5 Cara Mengatasi Kesalahan/Error These Files Can’t Be Opened di Windows

Jika Windows menolak untuk mengizinkan Anda membuka file, coba perbaikan ini untuk mendapatkan akses sekali lagi.

Apakah Anda baru saja mencoba membuka file di Windows dan menerima pesan kesalahan yang mengatakan, “These Files Can’t Be Opened”? Kesalahan sebagian besar terjadi untuk file .exe, tetapi beberapa pengguna juga mengalaminya dengan jenis file lain juga. Masalah ini paling sering ditemui pada Windows.

Untungnya, memperbaiki kesalahan tidak akan memakan waktu lebih lama daripada menghabiskan secangkir kopi. Apa yang bisa memakan waktu lebih lama adalah menentukan penyebab kesalahan sehingga Anda dapat menerapkan perbaikan yang sesuai. Dari Properti Internet ke pengaturan Internet Explorer, mungkin ada beberapa alasan yang dapat menyebabkan kesalahan.

Apa pun penyebabnya, salah satu perbaikan berikut akan membuat Anda siap sehingga Anda dapat mengakses file-file itu lagi tanpa merasa ingin mencabuti rambut Anda.

Periksa Apakah File Anda Diblokir

Terkadang, saat Anda mengunduh file yang dapat dieksekusi dari internet atau mentransfer file antar PC, Windows mungkin memutuskan untuk memblokir file tersebut untuk melindungi sistem Anda. Ketika ini terjadi, Anda akan melihat kesalahan “These files can’t be opened”, tetapi Anda hanya perlu memperbaiki dua langkah untuk membuka blokir file ini.

Untuk mengilustrasikan perilaku ini di sini, kami mengunduh file pengaturan Pengunduh Video 4K ke PC. Windows tidak memblokir akses ke file ini untuk kami, tetapi itu memperingatkan kami di bawah bagian Security di File Properties > General.

PALING VIRAL  8 Aplikasi Kontrol Orang Tua Terbaik Untuk iPhone

Pesan tersebut mengatakan “This file came from another computer and might be blocked to help protect this computer.” Jika Anda tidak dapat mengakses file, Anda dapat memperbaikinya dengan mencentang kotak Unblock dan tekan OK. Jika Anda menggunakan versi Windows yang berbeda, Anda mungkin melihat tombol alih-alih kotak centang, tetapi prosesnya sama.

Setelah selesai, coba jalankan file dan lihat apakah semuanya kembali ke jalurnya.

Ubah Internet Properties Anda

Windows memeriksa Properti Internet Anda saat memutuskan apakah suatu file harus diizinkan berjalan di PC Anda. Jika Properti Internet Anda menandai file sebagai tidak aman, Windows akan memberi Anda kesalahan “These files can’t be opened“. Dengan demikian, untuk mengubah perilaku Windows, Anda harus membuat beberapa perubahan pada Properti Internet Anda.

Perhatikan bahwa ini akan mengharuskan Anda untuk membuat pengaturan keamanan Anda kurang ketat dari Properti Internet. Meskipun Anda mungkin dapat memperbaiki kesalahan dengan melakukan ini, itu juga akan membuat sistem Anda rentan terhadap ancaman keamanan jika Anda tidak memperhatikan file mana yang Anda unduh ke sistem Anda.

Jika Anda memutuskan untuk mengambil rute ini, mulailah dengan membuka Internet Properties. Untuk melakukan ini, tekan tombol Windows + R, ketik inetcpl.cpl, dan tekan Enter. Beralih ke tab Security di jendela Internet Properties dan klik tombol Custom level.

Anda sekarang akan melihat jendela bernama Security Settings – Internet Zone. Gulir daftar di bawah bagian Settings dan cari Launching applications and unsafe files.

