5 Aplikasi Penyorot Untuk Anotasi Teks, Video, atau Podcast Online

Mengingat apa yang Anda konsumsi secara online bisa jadi sulit. Gunakan aplikasi penyorot modern gratis ini untuk membuat anotasi teks, video, dan podcast.

Sumber utama penelitian setiap orang saat ini adalah internet. Saatnya membuang pena stabilo lama dan menggunakan alat modern gratis ini untuk membuat anotasi apa pun secara online.

Data datang dalam berbagai bentuk hari ini. Saat Anda melakukan penelitian, Anda perlu membaca artikel online, mengambil buku fisik, menonton video di internet, dan bahkan mendengarkan podcast. Anda perlu menyoroti dan memberi anotasi pada berbagai sumber ini dan mengingat mengapa Anda menandai sesuatu. Di situlah alat gratis ini akan berguna.

LINER (Android, IOS, Web): Alat Sorotan dan Anotasi Semua Format Termudah

Liner telah ada selama beberapa tahun sekarang dan merupakan salah satu alat sorotan dan anotasi terbaik di web. Pembaruan terkini telah membuatnya lebih baik dari sebelumnya, dan sangat mudah digunakan pada banyak perangkat untuk disinkronkan bersama.

Instal aplikasi di ponsel Anda dan ekstensi di browser Anda, lalu masuk dengan akun yang sama. Di perangkat seluler, bagikan tautan apa pun ke Liner untuk membukanya di aplikasi. Di sana, sorot bagian teks mana pun dengan menekan lama (warna kuning dan hijau tersedia dalam versi gratis).

Sorotan akan muncul dalam satu daftar setelah Anda keluar dari halaman anotasi. Anda dapat mengelompokkan beberapa anotasi atau tautan ke dalam satu folder (versi gratis memungkinkan hingga tiga folder). Menelusuri aplikasi Liner memberi Anda semua sorotan dan judul tautan.

PALING VIRAL  6 Cara Mengetik Simbol Cina dan Karakter Asing Lainnya di Windows

Catatan: Liner mengatakan aplikasinya untuk ponsel Samsung, tersedia di Samsung Galaxy Store, lebih diperbarui dan dianggap sebagai aplikasi “resmi” untuk Android.

TLDRticle (Chrome): Menyimpan Sorotan Dan Anotasi Di Google Docs

Evernote dan Microsoft OneNote memungkinkan Anda menyimpan sorotan dan anotasi di aplikasi mereka sendiri. Tidak ada sistem serupa untuk menyimpan sorotan ke Google Docs. Sampai sekarang. TLDRticle adalah cara termudah untuk menambahkan informasi penelitian ke file Google Docs Anda sendiri.

Sorot teks pada halaman web mana saja dan klik untuk melihat dua opsi: TLDRticle it atau Comment atau komentar yang disalin ini akan secara otomatis ditambahkan ke file Google Doc default untuk tugas penelitian Anda. Anda dapat membuat beberapa Google Dokumen di dalam dasbor TLDRticle, dan memilih file mana yang akan ditambahkan.

Untuk memunculkan dasbor, tekan ikon ekstensi atau pintasan (Ctrl + Alt + Z). Anda dapat menggunakan dasbor ini untuk mencari halaman web saat ini untuk beberapa kata kunci atau angka, yang akan disorot secara otomatis. Jadi, ketika Anda memindai artikel yang panjang, lebih mudah menemukan materi yang ingin Anda tempelkan ke Google Doc.

Ekstensi ini juga memudahkan untuk mengambil screenshot dari halaman saat ini dan secara otomatis menambahkannya ke dokumen, dan Anda juga dapat menyorot gambar dengan cara yang sama. Tentu saja, di halaman mana pun Anda menggunakan TLDRticle, halaman tersebut otomatis ditambahkan sebagai header besar di file.

Unduh: TLDRticle untuk Chrome (Gratis)

TagX (Web): Sorot Dan Anotasi Bagian YouTube Atau Video Lainnya

Begitu banyak konten online sekarang dalam video sehingga Anda juga memerlukan alat untuk menyorot dan menjelaskannya. TagX bekerja dengan YouTube, Vimeo, dan tautan video umum lainnya bagi Anda untuk menandai bagian menarik dari video apa pun.

