5 Aplikasi Jurnal Berbagai Cara Membuat Buku Harian Untuk Kesehatan Mental

Aplikasi penjurnalan digital gratis ini menawarkan opsi yang berbeda, seperti penjurnalan aliran pemikiran, penulisan buku harian klasik, dan penjurnalan rasa syukur.

Aplikasi penjurnalan digital gratis ini menawarkan opsi yang berbeda, seperti penjurnalan aliran pemikiran, penulisan buku harian klasik, dan praktik seperti penjurnalan rasa syukur. Pilih yang paling berhasil.

Membuat jurnal harian adalah salah satu praktik kesehatan mental terbaik. Ini membantu Anda menghadapi suasana hati yang berbeda, mengosongkan pikiran Anda, dan bisa menjadi cara untuk memusatkan diri. 

Bagaimana Anda membuat jurnal dan gaya apa yang Anda pilih terserah Anda. Tujuannya adalah untuk menciptakan kebiasaan menulis jurnal, dan aplikasi ini hanyalah alat untuk mencapainya.

ZenJournal (Android, iOS): Penjurnalan Tercepat untuk Aliran Pemikiran Yang Berkelanjutan

Aplikasi buku harian klasik membuat entri baru untuk setiap hari, meminta judul dan ruang untuk menulis pemikiran Anda untuk hari itu. ZenJournal menata ulang gagasan penjurnalan dengan menciptakan ruang untuk aliran pemikiran berkelanjutan yang tidak dipisahkan oleh tanggal.

Fokusnya adalah pada penambahan fitur yang memudahkan dan mempercepat Anda untuk membuat jurnal. Misalnya, Anda memulai aplikasi dan baru mulai menulis. Pengembang percaya bahwa dengan mengurangi langkah, Anda akan lebih sering membuat jurnal.

ZenJournal juga mengutamakan privasi. Dengan mengetuk dua kali pada teks, Anda dapat mengaburkannya sambil terus mencatat pemikiran Anda, yang sangat bagus di tempat umum. Terus mengetik dan log Anda akan dikaburkan saat Anda menggunakannya. Selain itu, semua data disimpan secara lokal di ponsel Anda saja, tanpa sinkronisasi online. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda menguncinya dengan sidik jari atau pengenalan wajah.

PALING VIRAL  Belajar kode html Strong, Br, S, Q, dan adress Tag

Tanggal disimpan secara otomatis di aplikasi, untuk berjaga-jaga jika Anda ingin bolak-balik. Anda juga dapat menambahkan tagar saat menulis untuk melacak suasana hati atau perilaku lainnya. Dan itu mendukung pencarian terpadu untuk semua entri Anda. Peta panas, yang dapat Anda tarik kapan saja, menunjukkan 100 hari terakhir penjurnalan Anda.

Gold (Android, iOS): Satu Kalimat Sehari jika Jurnal Reguler Terlalu Banyak

Jika Anda tidak dapat menangani praktik harian menulis entri buku harian, Gold adalah aplikasi jurnal untuk Anda. Ini dirancang oleh seseorang yang mencoba beberapa aplikasi jurnal, menyerah dan memutuskan untuk membuat aplikasi yang masih memungkinkan Anda membuat jurnal setiap hari tanpa merasa kewalahan. Ini benar-benar gratis, tanpa pembelian dalam aplikasi atau iklan.

Gold adalah tentang menyimpan satu “golden nugget” memori setiap hari. Anda dibatasi hingga 100 karakter dalam entri, jadi Anda benar-benar harus memikirkan bagian hari mana yang menjadi sorotan Anda. Ini adalah cara baru yang bagus untuk mendekati penjurnalan, terutama ketika Anda mencoba menciptakan kebiasaan sehari-hari. Jika Anda melewatkan satu hari, mudah untuk kembali dan menambahkan satu kalimat tentang kemarin, bukan?

Gold juga terhubung dengan galeri ponsel Anda untuk mengimpor foto secara otomatis untuk dilampirkan ke jurnal Anda. Anda juga dapat menambahkan tag ke setiap entri untuk memudahkan pencarian nanti. Seiring waktu, saat Anda membuat jurnal, Gold akan menunjukkan kepada Anda kenangan dari masa lalu untuk mengingatkan Anda dari mana Anda berasal.

Quid Sentio (Web): Bagikan Jurnal Anda Dengan Teman Dekat

Gagasan yang berlaku adalah bahwa jurnal seharusnya bersifat pribadi dan hanya untuk mata Anda. Tetapi jika Anda memiliki beberapa teman dekat atau pasangan yang ingin Anda ajak bicara tentang segala hal, maka Quid Sentio adalah aplikasi luar biasa untuk berbagi buku harian Anda.

