6 Aplikasi Terbaik Untuk Membersihkan dan Mengoptimalkan Mac Anda

Anda harus menjaga komputer Mac Anda tetap bersih dan bebas dari file sampah untuk mendapatkan yang terbaik darinya. Ini adalah ulasan tentang alat pembersihan terbaik yang dapat Anda gunakan.

Meskipun Mac adalah mesin yang hebat, mereka tidaklah sempurna. Dari waktu ke waktu, Mac Anda mungkin memerlukan pemeliharaan agar dapat berjalan dengan baik.

Salah satu tugas pemeliharaan ini adalah membersihkan sistem Anda dari file sampah. Jika Anda sudah lama menggunakan Mac, Anda mungkin memiliki banyak file dan folder untuk disortir. Ini bisa membuat stres, di situlah alat pembersih berguna.

CleanMyMac X

CleanMyMac X adalah salah satu pembersih Mac terbaik dan populer yang pernah ada. Aplikasi ini memiliki perangkat lunak pembersih dan perangkat lunak antimalware. Keduanya digabungkan untuk menjaga komputer Mac Anda bebas dari file yang tidak dibutuhkan dan kekacauan lainnya.

CleanMyMac X memiliki fitur Pemindaian Cerdas yang melakukan pembersihan menyeluruh pada komputer Mac Anda, mendeteksi jumlah file sampah (seperti log sistem dan file cache pengguna) dan lokasinya. Selain memeriksa malware di komputer Anda, ini juga mengoptimalkan penggunaan RAM.

Selain itu, perangkat lunak tersebut memiliki lencana notaris Apple. Artinya, Apple telah memeriksa perangkat lunak tersebut dan menemukan bahwa perangkat lunak tersebut tidak memiliki konten berbahaya. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan komputer Anda saat menggunakan CleanMyMac X.

Terlepas dari fitur dan manfaat ini, aplikasi ini tidak sempurna. Kekurangan pertama adalah software ini tidak gratis; Anda harus membayar langganan tahunan atau lisensi seumur hidup untuk mendapatkan keuntungan penuh. Versi gratisnya hanya memungkinkan Anda untuk membersihkan sekitar 500MB file sampah dari Mac Anda.

PALING VIRAL  Optimasi Html kode table Simple

Smart Mac Care

Smart Mac Care adalah perangkat lunak pembersihan dan pengoptimalan efektif lainnya. Ini adalah produk Systweak Software dan bekerja pada komputer Mac yang menjalankan OS X 10.9 atau yang lebih baru.

Fitur pemindaian alat ini memungkinkannya menghapus potongan-potongan file sampah dari komputer Anda. Anda akan menemukan Junk Scan, Privacy Scan, Malware Scan, dan banyak lainnya. Melalui pemindaian ini, perangkat lunak menemukan file yang tidak diperlukan untuk dihapus, membantu menyelesaikan masalah privasi, dan mencari malware.

Smart Mac Care memiliki antarmuka pengguna yang indah yang membuat penggunaan perangkat lunak menjadi mudah. Ini memungkinkan Anda untuk mengontrol proses pembersihan dan pengoptimalan hanya dengan beberapa klik.

Drive Genius

Lebih dari sekadar alat pembersihan, Drive Genius juga merupakan alat pemantauan / pengoptimalan. Drive Genius memiliki fitur yang memungkinkan Anda menjalankan diagnostik di drive penyimpanan Mac Anda. Selain itu, perangkat lunak dapat memindai konten berbahaya dan menghapus file dengan aman. Yang terpenting, perangkat lunak tersebut akan mendeteksi file yang rusak di drive Mac Anda.

Drive Genius memiliki fitur DiskPulse. Dengan ini, Anda dapat menjalankan pemindaian ekstensif pada drive internal Anda, menerima informasi tentang statusnya. Misalnya, Anda akan diberi tahu jika drive Anda akan gagal. Meskipun DiskPulse membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikannya, hasilnya biasanya pantas untuk ditunggu. Mereka dapat menyelamatkan Anda dari drive mati dan file yang hilang.

