6 Alat AI Yang Dapat Menambahkan Warna Pada Foto Hitam Putih Lama Anda

Jika Anda memiliki foto lama, hitam dan putih yang ingin Anda beri warna, gunakan salah satu alat AI ini untuk menghidupkan masa lalu.

Selama bertahun-tahun, perusahaan produksi telah menggunakan teknik mahal untuk mewarnai film hitam putih lama. Tapi sekarang kecerdasan buatan menempatkan kemampuan itu di tangan pengguna sehari-hari, memungkinkan Anda menambahkan warna pada foto keluarga lama, gambar bersejarah, atau bingkai video hitam putih dalam hitungan detik.

Cara kerjanya seperti ini: Pengembang memasukkan sejumlah besar gambar berwarna ke dalam jaringan saraf, yang merupakan bahasa AI untuk perangkat lunak yang dimodelkan setelah fungsi otak. Seiring waktu, perangkat lunak belajar mengenali objek yang berbeda dan menentukan kemungkinan warnanya.

Algoritme ini digabungkan ke dalam layanan online serta perangkat lunak yang dapat Anda unduh dan jalankan di komputer. Dalam kondisi terbaiknya, mereka menghasilkan hasil yang tampak menambah warna pada foto-foto lama seolah-olah secara ajaib.

Pada artikel ini, kita melihat beberapa alat pewarnaan yang mudah digunakan, yang semuanya dapat Anda coba secara gratis jika Anda ingin menambahkan warna pada foto hitam putih.

DeOldify

Perangkat lunak sumber terbuka gratis ini menggunakan teknik AI yang dikenal sebagai Generative Adversarial Networks, di mana jaringan saraf kedua, yang dijuluki “kritik” atau “diskriminator”, membantu mengajarkan yang pertama untuk menghasilkan gambar yang lebih baik. Hasilnya mengesankan: Potret, interior, dan pemandangan luar ruangan semuanya tampil dengan warna realistis.

Ini adalah salah satu alat pewarnaan terbaik yang kami uji, tetapi mendapatkan akses penuh ke kemampuannya akan menjadi tantangan bagi pengguna sehari-hari. Ini berjalan di Ubuntu, distribusi Linux yang populer, dan membutuhkan cukup banyak pengetahuan teknis jika Anda ingin menginstalnya di komputer Anda sendiri. (Pelajari lebih lanjut tentang Ubuntu di panduan kami mengadu Debian vs. Ubuntu vs. Linux Mint.)
Untuk kita semua, pengembang utama Jason Antic telah menyiapkan situs web tempat Anda dapat mengunggah gambar hitam-putih dan kemudian mengunduh hasil yang diwarnai. Kelemahan utamanya adalah foto diperkecil hingga maksimum 800 piksel di kedua arah.
Jika Anda ingin menghapus batasan ukuran, opsi lainnya adalah Google Colab, layanan online yang memungkinkan Anda menjalankan kode yang ditulis dalam bahasa Python. Halaman Github Antic memiliki link ke notebook Colab untuk tiga jenis DeOldify, termasuk versi “artistik” default.

Anda menekan serangkaian tombol untuk menjalankan kode, memasukkan URL yang tertaut ke gambar hitam-putih, dan menunggu beberapa saat perangkat lunak menghasilkan versi berwarna.

PALING VIRAL  Ubah Gmail Menjadi Alat Kolaborasi Yang Kuat dengan Aplikasi Ini

Jika Anda ingin mewarnai gambar di komputer, Anda harus menguploadnya ke situs hosting gambar seperti Flickr atau Imgur. Keseluruhan proses mungkin terlihat menakutkan pada awalnya, tetapi tidak terlalu sulit. Dan halaman Github tertaut ke tutorial video dengan petunjuk langkah demi langkah.

Jika Anda lebih suka tidak berurusan dengan kerumitan itu, beberapa pengembang lain telah memasukkan DeOldify ke dalam aplikasi mereka sendiri dengan antarmuka pengguna yang lebih ramah. Beberapa di antaranya diuraikan di bawah ini.

MyHeritage In Color

MyHeritage, layanan silsilah online, menawarkan versi DeOldify yang disempurnakan sebagai bagian dari paket langganan level maksimum $ 199 / tahun. Perusahaan melisensikan teknologi dari Antic, yang menggambarkannya sebagai versi terbaik dari perangkat lunaknya. Pengujian kami membuktikannya.

Misalnya, foto dari California’s Big Sur memiliki sedikit warna biru saat diwarnai pada versi yang lebih lama, tetapi terlihat jauh lebih baik pada yang ini. Setelah mewarnai gambar, Anda dapat menjalankan operasi kedua yang mempertajamnya.

Pewarnaan saja tidak membenarkan langganan $ 199 / tahun, tetapi aplikasinya adalah bagian kecil dari MyHeritage, yang memungkinkan Anda mengatur situs web pribadi tempat Anda dapat melacak silsilah keluarga. Anda dapat mencoba perangkat lunak pewarnaan secara gratis hingga 10 foto.

