6 Aplikasi Produktivitas Gratis dan Berbayar Terbaik Untuk Windows

Jika Anda perlu menyelesaikan banyak pekerjaan dengan cepat, Anda memerlukan aplikasi yang dapat mengimbangi beban kerja Anda.

Waktu Anda sangat berharga, dan untuk menyelesaikan tugas Anda secara efisien, Anda harus produktif. Dengan kumpulan aplikasi yang tepat, Anda dapat meningkatkan produktivitas sepuluh kali lipat. 

Jika Anda benar-benar ingin bekerja cerdas, Anda perlu menggunakan alat yang benar yang akan membantu menghemat waktu, menjaga tugas tetap teratur, dan membuat alur kerja Anda lebih lancar.

Dengan begitu banyak aplikasi produktivitas di luar sana, mungkin cukup sulit untuk mengetahui apa yang pantas untuk dicoba, itulah sebabnya kami telah menyusun daftar ini untuk memberi Anda aplikasi produktivitas terbaik untuk PC Windows. 

Baca terus selagi kami mencantumkan aplikasi yang Anda butuhkan untuk meningkatkan alur kerja Anda.

Microsoft 365

Microsoft 365 (sebelumnya Office 365) adalah rangkaian produktivitas kantor yang ideal untuk perusahaan dan pelajar. Kemungkinan Anda mungkin sudah menggunakan versi Microsoft Office yang lebih lama untuk kebutuhan sehari-hari Anda, tetapi Microsoft 365 memberi Anda yang terbaik yang ditawarkan Microsoft.

Microsoft 365 menyertakan aplikasi warisan terkenal seperti Word, Excel, Powerpoint, Access, dan Outlook yang tidak perlu diperkenalkan. Selain berbagai aplikasi dari suite Office, Microsoft 365 hadir terintegrasi dengan OneDrive.

Jadi Anda tidak hanya mendapatkan perangkat lunak produktivitas kantor terbaik dengan Microsoft 365, tetapi Anda juga menerima integrasi berbasis cloud yang andal yang memungkinkan Anda mengakses file dari mana saja secara virtual dan secara bersamaan menyimpan cadangan file penting dengan aman.

Meskipun Microsoft Office cenderung menerima kritik yang adil dari waktu ke waktu, tidak ada keraguan bahwa Microsoft adalah pemimpin pasar dalam perangkat lunak produktivitas kantor.

PALING VIRAL  7 Aplikasi Terbaik Untuk Menemukan Apartemen Baru Untuk Disewa

Hal terbaik tentang Microsoft 365 adalah sangat mudah diakses. Aplikasi Microsoft 365 berbasis web dapat diakses secara gratis dengan akun Microsoft, tetapi Anda harus memilih paket yang sesuai jika ingin menginstal Microsoft 365 di PC Windows Anda.

Asana

Asana terkenal dengan kolaborasi dan manajemen tugas. Ini adalah alat manajemen tugas yang sangat fleksibel yang membuat kolaborasi tim menjadi mulus. Aplikasi ini dirancang untuk memiliki antarmuka yang intuitif dan dilengkapi dengan banyak alat yang membuat manajemen beban kerja dan penetapan tugas menjadi sangat efisien.

Asana bukanlah alat manajemen proyek terbaik, tetapi ada penekanan inti pada produktivitas dan kolaborasi yang efektif. Sangat mudah untuk melacak semua tugas yang diberikan kepada karyawan tertentu, dan Anda bahkan dapat membuat laporan yang relevan.

Apa yang tidak dimiliki Asana dalam fitur bawaan dibuat dengan integrasi kuat yang dapat Anda gunakan untuk membuat Asana beradaptasi dengan alur kerja Anda. Anda dapat mengintegrasikan banyak platform dengan Asana, seperti Slack, Microsoft Teams, Zapier, Salesforce, dan Adobe Creative Cloud.

Jika Anda memiliki tim kecil hingga 15 anggota, Anda dapat menggunakan Asana secara gratis. Namun, untuk organisasi yang lebih besar, Anda harus membeli paket khusus.

Unduh: Asana (Gratis, berlangganan tersedia)

Slack

Slack adalah salah satu alat komunikasi terbaik di luar sana. Selama beberapa tahun terakhir, itu telah menjadi kebutuhan penting dalam alur kerja organisasi. Slack adalah alat komunikasi dan produktivitas yang luar biasa dalam hal fungsionalitas dan desain.