Aplikasi ini menganotasi video dengan dua cara: Tags dan Tracks. Gunakan Tag untuk menandai awal dan akhir setiap bagian, dan mengapa itu menarik. Jika Anda menggunakan tag yang sama di beberapa bagian, Anda akan membuat “Lacak” untuk itu. Ini seperti membuat daftar putar mini dari video tertentu untuk menyoroti topik tertentu dalam klip itu.

PALING VIRAL  Cara Menjadwalkan Waktu Mode Terang dan Gelap di Windows 11

Setelah Anda selesai memberi tag, Anda dapat membagikan URL TagX dengan siapa pun. Anda juga dapat menyesuaikan tata letak tampilan tautan bagi pemirsa baru. Anda tidak perlu mendaftar untuk menggunakan TagX, tetapi Anda ingin mendaftar untuk menyimpan kreasi Anda dari waktu ke waktu.

Notecast (Android, IOS): Sorot 30 Detik Terakhir Podcast

Beberapa pemikir terbaik di dunia sedang melakukan percakapan terbaik mereka di podcast hari ini. Anda tidak dapat melakukan penelitian tanpa mendengarkan beberapa episode. Notecast ingin menjadi alat penyorot untuk podcast dengan cara yang cerdas dan alami.

Seperti aplikasi podcast terbaik lainnya, tambahkan serial dan mulai dengarkan sebuah episode. Setelah Anda mendengar sesuatu yang ingin Anda tandai nanti, ketuk atau tekan lama tombol sorot. Ketukan menambahkan penanda kecil, sementara tekan lama memungkinkan Anda menambahkan tag atau catatan ke titik tersebut dalam episode.

Sorotan akan menandai 30 detik terakhir podcast, yang merupakan fitur pintar karena Anda tidak perlu kembali ke masa lalu. Plus, Notecast juga akan secara otomatis mentranskripsikan bagian itu, memberi Anda catatan teks bersama dengan klip audio. Ini luar biasa dan semoga menjadi fitur standar di semua aplikasi podcast pada akhirnya.

Versi gratis Notecast memungkinkan Anda merekam dua catatan per podcast dan didukung oleh iklan. Versi berbayar tidak memiliki batasan pada catatan, dan juga menyertakan ringkasan email mingguan dari semua catatan Anda.

PALING VIRAL  7 Langkah Mudah Cara Membuat Video TikTok

Readgraphy (Android, IOS, Web): Anotasi Buku Nyata Di Ponsel Anda

Terkadang, Anda harus bergantung pada buku fisik untuk penelitian Anda. Di dunia modern, Anda tidak memerlukan pena stabilo dan catatan tempel untuk anotasi. Keluarkan ponsel Anda, jepret foto, dan sorot di Readgraphy.

Aplikasi seluler gratis memudahkan untuk menambahkan catatan saat Anda membaca buku sungguhan. Anda dapat langsung mengambil foto, atau menambahkan gambar dari galeri. Pangkas halaman buku, lalu gunakan warna yang berbeda untuk menyorot garis. Ini seperti bagaimana Anda akan melakukannya di dunia nyata, tetapi sekarang semuanya ada di ponsel Anda.

Praktik yang baik untuk menambahkan beberapa catatan dan tag di setiap sorotan. Misalnya, nomor halaman atau teks yang Anda soroti. Ini memudahkan Readgraphy untuk menelusurinya nanti, atau mengekspornya dalam catatan. Anda juga dapat memeriksa semua catatan Anda di browser web.

Aplikasi ini memungkinkan Anda mencari di Google Buku untuk menambahkan judul, kemudian membuat catatan di setiap judul. Versi gratisnya dapat mengonversi gambar menjadi teks 30 kali per bulan, memungkinkan hingga 100 catatan, dan tidak mengekspor ke PDF. Versi berbayar tidak memiliki batasan seperti itu.

Kompilasi Semuanya Di Notebook

Berbagai alat penyorot dan anotasi ini bukanlah akhir dari perangkat penelitian Anda. Itu adalah alat untuk menandai data yang Anda butuhkan sementara Anda terus mencari item. Tetapi sama pentingnya untuk meninjau kembali sorotan ini dan menyusunnya menjadi buku catatan atau jurnal penelitian yang berbeda.

Sekali lagi, Anda dapat mencoba alat online untuk itu. Baik Evernote dan Microsoft OneNote dirancang untuk penelitian semacam itu, dan ada aplikasi buku catatan alternatif gratis yang layak untuk dicoba juga. Dalam hal ini, Anda dapat membuat catatan terstruktur berdasarkan sorotan masa lalu, bukan hotchpotch anotasi acak.