5 Cara Memperbaiki Bilah Tugas (Taskbar) Windows Yang Tidak Berfungsi

Jika bilah tugas Windows Anda tidak berfungsi dengan sendirinya, berikut adalah beberapa perbaikan untuk membantu memperbaikinya kembali.

Bukan hal yang aneh bagi pengguna Windows untuk menemukan bilah tugas bertindak tidak normal tanpa alasan yang jelas. Entah Anda melihat beberapa ikon hilang, kursor menghilang saat menyeret bilah tugas, atau bilah berhenti merespons atau bahkan menghilang.

Memulai ulang komputer biasanya memperbaiki masalah apa pun dengan bilah tugas Anda, tetapi ada kalanya masalahnya lebih parah. Jika memulai ulang PC Anda tidak menyelesaikan masalah, baca terus karena kami membahas beberapa cara terbaik untuk memperbaiki bilah tugas Windows yang tidak berfungsi.

Mengembalikan Bilah Tugas Windows Kembali ke Jalur

Sebelum Anda terjebak ke dalam detail yang lebih baik, pertama-tama pastikan Anda tidak mengubah ukuran bilah tugas secara tidak sengaja. Tidak ada perbaikan yang akan berfungsi jika Anda telah mengubah ukuran bilah tugas di bawah layar. Untuk mengonfirmasi itu, gulir ke bawah ke tepi bawah layar Anda untuk melihat apakah ikon ubah ukuran muncul di sana. Jika ya, cukup ubah ukurannya ke atas.

Jika ini tidak berlaku untuk Anda, saatnya menyingsingkan lengan baju Anda dan mencoba beberapa trik ini.

Perlihatkan Bilah Tugas

Di Windows, Anda dapat mengaktifkan opsi yang secara otomatis menyembunyikan bilah tugas saat Anda tidak menggunakannya. Setelah Anda mengaktifkan opsi ini, Anda hanya akan melihat bilah tugas di bagian bawah layar saat Anda memindahkan kursor ke dekatnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa mengaktifkan opsi sembunyikan otomatis tidak mengakibatkan bilah tugas Anda sepenuhnya tersembunyi.

PALING VIRAL  Panduan Langkah Demi Langkah Cara Menggunakan iPhone Anda sebagai Webcam

Bahkan jika bilah tugas tidak muncul saat memindahkan kursor, sebaiknya pastikan opsi sembunyikan otomatis dinonaktifkan di pengaturan bilah tugas. Anda dapat dengan cepat mematikan opsi ini di Control Panel, tetapi karena bilah tugas tidak tersedia, Anda tidak dapat menggunakan semua cara tradisional untuk membuka panel kontrol menggunakan bilah tugas.

Untungnya, Anda dapat mengakses Control Panel melalui jendela perintah Run. Tekan tombol Windows + R, ketik Control Panel (dengan spasi antara Control dan Panel), lalu klik OK. Dari panel kontrol, klik Taskbar and Navigation.

Anda akan dibawa ke pengaturan Personalisasi di aplikasi settings Windows. Matikan sakelar untuk Automatically hide the taskbar in desktop mode.

Verifikasi bahwa bilah tugas Anda kembali normal. Jika tidak, lanjutkan dengan perbaikan lainnya.

Mulai Ulang Layanan Bilah Tugas

Proses Explorer.exe adalah tulang punggung fungsionalitas bilah tugas Anda. Jika proses ini macet atau dinonaktifkan, bilah tugas membeku atau menghilang seketika. Selain itu, karena Explorer.exe juga menangani ikon desktop Anda, itu juga akan hilang. 

Dengan demikian, jika Anda mengalami masalah bilah tugas, ada baiknya untuk memverifikasi bahwa Explorer.exe berjalan, bahkan jika ikon desktop Anda tampak baik-baik saja untuk saat ini.

Catatan: File Explorer terkadang disebut Windows Explorer. Keduanya sama.

Untuk melakukan ini, tekan tombol Windows + R untuk membuka perintah Windows Run. Kemudian ketik taskmgr.exe dan tekan OK. Gulir ke bawah dan periksa apakah proses File atau Windows Explorer sedang running. Klik kanan padanya dan klik Restart untuk memulai kembali proses Windows Explorer Anda jika sudah running. Lihat apakah ini menyelesaikan masalah.

Jika Anda tidak melihat tugas Windows Explorer di pengelola tugas, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memulainya:

  • Arahkan ke menu File di task manager.
  • Klik Run new task.
  • Di jendela tugas baru, ketik Explorer.exe dan klik OK.
PALING VIRAL  Tutorial android Cara membuat Menu Progress loading untuk Apikasi kita

Jika Windows Explorer mogok, menyebabkan bilah tugas Anda menghilang, itu akan muncul segera setelah Anda memulai proses lagi. Namun, jika tidak ada tanda bilah tugas, lanjutkan dengan perbaikan lainnya.