Melalui Slack, tim Anda dapat melakukan percakapan satu lawan satu dan grup dan bahkan panggilan audio/video. Organisasi cenderung menyiapkan ‘saluran’ yang berbeda untuk setiap tim sehingga kolaborasi tim dapat unggul.

PALING VIRAL  Cara Menggunakan Snipping Tool Windows Untuk Screenshot

Selain diskusi pekerjaan, Slack juga membantu membangun rasa kebersamaan dalam organisasi melalui saluran khusus untuk berbagai topik rekreasi seperti olahraga, membaca, bepergian, dll.

Anda bahkan dapat mengintegrasikan Slack dengan perangkat lunak terkemuka di industri dan aplikasi khusus untuk mendapatkan alur kerja yang paling efisien. OneDrive, Google Docs, Microsoft Teams, dan Github hanyalah beberapa platform yang dapat Anda integrasikan dengan Slack.

Slack memiliki versi gratis, tetapi dengan fitur terbatas, organisasi yang lebih besar kemungkinan akan berinvestasi dalam model penetapan harga premium yang paling banyak memanfaatkan Slack.

Unduh: Slack (Gratis, berlangganan tersedia)

Trello

Trello adalah alat produktivitas luar biasa lainnya dalam daftar ini. Ini dirancang untuk mengatur dan mengelola segala sesuatu mulai dari tonggak manajemen proyek yang kompleks hingga tugas harian Anda. Trello memungkinkan tim untuk berkolaborasi secara efektif dan mencapai tujuan produktivitas.

Trello mudah diatur; mulai dengan papan Trello dan tambahkan fitur yang menyesuaikan alur kerja unik tim Anda. Tugas diatur menggunakan kartu Trello, dan Anda dapat melacak setiap bagian tugas dan bahkan membagikannya dengan anggota tim. Integrasi aplikasi adalah suatu keharusan, dan Trello memungkinkan Anda terhubung dengan aplikasi yang Anda butuhkan untuk alur kerja Anda dengan cepat.

Secara keseluruhan, Trello adalah platform yang sangat ramah pengguna yang membantu Anda tetap di atas pekerjaan Anda. Anda dapat menggunakan Trello versi gratis jika Anda memiliki tim kecil, tetapi Anda harus mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam paket berbayar untuk fitur-fitur lanjutan.

Unduh: Trello (Gratis, berlangganan tersedia)

Buffer

Buffer adalah salah satu aplikasi manajemen media sosial terbaik di luar sana. Jika Anda bertanggung jawab untuk mengelola akun media sosial organisasi Anda, maka Anda tidak akan menemukan aplikasi yang lebih baik daripada Buffer.

Buffer membuat pengeposan, penjadwalan, dan pelacakan kinerja menjadi mudah dan efisien. Anda dapat mengelola rutinitas posting individu untuk Facebook, Instagram, LinkedIn, dan Twitter. Postingan yang sudah antri akan otomatis terposting sesuai jadwal yang telah ditentukan.

PALING VIRAL  Cara Memperbaiki "Periksa Koneksi Anda dan Coba Lagi" di Google Play Store

Buffer juga menyertakan alat analitik komprehensif yang menunjukkan metrik yang penting kepada Anda. Anda dapat melacak klik, komentar, berbagi, dan suka untuk lebih memahami pengikut Anda dan apa yang mereka sukai.

Anda dapat memulai dengan paket Buffer gratis yang ditujukan untuk individu yang baru memulai dengan media sosial. Namun, untuk keterlibatan terperinci dan alat analitik, Anda harus membeli paket berlangganan premium.

Unduh: Buffer (Gratis, berlangganan tersedia)

RescueTime

Jika Anda adalah seseorang yang mudah terganggu dan ingin melacak waktu Anda, maka Anda memerlukan RescueTime. Aplikasi ini diam-diam bekerja di latar belakang dan memantau aktivitas Anda tanpa mengganggu Anda. Anda kemudian dapat mengatur target dan peringatan untuk mengembangkan kebiasaan kerja yang lebih baik.

Versi gratis aplikasi ini cukup memadai untuk sebagian besar pengguna, tetapi paket berbayar menawarkan fitur tambahan kepada Anda.

Dapatkan Produktif Dengan Alat Yang Tepat

Produktivitas sangat penting, dan mendapatkan alat yang tepat adalah langkah pertama untuk mencapai tujuan Anda. Aplikasi seperti Slack dan Asana membantu Anda melacak tugas dan berkolaborasi dengan tim Anda secara efektif, dan jika Anda menggunakan potensi penuh dari Microsoft 365, Anda akan dapat merampingkan alur kerja Anda dan menjadi lebih produktif.