5 Kuis Geografi dan Aplikasi Pembelajaran

Seberapa banyak yang Anda ketahui tentang Bumi tempat Anda hidup? Negara dan ibu kota, lautan dan sungai besar, gunung, dan daratan geografi sangat penting untuk menjadi warga dunia ini, dan ada cara mudah untuk belajar tentang planet kita.

Ada kursus akademik online gratis untuk belajar geografi, tetapi bukan itu yang kami bicarakan di sini. Anda mungkin sudah mempelajari dasar-dasarnya dan melupakannya. Saatnya mempelajari kembali atau menguji pengetahuan Anda.

Bahkan Google melompat ke dalam game dengan Google Earth Natural Wonders Quiz tahun lalu. Tapi itu belum cukup. Dunia adalah tempat yang luas, jadi mari kita menjelajah.

Globehead (Web): Pelajari Negara dan Capitals Dengan Spasi Pengulangan 

Anda memiliki lebih dari 200 teman. Dan Anda tahu cukup banyak hal tentang mereka yang dapat Anda ingat dengan mudah. Jadi mengapa Anda tidak bisa mempelajari nama, lokasi, dan ibukota dari 195 negara di dunia saat ini? 

Aplikasi web Globehead menggunakan sistem pengulangan spasi untuk mengajarkan Anda tiga dasar dari setiap negara di dunia. Dihadapkan dengan peta dunia, Anda dapat mengklik suatu negara atau meminta aplikasi untuk memilih satu negara. Melalui serangkaian pertanyaan, Anda akan menemukan di mana itu dan ibukotanya.

Pertanyaan-pertanyaan ini diulang dengan cara yang berbeda, sehingga dapat mengebornya ke dalam memori Anda. Setiap kali Anda masuk, Globehead akan menanyakan pertanyaan-pertanyaan ini lagi, memenuhi prinsip-prinsip pengulangan spasi. Mungkin merupakan ide bagus untuk menjadikan Globehead sebagai beranda Anda, sehingga Anda terus belajar tentang beberapa negara baru dan meningkatkan pengetahuan geografis Anda.

PALING VIRAL  7 Perbaikan Yang Harus Dicoba Jika Speaker Ponsel Tidak Bekerja

GeographyNow (YouTube): Pelajari Geografi Dengan Video Keren 

Geografi Sekarang bukan hanya untuk anak-anak. Paul Barbato, lebih dikenal sebagai Barby, adalah tuan rumah yang menarik dan menghibur untuk video pendek untuk mempelajari semua yang perlu Anda ketahui tentang setiap negara di dunia, serta benua, wilayah, dan formasi lainnya. 

Video biasanya berdurasi 10 hingga 20 menit dan mencakup banyak informasi menarik tentang negara. Ini mencakup bagaimana negara dibentuk, masalah geopolitik saat ini, detail geografis yang menonjol tentang tanah dan sekitarnya, dan banyak lagi. Barby menceritakan semua itu melalui video lucu dan keren, sering bermain akting dengan teman-teman untuk menyampaikan fakta sejarah.

Bersamaan dengan itu, ada juga video pendek khusus bendera, yang menjelaskan sejarah bendera itu. Jika Anda belum tertarik pada cara negara membuat bendera dan makna di baliknya, video Barby akan membangkitkan kehausan baru akan pengetahuan.

Darron Gedge (YouTube): Saluran Geografi Pendidikan 

Saluran Geografi Darron Gedge adalah sumber daya yang fantastis untuk video pendidikan tentang geografi. Gedge berfokus pada geografi dan bukan geopolitik, yang berarti lebih tentang formasi alami Bumi. 

Baca Juga

PALING VIRAL  7 Aplikasi Untuk Membuat Anak Anda Terhibur di Perjalanan

Itu tidak berarti dia mengabaikan peran manusia di dalamnya. Video terbarunya, misalnya, adalah tentang erosi pantai dan metode yang dapat kita gunakan untuk menguranginya. Video sebelumnya berbicara tentang penyebab polusi air.

Melalui demonstrasi langsung, infografis dan ilustrasi, dan bahasa yang sederhana, Gedge mampu mengubah informasi geografis yang kompleks menjadi video yang mudah dipahami. Ini bagus untuk anak-anak, tetapi juga untuk orang dewasa yang tidak tahu harus bertanya ke mana karena takut terlihat bodoh.

Seterra (Web, Android, iOS): Kuis Peta Geografis Terbaik 

Tidak ada yang mendekati Seterra sebagai permainan geografis sederhana untuk menemukan lokasi di peta politik. Ini tidak terbatas pada globe saja, karena Anda dapat menelusuri ke benua dan negara, menemukan negara bagian dan provinsi, kota-kota besar, atau titik-titik penting lainnya di dalamnya. 

AS paling baik dicakup dalam aplikasi, dengan peta untuk negara bagian, ibukota, koloni asli, kota, sungai, wilayah geofisika, dan bahkan perang saudara. Setiap benua memiliki peta untuk menguji pengetahuan Anda tentang fitur fisik utama, dan beberapa negara lain memiliki materi tambahan juga seperti AS.

Selain itu, Seterra menyediakan PDF yang dapat dicetak dari sebagian besar peta ini sehingga Anda dapat membagikannya di ruang kelas, atau cukup menguji diri sendiri terhadap teman-teman Anda sebagai permainan pesta.

PALING VIRAL  Cara Membersihkan Cache Anda Di Windows 11

Seterra memiliki semuanya gratis di internet, tetapi aplikasi seluler memiliki beberapa batasan dalam versi gratisnya. Cobalah, dan jika Anda suka, harga $ 1,99 layak untuk membuka kunci semua peta dan kuis.

Unduh: Seterra untuk Android | iOS (Gratis)

NatGeo GeoBee Challenge (Android, iOS): Kuis Geografi Addictive 

Sama seperti tes ejaan Lebah, National Geographic menyelenggarakan kompetisi tahunan bagi siswa untuk menguji pengetahuan geografis. Baik Anda seorang pelajar atau orang dewasa, aplikasi GeoBee Challenge adalah cara yang baik untuk menguji geografi Anda sendiri dan belajar lebih banyak lagi. 

Ada 15 putaran kuis, dengan lima pertanyaan di setiap putaran. Setiap pertanyaan memiliki jawaban pilihan ganda dan batas waktu. Setelah Anda memilih jawaban, aplikasi membawa Anda ke lokasi yang benar di peta. Ini adalah cara interaktif yang keren untuk menguji pengetahuan Anda, dan bahkan menerapkan pemikiran lateral.

Misalnya, salah satu pertanyaannya adalah, “Kota mana, yang dikenal karena pengaruh Cajun dan Prancisnya, hancur oleh angin topan?” Dalam pilihan, bahkan jika Anda tahu New Orleans dilanda angin topan, sekarang Anda juga akan mengetahui bahwa itu memiliki pengaruh Cajun dan Perancis yang berat.

Unduh: NatGeo GeoBee Challenge untuk Android | iOS (Gratis)

Baca Juga