PALING VIRAL  Cara Mencegah Windows 10 Membuka Kembali Aplikasi Anda Setelah Anda Restart PC Anda

Pastikan bahwa tombol radio untuk Prompt (recommended) dipilih. Opsi ini biasanya dipilih secara default, tetapi jika Anda pernah mengotak-atik properti internet Anda di masa lalu, Anda mungkin secara tidak sengaja mengubahnya menjadi Disable.

Setelah selesai, klik OK dan lihat apakah Anda dapat menjalankan file tersebut.

Coba Edit Nilai di Windows Registry

Jika perbaikan sebelumnya tidak berhasil untuk Anda, Anda juga dapat mencoba mengizinkan file yang tidak aman dengan mengedit registri Windows. Anda harus menambahkan entri registri baru menggunakan Command Prompt. Mulailah dengan meluncurkan Command Prompt yang ditinggikan dengan menekan tombol Windows + R, mengetik cmd, dan menekan Ctrl + Shift + Enter.

Jalankan perintah berikut satu per satu:

reg add "HKCUSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionPoliciesAssociations" /v "DefaultFileTypeRisk" /t REG_DWORD /d "1808" /f
reg add "HKCUSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionPoliciesAttachments" /v "SaveZoneInformation" /t REG_DWORD /d "1" /f

Ini akan menambahkan dua kunci registri baru. Setelah selesai, restart PC Anda dan coba buka file.

Setel Ulang Internet Explorer

Jika Anda menggunakan Internet Explorer, mengatur ulang pengaturan ke default dapat membantu. Untuk mengatur ulang pengaturan Internet Explorer, klik ikon elipsis di kanan atas browser dan klik Internet Options. Beralih ke tab Advanced dan klik tombol Reset.

Saat diminta, konfirmasi reset dan kemudian reboot PC Anda.

Jika Anda masih tidak dapat menjalankan file yang Anda inginkan, mungkin ini saatnya untuk pilihan terakhir.

Kembalikan Komputer Anda ke Titik Pemulihan Sistem Sebelumnya

Jika Anda dapat menjalankan file tertentu di masa lalu tetapi mulai mendapatkan kesalahan ini setelah bermain-main dengan beberapa pengaturan, Anda dapat memulihkan sistem Anda ke keadaan sebelumnya di mana semuanya berjalan lancar.

Untuk melakukan ini, pertama-tama Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki titik pemulihan sistem yang dibuat di PC Anda. Mulailah dengan menekan tombol Windows + R, ketik rstrui, dan tekan Enter. Ini akan meluncurkan jendela System Restore. Jika Anda memiliki titik pemulihan, Anda akan melihatnya di bawah opsi Recommended restore.

PALING VIRAL  Javascript Bahasa Indonesia Memahami Fungsi Option Selected all, Up, Down Posisi

Jika Anda tidak memiliki titik pemulihan, Anda akan melihat pesan, “No restore points have been created on your computer’s system drive.” Ini berarti PC Anda tidak memiliki titik referensi di masa lalu untuk kembali, dan karena itu, Anda tidak dapat menggunakan metode ini untuk memperbaiki masalah Anda.

Jika Anda memiliki titik pemulihan di sistem Anda, pilih titik pemulihan yang disarankan atau pilih yang lain berdasarkan saat masalah mulai terjadi, dan klik Next. Lanjutkan mengikuti petunjuk wizard. Setelah sistem dipulihkan, PC Anda akan reboot dan Anda sekarang dapat menjalankan file yang Anda inginkan.

Bisakah Anda Membuka File Sekarang

Mudah-mudahan, salah satu perbaikan ini berhasil untuk Anda dan Anda tidak lagi menerima kesalahan These Files Can’t Be Opened. Namun, jika masih, Anda dapat mencoba mengatur ulang PC Anda. Semua pengaturan pada Windows Anda akan kembali ke default, dan beberapa file Anda mungkin hilang dalam prosesnya, jadi sebaiknya buat cadangan sebelum Anda mengatur ulang.