui opsi File> Item Baru atau opsi File> Baru> Login. Di bidang Kata Sandi Satu Kali untuk entri, klik ikon pemindai kode QR di ujung. Ini menangkap kode QR yang tersedia di tab aktif di Safari atau peramban lain yang terbuka.

Tekan tombol Selesai untuk menyimpan entri kata sandi. OTP baru kemudian muncul di bidang Kata Sandi Satu Kali dari waktu ke waktu.

(Pastikan Anda tidak membuka banyak peramban dengan tab aktif yang menampilkan kode QR untuk akun yang berbeda. Rahasia sepertinya menangkap kode dari tab yang dibuka terlebih dahulu, yang dapat menimbulkan kebingungan.)

Jika Anda ingin mengaktifkan pengaturan 2FA untuk kata sandi yang telah Anda buat di Rahasia, klik tombol Edit untuk entri dan kemudian tambahkan kode QR. Ingatlah untuk menekan tombol Selesai di akhir untuk menyimpan perubahan.

PALING VIRAL  Cara Mentransfer Kontak Dari iPhone ke iPhone

Ingat, jika Anda memiliki langganan Setapp, Anda tidak perlu membayar secara terpisah untuk versi aplikasi premium.

1Password, salah satu pengelola kata sandi terbaik untuk pengguna Mac, juga dilengkapi dengan dukungan untuk OTP berbasis waktu.

Unduh: Secrets (Gratis, tersedia versi premium)

KeePassXC 

Jika Anda lebih suka solusi open-source, coba KeePassXC. Ini adalah aplikasi manajemen kata sandi lain yang menghasilkan kode 2FA. 

Untuk menambahkan akun 2FA ke KeePassXC, setelah Anda membuka aplikasi:

  • Klik pada opsi Buat basis data baru untuk mengatur basis data kata sandi dengan kata sandi master yang aman. (Anda tidak perlu melakukan ini jika Anda sudah menggunakan KeePassXC sebagai pengelola kata sandi Anda.)
  • Buat entri kata sandi untuk akun 2FA dengan mengklik Entri> Entri baru dan mengisi kredensial login yang diperlukan.
  • Klik tombol OK untuk menyimpan entri, lalu simpan perubahan ke database.
  • Klik TOTP> Siapkan TOTP dari menu konteks untuk akun.
  • Pindai kode QR yang dihasilkan oleh akun online yang bersangkutan untuk memberikan izin untuk menghasilkan OTP.

Setelah akun 2FA berada di tempatnya, Anda bisa mendapatkan OTP berdasarkan waktu melalui TOTP> Copy TOTP dan TOTP> Show TOTP sub menu Option.

Unduh: KeePassXC (Gratis)

Baca Juga