Aplikasi web memungkinkan Anda membuat entri baru dalam beberapa cara. Anda dapat menulis teks seperti posting jurnal biasa atau merekam pesan audio hingga empat menit. Anda juga dapat menambahkan gambar dan hanya melacak suasana hati Anda untuk hari itu. Terakhir, Anda dapat menambahkan tag ke entri Anda untuk memudahkan pencarian nanti.

Secara default, setiap entri diatur ke pribadi. Tetapi setelah Anda menambahkan teman Anda di Quid Sentio, Anda dapat memilih untuk membuat entri jurnal apa pun terlihat oleh teman-teman yang dipilih. Jadi, katakanlah Anda tidak ingin menulis apa pun, membuat suasana hati Anda buruk, dan membagikannya dengan teman-teman; mereka masih dapat menghubungi Anda. Ini adalah jenis buku harian digital yang membantu meningkatkan kesehatan mental dengan cara yang kecil tapi signifikan.

Diary.by (Web): Aplikasi Jurnal yang Ramah Privasi, Minimalis, dan Mudah

Privasi adalah masalah yang melekat dalam aplikasi buku harian. Anda tidak ingin orang lain membaca pemikiran pribadi ini, dan bahkan algoritme yang mencoba membuat profil untuk mengirimi Anda iklan pun tidak. Diary.by adalah aplikasi penjurnalan sederhana yang ramah privasi tanpa iklan atau pelacakan. Faktanya, pengembang membuat poin untuk menulis kebijakan privasi tanpa legal, sehingga siapa pun dapat memahami dengan tepat data pribadi apa yang dikumpulkannya.

Fokus lain dari Diary.by adalah menjadi minimalis dan lugas. Ya, memiliki banyak fitur dalam aplikasi penjurnalan itu bagus. Tetapi umumnya juga mengarah ke aplikasi yang membengkak. Diary.by membuatnya sederhana dengan pengkodean minimal (mengarah ke waktu muat yang cepat), perpustakaan pihak ketiga, fitur berbagi sosial, dan lonceng dan peluit yang tidak perlu lainnya.

PALING VIRAL  Cara Mematikan Windows Defender Sementara dan Selamanya

Jadi yang Anda dapatkan adalah aplikasi buku harian sederhana untuk menulis entri jurnal, menyimpannya sebagai draf, dan menerbitkannya. Baca entri masa lalu Anda dan buat entri masa depan seperti blog pribadi.

Three Things Daily (Web, Android, iOS): Jurnal Syukur Sederhana Dengan Twist Sosial

Filosofi Tiga Hal Baik adalah praktik populer dalam jurnal syukur hari ini. Ide dasarnya adalah menulis tiga hal baik yang terjadi pada Anda hari ini, atau Anda syukuri. Semakin banyak Anda melakukannya, semakin Anda mulai memperhatikan hal-hal yang harus disyukuri dalam kehidupan sehari-hari Anda. Three Things Daily (3TD) adalah aplikasi sederhana untuk mempraktikkan filosofi ini.

Setiap hari, 3TD akan meminta Anda untuk menulis tiga bagian ucapan terima kasih itu, masing-masing dalam kotaknya yang terpisah. Anda juga dapat membuka aplikasi kapan saja dalam sehari dan mencatat peristiwa saat itu terjadi. Itu tidak harus menjadi acara penting; apa pun yang membuat Anda merasa baik bisa masuk. Dan buatlah singkat sehingga Anda merasa ingin lebih sering menulis di aplikasi.

PALING VIRAL  7 Cara Membuat iPad Anda Seperti MacBook

3TD juga menampilkan postingan ucapan terima kasih terbaru dari pengguna lain, seperti umpan kebaikan sosial. Bagi mereka yang baru mengenal latihan ini, ini bisa menjadi latihan instruksional yang bagus tentang bagaimana melakukan latihan ‘tiga hal baik’ dan berfungsi sebagai faktor perasaan-baik.

Unduh: Three Things Daily untuk Android | iOS (Gratis)

Sudahkah Anda Mencoba Jurnal Kertas

Aplikasi dan situs web membuat kebiasaan menulis jurnal lebih mudah karena memiliki kemampuan untuk menulis pemikiran Anda di mana saja membuat Anda lebih mungkin melakukannya. Tapi itu tidak berarti itu akan berhasil untuk Anda.

Bahkan, beberapa praktisi jurnal harian lebih memilih sistem pena dan kertas yang kuno. Mereka mengatakan itu adalah pelepasan katarsis dan terasa lebih pribadi dan intim daripada mengetuk keyboard. Patut dicoba jika Anda selalu terjebak dengan aplikasi penjurnalan digital.