6 Alternatif Visio Untuk Diagram Yang Mudah Dipahami

Microsoft Visio adalah salah satu alat diagram dan diagram alur terbaik. Tapi itu tidak murah, dan ada alternatif gratis yang bisa lebih baik.

Microsoft Visio adalah perangkat lunak standar industri untuk merepresentasikan informasi dan data secara visual. Anda dapat menggunakannya untuk membuat diagram alur terperinci, bagan organisasi, denah lantai, dan jenis representasi visual lainnya.

Meskipun Visio adalah alat yang hebat, ia memiliki beberapa kekurangan mencolok, seperti kurva pembelajaran yang curam, aksesibilitas terbatas, dan masalah versi. Ini juga membutuhkan banyak biaya untuk penggunaan pribadi.

Ada banyak opsi gratis untuk menggantikan Visio, tetapi tidak semua perangkat lunak diagram dibuat sama. Artikel ini membahas alternatif Visio gratis terbaik yang dapat Anda gunakan untuk membuat diagram yang terlihat profesional.

diagrams.net (sebelumnya draw.io) adalah perangkat lunak menggambar online gratis dan sumber terbuka. Program berbasis browser ini memiliki antarmuka yang sangat sederhana dan intuitif. Anda tidak akan membuang waktu untuk mulai membuat diagram.

Alat ini terintegrasi dengan baik ke dalam Google Drive, OneDrive, Dropbox, dan layanan berbasis cloud lainnya. Anda dapat menghubungkannya dengan akun Google Anda untuk kolaborasi waktu nyata.

Anda juga dapat menggunakan software ini baik secara online maupun offline. Alat diagram kompatibel dengan Chrome dan Firefox. Anda juga dapat mengunduh aplikasi desktop yang berjalan di Windows, macOS, dan Linux.

Yang terbaik adalah Anda tidak perlu mendaftar atau masuk untuk menggunakan diagrams.net. Cukup buka situsnya, pilih template dan mulai buat desain Anda. Anda bisa mulai dengan diagram kosong jika Anda mau.

diagrams.net memungkinkan Anda membuat bentuk dan ukuran dasar; ia memiliki opsi untuk mencari bentuk. Anda dapat menggunakannya untuk membuat bagan organisasi, diagram alur, diagram Venn, dan UML. Plus, ada opsi untuk mengimpor Lucidchart, Gliffy, VSDX, dan lebih banyak jenis file.

Setelah membuat diagram, Anda dapat menyimpannya ke layanan cloud, seperti OneDrive, Google Drive, atau bahkan hard drive Anda. Selain itu, Anda dapat mengekspor proyek Anda dalam PNG, SVG, XML, PDF, dan banyak lagi.

PALING VIRAL  Apa Arti DirectStorage Untuk Gamer Windows 11

Lucidchart adalah alternatif berbasis web lain untuk Visio. Alat diagram digunakan oleh pelanggan seperti Google, Amazon, Cisco, dan Intel. Alat online dilengkapi dengan perpustakaan besar template dan bentuk. Dari maket Android hingga denah lantai, ia memiliki berbagai templat yang sudah jadi.

Lucidchart juga mendukung drag-and-drop, menjadikannya pilihan yang bagus untuk membuat desain dengan cepat. Anda juga dapat mengimpor file dari Visio, Excel, dan Zapier. Dari membuat diagram aliran data hingga diagram teknis yang rumit, Lucidchart dapat melakukan semuanya. Anda dapat menambahkan berbagai bentuk, wadah, dan konektor pintar untuk membuat desain yang menarik.

Alat ini juga memungkinkan Anda mengerjakan diagram yang sama dengan tim. Lucidchart terintegrasi dengan mulus dengan G Suite, memungkinkan Anda mengelola tim Lucidchart melalui Google Workspace. Cukup daftar untuk mendapatkan versi gratis untuk memulai.

Namun, versi gratis membatasi Anda untuk menggunakan tiga dokumen aktif sekaligus, yang seharusnya cukup untuk penggunaan pribadi. Juga, jumlah item yang ditampilkan pada satu diagram terbatas. Meningkatkan ke paket premium memecahkan batasan ini.

Apakah Anda memerlukan diagram sederhana atau kompleks, Anda dapat membuatnya dengan yEd. Antarmuka perangkat lunak memudahkan untuk menyesuaikan diagram. Alat ini menyediakan berbagai macam elemen diagram, seperti simbol diagram alur, simpul bentuk, dan tipe tepi. Ini membantu memudahkan proses membangun diagram seperti diagram alur dan peta pikiran.

Editor diagram juga dilengkapi tata letak otomatis yang membantu mengatur elemen diagram. Misalnya, jika diagram alur Anda memiliki banyak data, Anda dapat mengontrol arah cabang secara otomatis dari panel pengaturan.

Anda dapat mengimpor data eksternal, seperti file Visio dan spreadsheet Excel, untuk membuat diagram kustom. Setelah selesai, Anda dapat menyimpan konten Anda dalam berbagai format, termasuk JPEG, SVG, GIF, PDF, SWF, dan HTML.

