5 File dan Folder Windows Default Yang Tidak Boleh Anda Sentuh

Selain file dan folder pribadi Anda, Windows memakan banyak ruang di komputer Anda. Dengan sedikit pencarian, Anda dapat menemukan cache Windows tersembunyi yang aman untuk dihapus dan menggunakan trik folder lainnya.

Namun, ada beberapa file dan folder default Windows yang harus Anda tinggalkan sendiri. Menghapus ataupun mengeditnya dapat mengakibatkan sistem tidak stabil, kehilangan data, atau konsekuensi mengerikan lainnya. Mari kita bahas tempat-tempat yang sebagian besar pengguna tidak boleh kunjungi dalam perjalanan mereka melalui sistem file Windows.

Program Files dan Program Files (x86) 

Terletak di C: Program Files dan C: Program Files (x86) 

Setiap kali Anda menginstal perangkat lunak, Anda biasanya membuka file EXE dan menjalankan proses instalasi (jika tidak, Anda menggunakan aplikasi portabel). Selama ini, aplikasi membuat entri untuk dirinya sendiri di folder Program Files, menambahkan nilai-nilai Registry, dan melakukan tugas-tugas lain yang perlu berfungsi dengan baik pada sistem Anda. Dengan demikian, jika Anda masuk ke folder Program Files, Anda akan menemukan folder untuk sebagian besar program yang telah Anda instal.

Dengan pengecualian yang jarang, Anda tidak perlu menyentuh data program dalam folder ini. Mereka berisi file DLL dan informasi konfigurasi lainnya yang perlu berfungsi oleh program. Jika Anda mulai mengacaukan ini, Anda dapat mengacaukan aplikasi dan harus menginstalnya kembali. Selanjutnya, ketika Anda ingin menghapus instalasi beberapa perangkat lunak, cara yang tepat untuk melakukannya adalah melalui menu Program dan Fitur di Control Panel atau menggunakan alternatif pihak ketiga.

Menghapus folder aplikasi dari Program Files tidak menghapus referensi lain untuk itu di sistem Anda dan karenanya bukan penghapusan instalasi yang bersih. Ini kontras dengan cara macOS menangani penghapusan instalan – yang harus Anda lakukan pada Mac adalah menyeret aplikasi ke Trash untuk menghapusnya.

PALING VIRAL  10 Cara Memperbaiki Mouse Tidak Berfungsi di Mac Anda

Jika Anda menggunakan versi Windows 32-bit, Anda hanya dapat menginstal perangkat lunak 32-bit dan karenanya Anda hanya memiliki satu folder Program Files. Pada versi Windows 64-bit, Anda akan melihat folder Program Files (x86) tambahan. Komputer Anda menyimpan perangkat lunak 32-bit di sana, sedangkan perangkat lunak yang kompatibel 64-bit masuk ke folder Program Files standar.

Sistem32 

Terletak di C: Windows System32 

Hampir semua yang ada di folder C: Windows bisa masuk dalam daftar ini, tetapi folder System32 patut mendapat perhatian khusus. Ini memegang ratusan file DLL yang penting untuk komputer Anda berjalan dengan baik.

Beberapa contoh termasuk layanan yang menangani suara pada PC Anda, file yang penting untuk mem-boot ke Windows, sumber daya yang membuat font ditampilkan dengan benar, dan banyak lagi. Juga terdapat dalam folder ini yang dapat dieksekusi untuk program Windows default. Misalnya, Calc.exe meluncurkan Kalkulator, dan MSPaint.exe meluncurkan Microsoft Paint.

Anda tidak benar-benar memiliki alasan untuk mengunjungi System32, tetapi itu menjadi topik lelucon internet yang sudah lama berjalan. Beberapa orang suka mengacaukan dengan pengguna pemula dan memberi tahu mereka bahwa System32 adalah virus, atau menghapusnya akan membuat komputer mereka berjalan lebih cepat.

Jelas, karena folder sangat penting untuk fungsi Windows, mengacaukannya bisa berarti harus menginstal ulang Windows.

Page File 

Terletak di C: pagefile.sys (Perhatikan bahwa Anda tidak akan melihat file ini kecuali Anda membuka File Explorer Options> View dan hapus centang Sembunyikan file sistem operasi yang dilindungi. Namun, kami tidak menyarankan melakukan hal ini.) 

