5 ROM Android Custom Terbaik Yang Masih Layak Dicoba

Ingin memasang versi baru Android di ponsel Anda? Berikut adalah ROM Android kustom terbaik yang dapat Anda coba hari ini.

Ponsel Anda sudah dilengkapi dengan sistem operasi. Biasanya, ini adalah Android, tetapi Anda mungkin tidak memiliki versi terbaru di ponsel atau tablet Anda.

Meskipun Anda dapat menyalahkan operator nirkabel atau produsen perangkat Anda untuk ini, Anda tidak perlu menunggu pembaruan. Sebagai gantinya, Anda dapat mem-flash ROM khusus yang menjalankan versi Android terbaru. Ini seperti menginstal sistem operasi baru di PC Anda, tetapi lebih sederhana.

Berbagai ROM khusus tersedia untuk Android. Mari kita lihat beberapa yang terbaik dan di mana Anda dapat menemukannya.

Apa Itu Mem-flash ROM Kustom atau Flashing

Flashing, dalam istilah perangkat lunak, adalah tindakan memperbarui firmware pada perangkat. Untuk ponsel atau tablet Anda, ini berarti menulis versi baru Android ke perangkat. Diperlukan perangkat lunak spesialis untuk melakukan ini, utilitas pemulihan khusus yang juga harus dipasang di telepon Anda. Agar ini berfungsi, perangkat keras Android harus memiliki bootloader yang tidak dapat dibuka kuncinya, dan di-root.

Beberapa perangkat tidak dapat dibuka kuncinya dengan mudah, jadi sebaiknya Anda meneliti perangkat Anda sebelum melanjutkan.

Menemukan ROM khusus yang cocok untuk ponsel Anda juga mengharuskan Anda mengetahui nama kode pabrikannya, yang dapat Anda temukan dengan googling “nama kode pabrikan untuk …” diikuti dengan nama perangkat, atau cukup mencarinya di Wikipedia atau GSM Arena.

PALING VIRAL  10 Aplikasi Wallpaper Hidup/Animasi Terbaik Untuk Android

Jika Anda pernah menginstal Windows (atau Linux) dari stik USB, Anda dapat mem-flash ROM di ponsel Anda. Ini sangat mudah setelah Anda terbiasa dengan perangkat lunak pemulihan.

Siap mem-flash? Berikut adalah lima ROM Android yang dapat Anda unduh untuk perangkat Anda.

LineageOS

Hari-hari awal peretasan Android didominasi oleh ROM CyanogenMod, sebuah proyek yang akhirnya gagal. Sebagai gantinya hadir LineageOS, sebuah garpu yang dibangun di atas prinsip keamanan, stabilitas, dan penyesuaian yang sama.

LineageOS dikirimkan dengan alat yang disebut Privacy Guard untuk membantu mengontrol aplikasi apa yang dapat mengakses. Alat kustomisasi dan aplikasi sumber terbuka membantu memaksimalkan produktivitas di LineageOS, dengan ROM tersedia untuk ponsel dan tablet. Perangkat dari lebih dari 20 produsen didukung, termasuk LG, Asus, Sony, dan Samsung.

Perhatikan bahwa versi LineageOS tidak sinkron dengan Android dan AOSP. Jadi, LineageOS 17 setara dengan Android 10.

Resurrection Remix

ROM Android yang mendorong kemampuan penyesuaian, Resurrection Remix berjanji untuk menjadi stabil, cepat, dan aman. Ia menawarkan pembaruan over the air (OTA) dan dioptimalkan agar lebih ramah pada baterai ponsel Anda.

Resurrection Remix mendukung 85 perangkat untuk Android 10, dengan arsip rilis lama untuk perangkat keras lawas. Singkatnya, Anda hampir pasti akan menemukan versi Resurrection Remix yang berjalan di ponsel atau tablet Android Anda.

