5 Cara Mengatasi Lampu Philips Hue Yang Bermasalah

Jangan khawatir jika Anda mengalami masalah dengan Lampu Hue. Kami akan membantu Anda memperbaikinya dengan beberapa kiat pemecahan masalah.

Bola lampu pintar memungkinkan Anda mengotomatiskan pencahayaan di rumah dan mengontrolnya secara nirkabel dari perangkat lain seperti ponsel cerdas. Lampu pintar paling populer di pasaran adalah bohlam Philips Hue, tetapi lampu ini pun dapat mengalami masalah teknis dari waktu ke waktu.

Apa pun yang salah dengan bohlam Philips Hue Anda, Anda dapat memperbaikinya dengan beberapa tips pemecahan masalah dasar. Berikut adalah semua masalah Philips Hue yang paling umum beserta cara memperbaikinya.

Anda Tidak Dapat Menambahkan Lampu Philips Hue Baru

Sebelum Anda dapat mulai menggunakan bohlam Philips Hue, Anda perlu memasangkannya ke rumah pintar menggunakan aplikasi Hue gratis untuk Android dan iOS.

Untuk menambahkan bohlam baru ke pengaturan lampu Anda, buka aplikasi Hue dan buka Settings > Light setup > Add light. Aplikasi akan mencari lampu baru di jaringan Anda dan memungkinkan Anda untuk menambahkannya.

Coba tips pemecahan masalah ini jika aplikasi Hue tidak dapat menemukan lampu baru Anda:

  • Menyalakan lampu: Bola lampu Philips Hue hanya berfungsi jika sakelar lampu yang terhubung dengannya dihidupkan. Periksa sakelar dinding untuk semua bohlam Anda.
  • Periksa merek: Anda hanya dapat menambahkan bohlam Philips Hue ke aplikasi Hue. Ini harus mengatakan Philips Hue pada bohlam itu sendiri. Pastikan Anda tidak salah membeli jenis bohlam Philips yang lain.
  • Tambahkan bohlam secara manual: Jika aplikasi Hue tidak menemukan bohlam Anda secara otomatis, Anda dapat menambahkannya secara manual. Dari layar Tambah cahaya, ketuk Tambah nomor seri, lalu ketik enam karakter yang dicetak pada bohlam Anda.
  • Beralih ke aplikasi Hue Bluetooth: Jika Anda membeli bohlam Bluetooth dan tidak memiliki Philips Hue Bridge, Anda perlu menggunakan aplikasi Hue Bluetooth gratis untuk Android atau iOS.
PALING VIRAL  6 Aplikasi Android Terbaik Untuk Produksi Musik

Anda Tidak Dapat Menemukan Hue Bridge

Jika Anda menginginkan banyak bohlam smart atau berencana membuat otomatisasi Philips Hue dengannya, Anda perlu menggunakan Hue Bridge. Ini berfungsi sebagai hub pintar untuk pengaturan pencahayaan Anda, menghubungkan semua bohlam Anda ke internet dan memungkinkan Anda untuk mengontrolnya saat Anda jauh dari rumah.

Sebagian besar starter kit Philips Hue dilengkapi dengan Hue Bridge, tetapi Anda mungkin perlu membelinya secara terpisah jika Anda tidak mendapatkannya.

Untuk menghubungkan ke Hue Bridge Anda, buka aplikasi Hue dan pergi ke Settings > Hue Bridges > Add Hue Bridge. Kemudian klik tombol melingkar di bagian atas Jembatan Hue untuk masuk ke mode berpasangan.

Jika Anda tidak dapat menemukan Hue Bridge Anda:

  • Pastikan sudah menyala: Hubungkan Hue Bridge Anda ke daya menggunakan kabel yang disediakan. Anda akan melihat lampu muncul di jembatan saat dinyalakan.
  • Hubungkan ke router Anda: Gunakan kabel Ethernet untuk menghubungkan Hue Bridge Anda langsung ke router Anda, memungkinkannya untuk terhubung ke internet.
  • Hubungkan ke jaringan yang sama: Pastikan perangkat yang Anda gunakan terhubung ke jaringan yang sama dengan Hue Bridge Anda. Anda biasanya perlu terhubung melalui Wi-Fi meskipun jembatan terhubung dengan kabel.
  • Nyalakan kembali Hue Bridge: Jika Anda masih tidak dapat menemukan Bridge untuk dipasangkan, cabut kabel daya dan tunggu selama 30 detik sebelum menghubungkannya kembali. Kemudian tunggu dua menit hingga bridge memulai sebelum mencoba memasangkan kembali.

Bohlam Philips Hue Anda Tidak Terjangkau

Setelah memasangkan bohlam Philips Hue ke aplikasi, Anda mungkin akan mendapati bohlam bertuliskan “Unreachable” dan Anda tidak dapat menyalakan atau mematikannya lagi menggunakan ponsel cerdas atau perangkat lain.

