5 Klien Torrent Terbaik Untuk Linux

File Torrent mungkin memiliki reputasi tertentu, tetapi torrent hanyalah cara untuk mendistribusikan data. Torrents mentransfer data melalui protokol BitTorrent untuk memfasilitasi pembagian file yang terdesentralisasi, peer-to-peer.

Inilah sebabnya mengapa torrent adalah bagian yang diterima dari dunia perangkat lunak sumber bebas dan terbuka. Banyak distribusi Linux memiliki bandwidth server terbatas yang tersedia untuk diunduh. Torrent memungkinkan pengguna untuk mendapatkan distro Linux dengan lebih cepat dan kemudian membantu menyebarkan perangkat lunak.

Terlepas dari apa yang ingin Anda unduh dan bagikan, apa klien torrent Linux terbaik untuk pekerjaan itu. Inilah lima klien torrent terbaik untuk digunakan di os linux Anda?

Tujuan awal qBittorrent adalah untuk menyediakan klien seperti uTorrent untuk Linux, karena perangkat lunak berpemilik itu tidak menyediakan dukungan untuk desktop gratis pada saat itu. Karena uTorrent adalah klien torrent paling populer di luar China, banyak orang akan menemukan antarmuka qBittorrent yang familier.

Pengembang qBittorrent juga telah mengambil tugas untuk mereplikasi jenis fitur yang telah biasa digunakan orang-orang di uTorrent. Jadi jika Anda terbiasa dengan uTorrent dan beralih ke Linux, ini mungkin aplikasi pertama yang perlu Anda pertimbangkan. Anda bahkan mungkin ingin mengunduh qBittorrent untuk Windows, hanya untuk menghindari perubahan yang dibuat di uTorrent selama sepuluh tahun terakhir.

qBittorrent ditulis dalam Qt, sebuah tambahan bagi pengguna Linux yang tidak menjalankan desktop berbasis GTK (Baca Perbedaan Antara GTK + dan Qt). Qt juga merupakan bahasa yang sangat lintas platform, jadi qBittorrent adalah aplikasi yang hebat jika Anda ingin menggunakan perangkat lunak yang sama di banyak sistem operasi yang berbeda.

Fitur yang sama tersedia terlepas dari apakah Anda menggunakan qBittorrent pada desktop gratis seperti Linux atau FreeBSD atau salah satu alternatif komersial (seperti pada Windows atau macOS).

PALING VIRAL  Cara Mengatasi Peringatan "Base System Device" di Device Manager

qBittorrent bukan satu-satunya pesaing uTorrent gratis. Deluge adalah klien torrent sumber terbuka lainnya yang dirancang untuk menjadi cepat, ringan, dan kaya fitur. Anda dapat mengatur batas kecepatan dan menjadwalkan kapan boleh menggunakan lebih banyak bandwidth. Ada juga proteksi kata sandi, dan Anda dapat menambah daftar fitur dengan memasang plug-in.

Deluge adalah lintas-platform, jadi ada unduhan yang tersedia untuk Windows dan macOS. Deluge juga dapat dijalankan di dalam browser web dan beroperasi dengan baik di dalam terminal.

Untuk mendapatkan teknis dengan cara yang penting bagi beberapa pengguna Linux, satu perbedaan antara Deluge dan aplikasi lain adalah bahwa itu ditulis dalam Python daripada C. Tidak seperti qBittorrent, antarmuka aplikasi Deluge Linux adalah GTK + saja. Qt penggemar mencari alternatif lain mungkin ingin melihat lebih jauh daftar ini.

Transmission telah lama berfungsi sebagai klien torrent standar untuk banyak distribusi Linux, dan untuk alasan yang baik. Ini adalah aplikasi perangkat lunak gratis yang telah ada cukup lama untuk membuktikan dirinya dapat diandalkan. Pengembang juga merancang perangkat lunak ini dengan mempertimbangkan kesederhanaan, sehingga lebih mudah untuk mendorong pemula untuk menyelam.