PALING VIRAL  Standar Pembelajaran Autohotkey | Belajar Online tutorial css html php seo marketing imacros Autohotkey

LibreOffice Draw adalah salah satu alternatif paling populer untuk Microsoft Visio. Editor grafis open-source adalah bagian dari suite LibreOffice yang mencakup pengolah kata, alat spreadsheet, dan beberapa alat lainnya.

Draw dilengkapi dengan koreksi otomatis, pemeriksa ejaan, dan tesaurus. Ini juga termasuk galeri built-in dengan clip art yang dapat Anda seret ke kanvas untuk digunakan.

Alat yang mudah dipelajari ini memungkinkan Anda membuat apa pun mulai dari sketsa cepat hingga gambar teknis. Gunakan untuk merancang dan membuat diagram seperti diagram alur, bagan organisasi, desain jaringan, dan poster. Anda bahkan dapat mengedit file PDF di Linux.

Perangkat lunak ini memiliki fitur pengelompokan yang memungkinkan Anda mengelompokkan objek yang berbeda bersama-sama. Opsi ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan beberapa tindakan pada grup, seperti memindahkannya atau menghubungkannya dengan grup lain. Anda dapat mengekspor diagram lengkap dalam berbagai format termasuk, JPEG, PNG, SVG, dan PDF.

Google Drawings adalah bagian dari rangkaian Google Drive (yang mencakup Dokumen, Spreadsheet, dan Slide) dan merupakan salah satu pembuat diagram alur online gratis terbaik. Alat diagram tersedia sebagai aplikasi web dan aplikasi Chrome offline di Toko Web.

Perangkat lunak ini mencakup berbagai garis, bentuk, dan info. Anda dapat menggunakannya untuk membuat diagram alur, peta konsep, gambar rangka, dan banyak lagi. Google Gambar memiliki tata letak sederhana yang membantu Anda memulai dengan cepat. Anda dapat mulai membuat di kanvas kosong. Kemudian, tambahkan beberapa elemen berbeda, seperti teks, bentuk, dan panah, ke kanvas. Anda dapat menarik dan melepas elemen, serta mengubah ukuran, memindahkan, dan memutar objek.

Google Drawings menyertakan banyak koleksi template menarik untuk memulai diagram Anda dengan benar. Perangkat lunak ini juga memudahkan untuk berkolaborasi dengan orang lain secara real-time.

Anda dapat menghubungkan Google Spreadsheet ke Gambar untuk membuat diagram dengan data Anda. Setelah selesai, Anda dapat menyimpan diagram Anda di Google Drive atau di tempat lain sebagai file JPG, PNG, PDF, atau SVG. Alat ini juga memungkinkan Anda berbagi proyek secara publik atau dengan sekelompok individu tertentu.

PALING VIRAL  7 Toko Ebook Online Terbaik

Creately adalah alat diagram pemenang penghargaan. Ini juga salah satu alat yang paling mudah digunakan, dengan beberapa kecepatan tercepat di industri. Terima kasih (sebagian) untuk banyak pintasan gambar yang ditemukannya.

Perangkat lunak ini memiliki antarmuka intuitif dengan koleksi template, bentuk, garis, dan palet warna. Anda dapat menggunakan perangkat lunak untuk membuat diagram alur, bagan organisasi, peta pikiran, dan diagram UML yang kompleks.

Creately menampilkan alat kolaborasi, membuatnya mudah untuk bekerja dengan anggota tim Anda pada desain sekaligus. Alat ini memiliki aplikasi untuk Windows, Mac, dan Linux dan bekerja dengan lancar dengan G Suite, Confluence, dan Jira.

Paket gratis memungkinkan Anda untuk menambahkan hingga tiga kolaborator dan memungkinkan Anda menggunakan hingga 60 elemen berbeda di setiap diagram atau ruang kerja. Dengan akun gratis, Anda juga tidak dapat mengimpor file Visio. Hal baiknya adalah, rencana awal Creately adalah salah satu yang termurah di luar sana.

Buat Visual Yang Kuat Dengan Alternatif Visio Gratis

Microsoft Visio adalah alat canggih yang membantu orang merepresentasikan informasi melalui gambar. Anda dapat menggunakannya untuk membuat diagram alur, bagan organisasi, denah lantai, dan diagram lainnya. Tetapi Visio mungkin tidak selalu menjadi pilihan terbaik untuk Anda, mengingat harga yang mahal dan perubahan kosmetiknya.

Untungnya, ada banyak alat diagram yang menyediakan fungsionalitas serupa dengan Visio. Pada artikel ini, kami mengeksplorasi alternatif Visio gratis terbaik yang menyelesaikan pekerjaan. Namun, daftar tersebut tidak mencakup semua alat yang bermanfaat, seperti perangkat lunak peta pikiran, yang membantu menyajikan informasi dengan cara yang jelas dan bermanfaat.