PALING VIRAL  Cara Melakukan Panggilan Konferensi di iPhone

Image Colorizer

Ini mungkin pilihan terbaik Anda jika Anda menginginkan kualitas DeOldify dalam antarmuka pengguna yang sederhana tanpa label harga yang besar. Ini tersedia sebagai layanan berbasis awan gratis dan sebagai aplikasi gratis untuk perangkat Android dan iOS.

Pengembang juga menawarkan Picture Colorizer, aplikasi Windows yang menggabungkan pewarnaan dengan penghapusan goresan dan fungsi pemrosesan gambar lainnya. Versi Mac saat ini dalam versi beta.

Layanan berbasis cloud memiliki antarmuka seret dan lepas yang sederhana dan memungkinkan Anda mewarnai foto hingga resolusi maksimum 3000×3000 piksel.

Tidak 100 persen jelas bahwa perangkat lunak tersebut didasarkan pada DeOldify, tetapi tampaknya memang demikian. Di semua gambar uji kami, program menghasilkan hasil yang identik.

Unduh: Image Colorizer untuk Android | iOS (Gratis)

ColorSurprise AI Pixbim

Perangkat lunak desktop yang mudah digunakan ini menggabungkan pewarnaan berbasis AI dengan fungsi pemrosesan gambar yang memungkinkan Anda menyesuaikan suhu warna, intensitas, kontras, dan gamma. Perangkat lunak ini juga menyediakan alat kuas jika Anda ingin memperbaiki area yang warnanya salah. Anda dapat mewarnai gambar satu per satu atau dalam kelompok.

Hasilnya mengesankan, menumpuk dengan baik ke DeOldify.

ColorSurprise tersedia di macOS dan Windows. Harganya agak mahal $ 79,99, tetapi Anda dapat mengunduh versi uji coba gratis yang memberi tanda air pada gambar yang disimpan.

Algorithmia Image Colorization

Layanan mikro online ini, yang diselenggarakan oleh vendor AI Algorithmia, didasarkan pada proyek Colorful Image Colorization dari peneliti Richard Zhang, Phillip Isola, dan Alexei Efros.

Dibandingkan dengan DeOldify, perangkat lunak ini adalah tas campuran, bekerja dengan baik pada beberapa gambar tetapi tidak pada yang lain.

Misalnya, dalam gambar Big Sur kami, bagian pantai tampak merah, dan di bagian lain, bagian dedaunan hijau diwarnai coklat. Pengembang dengan bebas mengakui masalah ini di laman Github proyek.

PALING VIRAL  Cara Memperbaiki Unmountable Boot Volume Pada Windows 10

Movavi Photo Editor

Program pengeditan foto tingkat awal ini mencakup alat pewarnaan berbasis AI. Dalam pengujian kami, itu tidak bekerja sebaik perangkat lunak lain dalam putaran ini. Warna di beberapa foto dibisukan, dan dalam potret yang kami uji, beberapa area kulit subjek tampak berubah warna.

Di sisi lain, Movavi Photo Editor menawarkan sejumlah fitur pengeditan gambar lainnya, termasuk pengurangan noise, penghapusan latar belakang, penghalusan kulit, dan banyak filter efek khusus. Ini layak dipertimbangkan jika Anda menginginkan alat pengeditan foto menyeluruh yang murah. Tetapi jika Anda hanya perlu pewarnaan, Anda harus mencari di tempat lain.

Unduh: Movavi Photo Editor untuk Windows | macOS ($ 44,95, dengan uji coba gratis tersedia)

Tambahkan Percikan Warna ke Foto Anda

Tidak satu pun dari alat pewarnaan AI ini yang sempurna, tetapi yang terbaik menghasilkan gambar yang cukup realistis sehingga Anda tidak akan pernah percaya bahwa foto tersebut diambil dalam warna hitam putih.

Dan bahkan jika warnanya sedikit hilang, Anda dapat menggunakan perangkat lunak pengedit gambar seperti Adobe Photoshop untuk mengubah hasil atau bahkan mengganti satu warna dengan warna lain.

Apakah kami memiliki preferensi? Aplikasi MyHeritage, berdasarkan versi lanjutan DeOldify, memberikan hasil terbaik, tetapi tidak sebanding dengan label harga $ 199 / tahun kecuali jika Anda ingin menggunakan fitur silsilah layanan lainnya.

Jadi, dengan mempertimbangkan semuanya, kami akan menyetujui Image Colorizer, yang menawarkan kualitas pewarnaan DeOldify dalam beberapa paket yang mudah digunakan, termasuk versi berbasis cloud gratis.

Alat apa pun yang Anda pilih, sekarang Anda memiliki peluang besar untuk mengobrak-abrik album keluarga lama atau arsip sejarah dan menghidupkan masa lalu.