5 Aplikasi Virtual Reality Windows Terbaik Untuk Meningkatkan Produktivitas

Tahukah Anda bahwa headset VR Anda dapat melakukan lebih dari sekadar bermain game? Berikut adalah beberapa cara untuk menjadikan headset sebagai pembangkit tenaga produktivitas.

Virtual Reality adalah teknologi mutakhir yang sejauh ini digunakan terutama untuk tujuan hiburan dan media. Anda dapat memainkan banyak game menarik di Headset VR Anda, tetapi mungkin berakhir dengan mengumpulkan debu selama periode tersibuk dalam hidup Anda.

Untungnya, industri VR berkembang lebih dari sekadar game. Jika Anda memiliki Headset VR, Anda memiliki akses ke perpustakaan aplikasi produktivitas yang terus berkembang. Program ini dirancang untuk meningkatkan alur kerja Anda atau membantu tugas dengan cara yang inovatif.

Berikut adalah daftar singkat aplikasi Virtual Reality yang dapat membantu meningkatkan produktivitas Anda.

Headset Berbeda, Perangkat Lunak Berbeda

Semua aplikasi berikut asli untuk platform Windows, artinya jika Anda adalah pengguna Oculus Quest 1 atau 2, sebagian besar program ini tidak akan tersedia untuk Anda. Ini dengan pengecualian pengguna Quest yang memiliki akses ke Air Link. Mungkin juga ada versi aplikasi eksklusif Oculus Quest, jadi selalu layak untuk dilihat. Selain itu, semua program yang terdaftar tersedia untuk SteamVR.

Virtual Desktop

Virtual Desktop adalah solusi untuk pemirsa desktop default yang umumnya kikuk yang tersedia untuk SteamVR dan Oculus.

Jika Anda mencoba menavigasi desktop Anda dengan perangkat lunak VR default, Anda mungkin melihat kesulitan dalam penskalaan teks, mengetik dengan kecepatan yang layak, atau bahkan mengatur klik kiri.

Virtual Desktop memperbaiki semua itu. Ini benar-benar merombak pengalaman berinteraksi dengan desktop Anda. Ini memperkenalkan kontrol intuitif dan dapat disesuaikan untuk berinteraksi dengan jendela, menggulir, mengetik, dan bahkan mengelola file.

Ditetapkan dengan latar belakang pilihan Anda, Virtual Desktop akan membuat Anda melakukan semua aktivitas biasa tanpa harus meraih mouse dan keyboard. Ini ideal sebagai program yang berjalan secara pasif untuk aktivitas terkait pekerjaan lainnya, atau bahkan sebagai cara untuk bersantai dan menghargai kekuatan sistem Anda.

PALING VIRAL  √ Cara Mempercepat Koneksi Internet di Semua Android (Settingan APN)

Sangat dapat disesuaikan dan dengan dampak rendah pada kinerja, Virtual Desktop sepadan dengan harga yang diminta. Sayangnya, tidak ada versi gratis dari program ini yang tersedia.

XSOverlay

Dikombinasikan dengan hal di atas, aplikasi ini berfungsi sebagai fondasi roti dan mentega untuk setiap ruang virtual yang produktif.

XSOverlay adalah kebalikan dari Virtual Desktop. Alih-alih menghadirkan VR ke desktop Anda, program ini membawa desktop Anda ke dalam VR.

Untuk memperjelas apa artinya, XSOverlay memungkinkan Anda membuat overlay independen dari monitor, jendela, atau aplikasi terpisah, di ruang virtual apa pun. Contoh singkatnya adalah menulis daftar tugas dan mengikatnya ke bagian belakang tangan virtual Anda.

Dengan overhead kinerja yang ringan dan beragam pilihan, XSOverlay dapat masuk ke dalam alur kerja virtual apa pun yang dapat Anda bayangkan. Itu datang pada titik harga rendah, juga.

NODA

NODA menawarkan fungsionalitas pemetaan pikiran dalam ruang 3D sepenuhnya. Rencanakan ide, tautkan bersama, dan saksikan web Anda menjadi semakin kompleks.

Pemetaan pikiran adalah metode yang terbukti benar untuk mengarahkan ide-ide Anda secara visual. Jika berhasil untuk Anda, NODA akan membawa brainstorming Anda ke ruang virtual. Ini memiliki semua fungsi mind mapper dasar yang Anda harapkan, seperti menyesuaikan simpul ide Anda, input teks, gambar, dan banyak lagi.

Dibawa ke ruang 3D, konsep pemetaan pikiran ini dapat diwujudkan dengan cara yang sama sekali baru.

Dengan sesuatu seperti XSOverlay, Anda akan dapat dengan mudah membawa dan menyematkan lembar referensi, dokumen, atau item lain yang penting untuk alur kerja Anda.

NODA tersedia secara gratis, dengan paket peningkatan opsional untuk lebih banyak fitur.

Unduh: NODA (Gratis, tersedia versi premium)

ENGAGE

Jika Anda pernah menggunakan Microsoft Teams untuk melakukan bisnis apa pun, Anda sudah tahu kekurangan obrolan video modern. Terlepas dari kualitas koneksi, bekerja dengan tim Anda melalui serangkaian obrolan video akan selalu kurang dari ideal.