PALING VIRAL  2 Cara Mudah Menambahkan Musik ke Dalam Video di iPhone

Tentunya software ini bukan tanpa kekurangannya. Versi gratisnya hanya memungkinkan Anda untuk menggunakan sebagian kecil fitur yang tersedia, termasuk DiskPulse. Dan meskipun versi terbaru (Drive Genius 6) berfungsi dengan macOS 10.12 Sierra dan yang lebih baru, Drive Genius 5 tidak didukung di macOS Catalina.

TuneUpMyMac

Berikut alat lain yang dikembangkan oleh Systweak Software. Meskipun memiliki beberapa kemiripan grafis dan antarmuka dengan alat lain dari pengembang yang sama, fungsinya berbeda.

TuneUpMyMac pada dasarnya adalah alat pembersihan. Ini memiliki empat modul berbeda (Cleaning, Optimization, Security, dan Manual Cleaning) untuk membersihkan dan mengoptimalkan Mac Anda. Modul-modul ini memungkinkannya untuk membersihkan file duplikat, file sampah, file sementara, cache, dan banyak lainnya.

Namun, ada beberapa laporan yang mengecewakan seputar TuneUpMyMac. Ini termasuk tuduhan bahwa perangkat lunak menipu pengguna untuk membeli versi premium. Banyak program antivirus yang mendeteksi ini sebagai berbahaya.

Gemini 2

Gemini 2 adalah alat pembersih ampuh lainnya; kekuatan utamanya adalah mendeteksi file duplikat dan membantu mengaturnya. Perangkat lunak ini dapat mendeteksi, mendaftar, dan menghapus file duplikat di komputer Mac Anda dalam beberapa menit, membantu Anda mengosongkan ruang penyimpanan gigabyte.

Pemeriksa duplikat memindai semua folder dan file, apa pun tipe datanya. Artinya, apakah Anda memiliki foto duplikat, musik, atau dokumen, itu akan menemukannya selama pemindaian.

Setelah Anda melihat hasil pemindaian, Anda dapat memilih duplikat yang ingin Anda hapus dan apa yang perlu Anda simpan. Jika Anda tidak sengaja menghapus salinan, Anda selalu dapat memulihkannya dengan sekali klik. Selain itu, Anda dapat memilih file dan folder yang ingin Anda kecualikan selama pemindaian duplikat.

PALING VIRAL  Cara Memasang/Install Font di Windows 10

Ada beberapa kekurangan Gemini. Pertama, ini tidak gratis, seperti banyak alat sejenis ini. Selain itu, ia memiliki fitur “pencapaian” yang tampaknya tidak pada tempatnya. Ini berusaha untuk melakukan gamify proses membersihkan komputer Mac Anda dari file duplikat, tetapi tidak benar-benar diperlukan dan terlihat murahan.

CCleaner

CCleaner adalah alat pembersih multiguna terkenal yang berfungsi pada perangkat macOS, Windows, dan Android. Ini mengidentifikasi file yang tidak diinginkan dan file sampah di komputer Mac Anda, menghapusnya untuk membantu Anda mengosongkan ruang.

Ini juga mengoptimalkan kinerja Mac Anda dengan mengurangi beban kerja pada RAM. Ini dilakukan dengan menghapus aplikasi startup dan latar belakang yang berjalan di sistem Anda. Ini juga membantu Anda menghapus aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan.

Terlepas dari manfaat ini, ada beberapa kerugian dalam penggunaan perangkat lunak pembersihan ini. Kami telah mendokumentasikan masalah dengan CCleaner sebelumnya, dan sementara itu membersihkan tindakannya, perangkat lunaknya jauh dari yang diperlukan seperti dulu.

Di sisi positifnya, CCleaner menawarkan sebagian besar fiturnya secara gratis. Versi Pro benar-benar hanya diperlukan jika Anda menginginkan pembaruan otomatis dan pemantauan latar belakang.

Unduh: CCleaner (Gratis, tersedia versi premium)

Jaga Mac Anda Agar Tetap Berjalan Lancar

Jika Anda memilih untuk menggunakan aplikasi pembersih Mac, sekarang Anda tahu mana yang terbaik. Dan sementara kebanyakan dari mereka tidak gratis, Anda mungkin menemukan kenyamanan pembersihan file otomatis sebanding dengan biayanya.