Sementara komunitas Linux telah secara luas memeluk Transmission, desain aplikasi berorientasi pada penggunaan lintas platform. Transmisi menggunakan backend umum tetapi melayani antarmuka ke desktop. Aplikasi Linux default menggunakan GTK +, tetapi ada varian Qt, dan versi macOS terlihat seperti aplikasi macOS asli.

PALING VIRAL  √ 7 HP Fast Charging 1 Jutaan Terbaik yang Bisa Dipakai Seharian Penuh

Ini adalah klien torrent Linux lain yang cukup serbaguna untuk dijalankan di dalam browser web. Lebih suka baris perintah? Anda dapat menjalankan Transmission dari sana juga.

Bahasa desain GTK Transmission sepenuhnya dari era GNOME 2, yang berarti cocok dengan lingkungan desktop MATE. Hal yang sama berlaku untuk antarmuka lain yang telah mempertahankan paradigma desktop tradisional, seperti Cinnamon dan Xfce. Tetapi jika Anda menggunakan salah satu dari banyak distribusi Linux yang telah memeluk GNOME 3, Anda mungkin ingin mempertimbangkan opsi berikutnya pada daftar ini.

GNOME Fragmen adalah dasar yang didapatnya, bahkan dibandingkan dengan Transmisi. Itu belum tentu buruk. GNOME Fragments menghilangkan semua kerumitan karena mengunduh torrent, dan aplikasi ini dilengkapi dengan layar peluncuran awal dengan instruksi sederhana untuk membantu Anda memulai.

Fragmen sangat bagus untuk pengguna Linux yang hanya mengunduh torrent sesekali dan lebih mementingkan cara mengunduh file torrent daripada semua hal keren yang bisa mereka lakukan dengan torrent. Bahkan pengguna torrent lama dapat menemukan sesuatu untuk dihargai dalam memiliki klien torrent sesederhana manajer unduhan peramban Anda.

Sebagai seseorang yang menggunakan desktop GNOME dan menyukai aplikasi yang membuatnya tetap sederhana, GNOME Fragments adalah klien torrent Linux saya yang paling aktif.

PALING VIRAL  Tutorial Javascript Match, Search, Replace, split, substr, Substring

Pengembang membuat sebagian besar aplikasi di atas menggunakan toolkit GTK +. Jika Anda menggunakan desktop KDE Plasma atau LXQt, itu bisa jadi kurang ideal. Lingkungan desktop ini menggunakan Qt toolkit, sehingga perangkat lunak yang dirancang dalam Qt terlihat lebih terintegrasi dan membutuhkan lebih sedikit perpustakaan yang diunduh di latar belakang.

Banyak distribusi Linux menyediakan transmisi secara default, tetapi jika Anda lebih suka KDE Plasma, Anda lebih mungkin melihat KTorrent. Untungnya, klien torrent Linux ini kemungkinan melakukan semua yang Anda butuhkan dan banyak lagi.

Antarmuka KTorrent lebih berantakan daripada opsi yang dirancang untuk GNOME, tetapi Anda mendapatkan lebih banyak fitur yang ditampilkan sekaligus dan beberapa fasilitas tambahan. Sebagai contoh, KTorrent memungkinkan Anda mengelompokkan torrent bersama ke dalam kategori, yang dapat membantu jika Anda mengunduh banyak torrent secara bersamaan. Untuk fitur yang tidak terintegrasi, ada sistem plug-in yang menambahkan lebih banyak.

Apakah Ada Yang Lain Klien Torrent Linux

Jika Anda tidak peduli apakah Anda menjalankan perangkat lunak gratis atau sumber terbuka, maka ada beberapa aplikasi berpemilik yang disediakan perusahaan untuk Linux. Vuze adalah salah satu opsi yang ditulis dalam Java (jadi Anda mungkin tidak ingin menjalankannya di mesin yang lebih lama). Taxati adalah kendaraan lain yang cukup portabel untuk Anda muat di stik USB.

Namun jika, seperti banyak pengguna Linux, Anda lebih suka perangkat lunak bebas dan sumber terbuka, ini adalah lima klien torrent terbaik