ENGAGE memperbaiki setidaknya beberapa kekurangan tersebut. Digambarkan sendiri sebagai platform komunikasi canggih, ENGAGE membawa hampir semua fungsi Teams ke dalam ruang virtual 3D sepenuhnya.

PALING VIRAL  Tutorial Javascript memahami fungsi String, Variable, getElementById, GetElementByClass

Ini berarti Anda dan tim Anda dapat menyelenggarakan rapat, berbagi media, membuat catatan, dan membuat notulen, semuanya di headset VR Anda.

Berada di VR, tentu saja, membawa beberapa manfaat tambahan. Anda dapat menyelenggarakan rapat di ruang konferensi virtual, dan meledakkan media Anda menggunakan proyektor. Bagaimana kalau mencoret-coret catatan itu di notepad yang sebenarnya dan membagikannya? Anda bahkan dapat bertepuk tangan untuk ide yang bagus.

ENGAGE mungkin agak terbatas cakupannya saat ini, mengingat kemungkinan seluruh tim Anda tidak akan memiliki akses ke perangkat keras yang diperlukan. Namun, ini tersedia secara gratis di tingkat dasar, artinya jika Anda sudah memiliki headset, tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Unduh: ENGAGE (Gratis, berlangganan tersedia)

CalcFlow

Alat yang lebih terspesialisasi, CalcFlow ditujukan untuk mereka yang mencoba memahami, atau memanfaatkan, konsep matematika tingkat lanjut.

Anda akan menemukan lebih dari sekadar kalkulator VR di CalcFlow. Menampilkan contoh masalah yang berhubungan dengan kalkulus vektor, fungsi parametris, dan aljabar linier, CalcFlow bertujuan untuk membawa proses pembelajaran atau pemahaman konsep matematika tingkat lanjut ke dalam VR.

CalcFlow memungkinkan manipulasi langsung properti matematika dengan tangan Anda. Anda juga dapat membuat catatan dan memasukkan variabel Anda sendiri untuk memanipulasi salah satu preset.

Siswa, dan mereka yang bekerja dengan konsep-konsep ini, akan sangat diuntungkan dengan dapat menerapkan model-model ini dalam ruang yang sepenuhnya virtual.

CalcFlow gratis, dan dengan overhead kinerja rendah, berjalan dengan baik bersama aplikasi seperti Virtual Desktop atau XSOverlay. Ini juga berarti bahwa, dengan beberapa hamparan video YouTube, Anda dapat dengan mudah menggunakan program ini untuk mempelajari prinsip-prinsip ini sendiri.

Cara Kerja di Virtual Reality

Konsep mengikat headset dan mencoba menyelesaikan pekerjaan yang sebenarnya mungkin tampak sedikit aneh bagi sebagian orang. Penting untuk memahami manfaat, serta batasannya, memperkenalkan ruang virtual ke dalam alur kerja Anda.

PALING VIRAL  √ Buruan beli, Inilah 5 HP Realme Turun Harga Terbaru

Pertama, Anda harus ingat bahwa headset VR menghasilkan panas saat bekerja, jadi bekerja di lingkungan yang sejuk sangat disarankan. Menyesuaikan kursi Anda dengan pertimbangan ergonomis biasa juga merupakan keharusan.

Bekerja dengan headset VR melibatkan akuntansi untuk sebagian besar hal yang akan Anda perhitungkan saat menyiapkan kantor rumah Anda sendiri, termasuk postur yang baik. Kami telah membahas cara menjaga postur tubuh yang sehat saat bekerja dari rumah, jadi pastikan untuk memeriksanya dan selamatkan punggung Anda dari masalah di masa depan.

Selain itu, pastikan Anda menjaga meja Anda sejelas mungkin. Kemungkinan besar Anda masih menggunakan keyboard atau mouse dalam beberapa langkah alur kerja Anda. Sangat penting untuk memiliki akses cepat ke mereka tanpa risiko menabrak apa pun.

Terakhir, pastikan headset Anda disetel dengan benar, dan istirahatlah jika diperlukan. Mabuk perjalanan umumnya tidak menjadi masalah jika Anda duduk, tetapi ini bervariasi dari orang ke orang. Lacak perasaan Anda, dan jangan memaksakan diri terlalu jauh.

Alur Kerja Virtual Reality

VR dapat membantu dalam banyak alur kerja yang berbeda, mulai dari menulis hingga melukis. Dengan hanya dua aplikasi pertama yang terdaftar, Anda dapat menghasilkan ruang kerja virtual yang jauh lebih besar dan lebih intuitif daripada meja kerja kehidupan nyata Anda.

Jika Anda menemukan niche Anda, Anda akan menghargai ruang virtual untuk apa yang dapat Anda lakukan. Itu dapat mengubah bahkan kantor terkecil menjadi kanvas yang benar-benar tak terbatas untuk bekerja.

Dari game hingga media dan sekarang produktivitas, VR perlahan-lahan bekerja di setiap industri. Ini membawa metode desain dan aplikasi baru yang kreatif, tetapi juga dilengkapi dengan beberapa persyaratan perangkat keras yang relatif berat. Terlepas dari kekurangannya, ada potensi yang sangat nyata bahwa VR bisa ada di mana-mana di masa depan.