5 Cara Terbaik Untuk Menghapus Data Android Secara Permanen

Terkadang masih mungkin untuk memulihkan file setelah Anda menghapusnya. Dan inilah cara Anda dapat menghapus data yang tidak diinginkan secara permanen.

Saat Anda menghapus file dari ponsel Android, file tersebut sebenarnya tetap ada di penyimpanan perangkat Anda sampai ditimpa dengan data baru. Ini dulunya adalah masalah privasi utama, karena ini berarti bahwa file yang dihapus dapat diambil kembali menggunakan perangkat lunak pemulihan data.

Sejak Android 6, semua ponsel Android dienkripsi secara default, yang seharusnya mencegah alat pemulihan mengakses kontennya. Namun jika Anda masih khawatir tentang file sensitif jatuh ke tangan yang salah, kami akan menjelaskan cara menghapus data Anda secara permanen.

Hapus Item Menggunakan Manajer File

Cara terburuk untuk menghapus file pribadi dari ponsel Android Anda adalah dari dalam aplikasi terkait. Ini berisiko item dipindahkan ke folder Sampah atau Bin daripada dihapus secara permanen, atau terus ada sebagai salinan cloud yang disinkronkan.

Aplikasi Google Foto, misalnya, menyimpan gambar dan video yang dihapus selama 60 hari, kecuali Anda mengosongkan sampahnya secara manual. Meskipun Anda melewati ini dengan memilih Delete from device, item akan tetap ada di akun Google Anda.

Pilih item di file explorer Anda, lalu ketuk tombol sampah atau tekan menu tiga titik dan pilih Delete. Konfirmasikan bahwa Anda memahami bahwa penghapusan tidak dapat diurungkan dan ketuk Delete lagi.

Hapus Data Dengan File Shredder (Penghancur file)

Jika enkripsi ponsel Anda tidak meyakinkan Anda bahwa file yang dihapus tidak dapat dipulihkan, atau jika Anda menjalankan Android versi lama, pertimbangkan untuk memasang penghancur file. Ini akan menghapus secara aman ruang “kosong” di perangkat Anda yang mungkin masih berisi data yang telah dihapus.

Penghancur file seperti iShredder, Shreddit, dan Data Eraser menawarkan pilihan algoritme penghancuran. Ini memungkinkan Anda memutuskan berapa kali data ditimpa dengan karakter acak. Setiap penimpaan dikenal sebagai “pass” atau “cycle”, dan semakin banyak lintasan, semakin kecil peluang data yang dihapus dapat diambil.

Anda harus memberikan izin kepada aplikasi ini untuk mengakses file Anda (dan secara opsional kontak Anda, yang tidak kami rekomendasikan), tetapi mereka tidak akan merusak apa pun tanpa meminta konfirmasi dari Anda.

PALING VIRAL  7 Aplikasi Converter Video Terbaik Untuk Mac OS

Hapus Ruang Kosong Menggunakan Penghapus Data

Berikut ini cara membuat data yang dihapus tidak dapat dipulihkan menggunakan Penghancur Data penghancur file bebas iklan. Yang membingungkan, ini disebut Android Eraser di aplikasi itu sendiri.

  • Ketuk Freespace di layar beranda (berhati-hatilah untuk tidak memilih Hapus Lengkap!) Dan pilih Internal Storage. Aplikasi akan menghitung berapa banyak ruang kosong untuk dihapus.
  • Ketuk Continue dan pilih algoritma penghancuran. NATO Standard dan BSU TL-0342, yang masing-masing melakukan tujuh dan delapan operan, adalah yang paling teliti. Namun, mereka juga membutuhkan waktu lama.
  • Konfirmasikan bahwa Anda ingin melanjutkan, dan Penghapus Data akan menghapus semua ruang kosong yang tersedia di ponsel Anda, sehingga file yang telah Anda hapus tidak dapat dipulihkan.
  • Ponsel Anda akan lambat saat proses penghapusan sedang berlangsung. Anda dapat meninggalkannya kapan saja dengan membuka pemberitahuan di bagian atas layar Anda dan mengetuk Cancel.

Meskipun Penghapus Data tidak mengenakan biaya untuk menghapus ruang kosong di ponsel Anda, Anda hanya dapat menghancurkan 100MB file individual secara gratis per hari. Mengupgrade ke versi berbayar untuk menghapus batas ini.

Shreddit adalah alternatif yang sepenuhnya gratis, tetapi iklannya bisa mengganggu dan tidak berfungsi di Android 11.