Ini adalah masalah umum yang biasanya dapat Anda perbaiki dengan salah satu trik cepat berikut:

  • Pastikan lampu menyala: Anda atau orang lain di rumah Anda mungkin telah mematikan bohlam Philips Hue menggunakan sakelar lampu di dinding. Pastikan semua sakelar untuk bohlam Hue Anda dihidupkan untuk mengontrolnya dari aplikasi.
  • Jaga bohlam Anda dalam jangkauan: Anda masih dapat menggunakan bohlam Hue jauh dari Bridge selama ada bohlam Hue lain di antaranya untuk bertindak sebagai penghubung. Jika Anda memiliki satu bohlam jauh dari yang lain, pindahkan lebih dekat ke jembatan atau tambahkan bohlam lain di tengah untuk menjaganya tetap dalam jangkauan.
PALING VIRAL  Mana Yang Harus di Upgrade Untuk Meningkatkan Kinerja PC Anda

Lampu Philips Hue Anda Berkedip atau Berdengung

Hal terakhir yang Anda inginkan dari bohlam Philips Hue yang mahal adalah cahayanya berkedip atau berdengung. Jika itu terjadi pada bohlam Anda, biasanya itu karena Anda menyambungkannya ke sakelar peredup.

Meskipun Anda dapat meredupkan bohlam Philips Hue menggunakan aplikasi, bohlam tersebut tidak berfungsi dengan baik dengan sakelar peredup fisik. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya jika itu masalahnya:

  • Mengubah ke soket lain: Pindahkan bohlam Philips Hue Anda ke soket yang tidak menggunakan sakelar peredup untuk melihat apakah itu memperbaiki kedipan atau dengungan.
  • Singkirkan sakelar peredup: Jika Anda ingin menyimpan bohlam Philips Hue di soket itu, Anda mungkin perlu memasang kembali sakelar untuk menghilangkan peredup. Anda dapat mengubah ke sakelar lampu Wi-Fi sebagai gantinya.
  • Coba bohlam lain: Jika bohlam terus berkedip atau berdengung, Anda mungkin perlu menggantinya. Hubungi Philips secara langsung untuk mengetahui apakah mereka dapat menukarnya di bawah garansi.

Anda Tidak Dapat Mengontrol Bohlam Philips Hue Anda Dengan Baik

Terkadang bohlam Philips Hue Anda tampak tersambung dengan mulus, tetapi saat Anda mencoba mengontrolnya, bohlam tersebut tidak berfungsi dengan benar. Anda mungkin mendapati bohlam Hue Anda menyala sendiri, tidak berubah warna, atau tidak merespons perintah suara.

PALING VIRAL  7 Tips Sederhana untuk Mengamankan Router dan Jaringan Wifi Anda Dalam Hitungan Menit

Jika Anda mengalami salah satu masalah ini, berikut beberapa trik untuk dicoba:

  • Periksa pembaruan perangkat lunak di aplikasi Hue: Bola lampu pintar menjalankan perangkat lunaknya sendiri, yang berarti Anda mungkin perlu memperbaruinya. Buka aplikasi Hue dan buka Settings > Software update untuk menginstal pembaruan baru. Bersiaplah untuk menunggu beberapa jam jika Anda memiliki banyak bohlam untuk diperbarui.
  • Hapus dan tambahkan kembali bohlam Anda: Jika satu bohlam tertentu sedang diputar, buka Settings > Light setup dan pilih Delete bohlam itu dari aplikasi Hue. Sekarang cabut bohlam dari soket, sambungkan kembali, dan pasangkan dengan aplikasi lagi.
  • Ubah kamar dan zona Anda: Ada kemungkinan aplikasi Hue tidak dapat mengontrol lampu Anda dengan benar karena tidak tahu di mana mereka berada. Buka Settings > Rooms & zones untuk memilih lokasi setiap bohlam di rumah Anda.

Mungkin Saatnya Memulai Dari Awal

Anda seharusnya dapat memperbaiki sebagian besar masalah dengan bohlam Philips Hue Anda menggunakan tip pemecahan masalah di atas. Tetapi jika Anda masih kesulitan untuk membuat bohlam Anda berfungsi dengan baik, Anda mungkin perlu melepaskan semuanya dan mulai dari awal.

Untuk melakukan ini, buka aplikasi Hue dan pergi ke Settings > Hue Bridges > [Your Bridge] > Clean up. Ini menghapus semua data dari bridge Anda, termasuk otomatisasi yang disimpan dan bohlam yang disandingkan. Anda juga dapat menggunakan tombol reset fisik di bagian belakang bridge untuk melakukan ini.

Kemudian lepaskan dan tambahkan kembali setiap bohlam di rumah Anda dan ikuti lagi petunjuk penyiapan awal. Itu akan memperbaiki masalah apa pun yang Anda alami dengan bohlam Philips Hue Anda.