PALING VIRAL  √ Inilah Rutinitas Orang Sukses yang Harus Anda Tiru

crDROID

CrDROID dengan nama yang tidak biasa adalah salah satu ROM Android terpopuler yang tersedia. Sementara yang lain dalam daftar ini didasarkan pada AOSP, crDROID didasarkan pada LineageOS. Namun, berbagai penyesuaian ditambahkan ke OS dasar untuk cukup membedakan crDROID.

Empat versi tersedia; crDROID 4, 5, 6, dan 7, setara dengan Android 8, 9, 10, dan 11. Versi yang lebih lama dihentikan; Anda dapat menginstal crDROID 6 pada 88 perangkat dari 16 produsen, dan crDROID 7 pada 31 perangkat.

crDROID adalah ROM Android yang sangat dapat diubah dan disesuaikan, dengan menu Pengaturan untuk mengubah tindakan tombol, elemen navigasi UI, bilah status, dan banyak lagi.

OmniROM

OmniROM adalah ROM yang solid, cepat, dan stabil yang hadir dengan berbagai paket tweak yang sudah dipanggang. Seperti LineageOS, OmniROM adalah cabang dari CyanogenMod, dan merupakan ROM dengan fokus pada privasi.

Memilih OmniROM menghasilkan pengalaman Android de-Googled, meskipun berbagai paket Google Apps (gApps) dapat diinstal. Ini memungkinkan Anda memilih pengalaman Google minimal atau lengkap sesuai keinginan Anda.

Daftar perangkat resmi untuk versi OmniROM lama, dengan 11 perangkat dalam pengembangan saat ini. Diantaranya adalah ASUS ROG Phone 3, OnePlus 7 Pro, dan Zenfone 6.

Pixel Experience

Mendukung ponsel dari 10 produsen, Pixel Experience bertujuan untuk menghadirkan pengalaman seperti Pixel ke handset non-Pixel.

Berdasarkan AOSP, ROM mengemas semua fitur Pixel (peluncur, wallpaper, ikon, font, dan animasi boot) bersama dengan keamanan maksimum. Kode dapat ditinjau di GitHub, dan tim pengembangan menerima donasi melalui PayPal.

Pixel Experience tersedia dengan versi Android saat ini dan sebelumnya. Pada saat penulisan, ada juga edisi “plus” yang terbatas pada perangkat tertentu. Ini membanggakan fitur tambahan seperti kamera default baru dan perekam layar tersembunyi.

PALING VIRAL  7 Cara Untuk Meningkatkan Kualitas Suara AirPods Pro

Flashing Pixel Experience pada akhirnya akan memberi Anda perasaan bahwa Anda menggunakan handset Google Pixel tanpa membayarnya.

Di Mana Tempat Terbaik untuk Menemukan ROM Custom

Sementara sebagian besar ROM dirilis di beberapa model berbeda, banyak pekerjaan yang dilakukan untuk memastikan kompatibilitas.

Akibatnya, ini membutuhkan sekelompok pengembang untuk berkontribusi pada setiap proyek. Sangat sedikit uang yang dikeluarkan selain iklan yang diklik di situs web, dan sumbangan dibuat di forum XDA-Developers.

Ini adalah tempat untuk menemukan ROM yang didedikasikan untuk perangkat Anda, yang biasanya memiliki halaman khusus. Periksa fitur dan tangkapan layar sebelum mengunduh ROM — dan nikmati pengalaman Android baru Anda!

Jadikan Android Seperti Baru Dengan ROM Custom

Kami telah melihat lima ROM Android teratas, tetapi banyak lagi yang tersedia. Anda mungkin perlu mencoba lebih dari satu untuk menemukan yang terbaik untuk Anda. Luangkan waktu untuk memeriksa video, daftar fitur lengkap, dan tangkapan layar untuk membantu Anda memilih. Anda juga harus berkonsultasi dengan utas XDA-Developers yang sesuai untuk ponsel Anda dan ROM yang Anda pilih.

ROM khusus adalah fitur yang dikemas, dapat dikonfigurasi, dan dapat memberikan kehidupan baru ke dalam perangkat Android yang basi.