Baca Juga

Memori akses acak, atau RAM, di dalam komputer Anda bertanggung jawab untuk memegang sementara program terbuka. Ketika Anda membuka contoh Word, itu ditempatkan di RAM untuk akses cepat. Inilah sebabnya mengapa memiliki lebih banyak RAM memungkinkan Anda untuk menjalankan beberapa program secara bersamaan (lihat panduan kami tentang RAM untuk latar belakang lebih lanjut).

PALING VIRAL  Cara Buat Kalulator Sederhana dengan Javascript Code

Jika RAM fisik Anda mulai terisi, Windows menggunakan apa yang disebut file halaman atau file swap. Ini adalah bagian khusus dari hard drive Anda yang berfungsi seperti RAM. Jika Anda memiliki cukup RAM di komputer Anda, Anda seharusnya jarang melihat file halaman berlaku. Namun, mengandalkannya sering akan memengaruhi kinerja, karena hard drive jauh lebih lambat daripada RAM (terutama jika Anda tidak memiliki solid-state drive).

Setiap kali Anda menggunakan alat untuk menunjukkan apa yang menghabiskan ruang di komputer Anda, kemungkinan file halaman membutuhkan beberapa gigabyte. Anda mungkin tergoda untuk menonaktifkannya untuk menghemat ruang, tetapi itu bukan ide yang baik. Tanpa file halaman, ketika RAM Anda maksimal, program mungkin mulai macet bukannya menukar ke memori tambahan itu.

Windows memungkinkan Anda mengelola memori virtual jika memang harus, tetapi sebagian besar pengguna harus membiarkan sistem operasi mengelola ini secara otomatis. Jika Anda memiliki masalah memori, solusinya adalah menambahkan lebih banyak RAM ke sistem Anda.

System Volume Information 

Terletak di C: Informasi Volume Sistem (Disembunyikan jika Sembunyikan file sistem operasi terlindungi dicentang.) 

Folder besar lainnya yang tidak memiliki tujuan yang jelas, folder Informasi Volume Sistem sebenarnya berisi beberapa fungsi Windows yang penting. Bahkan, ketika Anda mencoba mengaksesnya, Windows akan memberi Anda kesalahan Akses Ditolak.

Folder ini berisi titik Pemulihan Sistem yang dibuat komputer Anda sehingga Anda dapat kembali ke masa lalu. Untuk mengurangi ukuran folder ini, Anda dapat mengetik Restore Point ke Start Menu dan klik Create a Restore Point. Di jendela ini, klik drive C: Anda dan pilih Configure. Anda dapat menggeser bilah Penggunaan Maks ke jumlah tertentu untuk mengurangi ruang yang digunakan Pemulihan Sistem, tetapi berhati-hatilah bahwa ini mengurangi opsi Anda jika Anda perlu melakukan pemulihan di masa mendatang.

PALING VIRAL  Apakah File Explorer Windows Anda Tidak Merespons? Berikut Cara Memperbaikannya

Selain dari titik pemulihan, Informasi Volume Sistem juga mencakup data yang digunakan Windows untuk mengindeks drive Anda. Tanpa ini, pencarian yang membutuhkan waktu sekejap akan memperlambat hingga merangkak. Ia juga memegang layanan Volume Shadow Copy yang diperlukan untuk pencadangan file.

Seperti folder penting lainnya, Anda harus menjauh dari folder ini. Jangan mencoba untuk mendapatkan akses ke sana atau melakukan perubahan – Windows membutuhkan kontennya untuk kinerja yang sehat dan tidak ada alasan bagi Anda untuk mengeditnya.

WinSxS 

Terletak di C: Windows WinSxS 

WinSxS adalah singkatan dari Windows Side By Side dan dibuat sebagai tanggapan terhadap masalah yang membuat bekerja dengan Windows 9x versi menyakitkan. Istilah sehari-hari “DLL Hell” menggambarkan masalah yang muncul ketika dynamic link library (DLL) file konflik, duplikat, atau pecah.

Untuk memperbaikinya, Microsoft mulai menggunakan folder WinSxS untuk mengumpulkan beberapa versi setiap DLL dan memuatnya sesuai permintaan ketika Windows menjalankan program. Ini meningkatkan kompatibilitas, seperti ketika suatu program membutuhkan akses ke DLL yang lebih lama yang tidak lagi menjadi bagian dari Windows.

Semakin lama Anda menggunakan Windows, semakin besar folder ini. Seperti yang Anda tebak, mencoba mengambil dan memilih file untuk dihapus dari ini adalah ide yang buruk. Anda tidak boleh mengunjungi folder ini secara langsung; sebagai gantinya, gunakan alat Pembersihan Disk untuk menghapus file yang tidak dibutuhkan.

Baca Juga