Hapus File Android Dari PC Anda

Jika Anda tidak ingin memasang aplikasi untuk menghapus file secara permanen, Anda dapat menghubungkan ponsel Android Anda ke PC dan menghapus data melalui Windows. Metode ini mempermudah untuk menemukan dengan cepat dan menghapus item tertentu dengan percaya diri, menggunakan File Explorer.

PALING VIRAL  5 Aplikasi Penyorot Untuk Anotasi Teks, Video, atau Podcast Online

Hubungkan telepon Anda menggunakan kabel USB dan pilih Buka perangkat untuk melihat file dari opsi AutoPlay. Atau, buka File Explorer, pilih This PC, dan klik dua kali ikon drive ponsel Anda.

Jika drive terlihat kosong, tarik ke bawah baki notifikasi dari atas layar ponsel Anda, ketuk USB charging this device dan pilih File transfer atau Transfer files. Atau buka Settings > Connected devices > USB dan aktifkan opsi di sana.

Jelajahi folder di ponsel Anda untuk mencari file yang ingin Anda hapus. Jika berupa foto atau video, kemungkinan besar ada di DCIM > Camera folder.

Klik kanan item tersebut, pilih Delete dan konfirmasikan bahwa Anda ingin menghapusnya secara permanen. Perhatikan bahwa file tidak akan dikirim ke Windows Recycle Bin, tetapi akan hilang selamanya.

Hapus File Sensitif Dari Kartu SD

Jika file pribadi yang ingin Anda hapus terletak di kartu memori SD, bukan di penyimpanan internal ponsel Anda, ada beberapa cara untuk menghapusnya.

Pertama, buka Settings > Storage > SD card. Temukan file dan hapus dari sana. Namun, ini tidak akan membuatnya tidak dapat dipulihkan, jadi Anda mungkin ingin memformat kartunya juga. Ini benar-benar akan menghapus isinya, jadi pastikan Anda memindahkan file apa pun yang ingin Anda simpan ke telepon Anda terlebih dahulu.

Ketuk menu tiga titik di sudut kanan atas dan pilih Storage settings. Pilih Format, lalu ketuk Erase & Format atau Format SD card untuk menghapus dan memformat kartu.

Sebagai alternatif, Anda dapat menghubungkan ponsel Anda ke PC, seperti dijelaskan di atas, atau memasukkan kartu SD ke pembaca kartu komputer Anda. Anda harus “melepaskan” kartu terlebih dahulu dengan memilih Unmount atau Eject sebelum Anda melepaskannya dari perangkat.

PALING VIRAL  Tutorial Javascript memahami fungsi String, Variable, getElementById, GetElementByClass

Jelajahi konten kartu SD di File Explorer, cari file tersebut, klik kanan, dan pilih Delete.

Selain itu, beberapa aplikasi penghancur file Android dapat menghapus dan menimpa data yang disimpan di kartu SD, termasuk Penghapus Data (lihat tips yang kedua, di atas).

Kembalikan Ponsel Anda Ke Pengaturan Pabrik

Cara paling drastis untuk menghapus file pribadi secara permanen adalah dengan melakukan reset pabrik. Ini akan menghapus semua data di ponsel Anda, jadi paling baik digunakan sebelum menjual atau mendaur ulang perangkat Anda. Anda harus mencadangkan data Android apa pun yang ingin Anda simpan sebelumnya.

Untuk memastikan bahwa data tidak dapat dipulihkan setelah reset pabrik, periksa kembali apakah ponsel Anda dienkripsi. Buka Settings > Security > Advanced dan ketuk Encryption & credentials. Pilih Encrypt phone jika opsi tersebut belum diaktifkan.

Selanjutnya, buka Settings > System > Advanced dan ketuk Reset options. Pilih Erase all data (factory reset) dan tekan Delete all data.

Masukkan kode atau pola keamanan Anda saat diminta, lalu ketuk Delete all data untuk memulihkan ponsel Anda ke pengaturan pabrik. Anda dapat menghapus ruang kosongnya dengan penghancur file jika Anda masih takut data Anda dipulihkan.

Hapus Data Anda Secara Permanen

Tidak ada yang ingin file pribadi mereka jatuh ke tangan pengintai dan peretas. Meskipun enkripsi bawaan Android seharusnya membuat data Anda yang dihapus tidak dapat dipulihkan, mencoba metode lain yang telah kami uraikan akan membuat Anda tenang.

Tentu saja, ini semua bekerja dua arah. Terkadang Anda tidak sengaja menghapus file. Jika Anda bertindak cukup cepat, dan mendapatkan alat yang tepat, Anda masih dapat memulihkan foto dan data lain yang dihapus tersebut, untuk itu lihat cara kami memulihkan foto yang dihapus di perangkat android.