Hapus Daftar Program Startup

Aplikasi pihak ketiga yang diizinkan berjalan saat boot dapat mengganggu proses File Explorer. Untuk menghilangkan kemungkinan hal ini terjadi, navigasikan ke daftar program startup dan hapus semua aplikasi teduh, terutama yang berasal dari sumber yang tidak dapat diandalkan.

Ikuti langkah-langkah ini untuk melakukannya:

  • Buka aplikasi Windows Settings.
  • Arahkan ke pengaturan Apps.
  • Klik Startup di bilah sisi kiri.
  • Dengan menggerakkan sakelar ke kiri, Anda dapat mematikan semua aplikasi yang teduh.

Untuk mencegah menambah masalah Anda, berhati-hatilah dan jangan matikan aplikasi Windows apa pun yang dapat menimbulkan lebih banyak masalah. Jika mengosongkan daftar Startup tidak memperbaiki masalah, lanjutkan dengan perbaikan yang tersisa.

Coba Akun Pengguna Lain atau Buat Akun Baru

Terkadang, proses tersembunyi menyebabkan program Windows tidak berfungsi. Namun demikian, gangguan tersebut terbatas pada satu akun tanpa akses ke akun lainnya. Coba masuk ke komputer Anda dengan akun yang berbeda untuk menentukan apakah bilah tugas berfungsi.

Jika Anda telah menggunakan satu akun selama bertahun-tahun, berikut ini cara membuat akun baru:

  • Buka aplikasi Windows Settings.
  • Arahkan ke pengaturan Accounts.
  • Di bilah sisi kiri, klik Family & other users.
  • Klik Add someone else to this PC.
  • Masuk dengan akun Microsoft lainnya (mungkin baru).

Setelah akun baru ditambahkan, saatnya untuk keluar dari akun yang masuk. Setelah itu, masuk ke akun baru, dan bilah tugas akan berfungsi seperti biasa.

Jika demikian, Anda harus memulihkan akun Anda yang lain, yang bermasalah dengan bilah tugas, ke titik pemulihan sebelumnya.

PALING VIRAL  Cara Mengubah Pengaturan AutoPlay di Windows 11

Pulihkan Sistem Anda ke Titik Pemulihan Sebelumnya

Sebaiknya buat titik pemulihan di sistem Anda sebagai cadangan untuk memutar kembali. Jika beberapa file Anda menjadi rusak, Anda dapat menggunakan cadangan titik pemulihan untuk memulihkan komputer Anda ke keadaan yang diinginkan.

Dengan melakukannya, Anda akan dapat membatalkan semua perubahan yang telah Anda buat di file sistem setelah membuat cadangan, yang kemungkinan besar akan menyelesaikan semua masalah yang Anda alami saat ini. Namun, fitur ini hanya berfungsi jika sebelumnya Anda telah menyiapkan titik pemulihan sebelumnya. Mudah-mudahan, Anda telah membuatnya sebelumnya, atau setidaknya Windows secara otomatis membuatnya untuk Anda tanpa Anda sadari.

Untuk memulihkan komputer Anda ke status titik pemulihannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Tekan tombol Windows + R dan ketik taskmgr.exe di perintah Run.
  • Di control panel, buka Recovery.
  • Klik Open System Restore.
  • Klik Next di jendela sembulan.
  • Pilih titik pemulihan terbaru yang telah Anda buat dan tekan Next.
  • Ketuk Finish untuk Menerapkan Perubahan.

Saat Anda tidak memiliki titik pemulihan sebelumnya, Anda akan melihat munculan yang mengatakan bahwa Anda belum membuat titik pemulihan apa pun. Akan lebih baik jika Anda tidak mencoba membuat titik pemulihan pada saat ini sampai Anda menyelesaikan masalah terkait bilah tugas.

Dapatkan Taskbar Anda dan Jalankan Lagi

Mungkin salah satu dari perbaikan ini akan membantu Anda mengembalikan bilah tugas ke tempatnya. Apakah masalah terus berlanjut? Anda dapat memperbarui Windows Anda, menjalankan pemindaian SFC, dan menjalankan pemindaian malware. Bahkan jika itu tidak berhasil, instal ulang Windows.

Apakah bilah tugas Anda sering berantakan dengan aplikasi setelah beberapa hari? Pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi seperti Hide Window Hotkey, MinimizeToTray, dan RBTray untuk membersihkannya.