6 Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer di Windows 10

Kecerahan monitor komputer Anda mungkin bukan sesuatu yang Anda pertimbangkan. Tetapi sangat penting untuk kesehatan mata Anda. Kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana menyesuaikan kecerahan layar pada Windows 10 dengan kontrol yang tersedia.

Menyesuaikan pengaturan tampilan pada komputer baru adalah tugas dasar. Jika Anda mengalami ketegangan mata atau sakit kepala, kecerahan layar bisa menjadi penyebabnya. Mudah untuk menyesuaikan level secara manual atau otomatis berdasarkan masa hidup baterai, rencana daya, atau cahaya di sekitarnya.

Ubah Kecerahan Secara Manual di Windows 10

Tekan tombol Windows + I untuk membuka Pengaturan dan pergi ke System > Display. Di bawah Brightness and color, gunakan slider Change brightness. Ke kiri akan lebih redup, ke kanan lebih cerah.

Untuk melakukan ini, tekan tombol Windows + X dan klik Device Manager. Luaskan Display adapters dan klik kanan kartu grafis Anda. Klik Update driver dan ikuti wizard.

Gunakan Windows Mobility Center

Anda juga dapat menyesuaikan kecerahan secara manual menggunakan Windows Mobility Center. Untuk mengakses ini, tekan tombol Windows + X dan klik Mobility Center.

Di sini Anda dapat menggunakan penggeser kecerahan layar untuk menyesuaikan kecerahan layar.

Dengan Secara Otomatis Menyesuaikan Kecerahan untuk Umur Baterai

Menurunkan kecerahan Anda dapat membantu mendapatkan lebih banyak daya tahan baterai perangkat portabel Anda. Windows 10 memiliki fitur penghemat baterai yang dapat secara otomatis menurunkan kecerahan Anda saat diaktifkan.

PALING VIRAL  Cara Instal Ulang Windows 11 Tanpa Menghapus Aplikasi Apa Pun

Untuk mengaktifkan ini, tekan tombol Windows + I untuk membuka Pengaturan dan pergi ke System > Battery dan gulir ke bawah ke Battery saver settings

Centang Aktifkan Turn battery saver on automatically if my battery falls below dan gunakan bilah geser untuk menyesuaikan berapa persentase tingkat baterai yang Anda inginkan untuk mengaktifkan fitur itu.

Terakhir, centang Lower screen brightness while in battery saver. Tidak mungkin untuk mengatur tingkat kecerahan apa yang digunakan, tetapi mudah-mudahan, Microsoft akan menambahkan itu dalam pembaruan Windows 10 mendatang.

Secara Otomatis Mengubah Kecerahan untuk Paket Daya

Anda dapat memiliki kecerahan yang berbeda tergantung pada apakah komputer Anda sedang mengisi atau menjalankan baterai. Untuk menghemat baterai, atur tingkat kecerahan redup saat tidak terhubung.

Untuk melakukan ini, tekan tombol Windows + R untuk membuka Run, masukan control panel, dan klik OK. Buka Hardware and Sound > Power Options dan klik Change plan settings di sebelah paket yang Anda pilih.

Gunakan slider Adjust plan brightness untuk mengatur baterai Hidup Anda dan Level terpasang. Setelah selesai, klik Save changes.

Gunakan Kecerahan Adaptif pada Windows 10

Idealnya, kecerahan monitor Anda harus cocok dengan cahaya di sekitar Anda. Salah satu cara untuk membantu ini adalah dengan mengubah kecerahan secara otomatis berdasarkan cahaya sekitar Anda.

PALING VIRAL  Html Code Memahami Fugsi Progress dan Meter dengan Cepat

Fitur ini hanya diaktifkan jika perangkat Anda memiliki sensor kecerahan. Untuk mengaktifkannya, tekan tombol Windows + I untuk membuka Pengaturan dan pergi ke System > Display. Jika Anda dapat melihat Change brightness automatically when lighting changes, alihkan ke On. Jika Anda tidak dapat melihat ini, berarti Anda tidak memiliki sensor.

Cara yang lebih baik untuk menyesuaikan ini adalah melalui Control Panel karena Anda dapat mengaturnya tergantung pada rencana daya Anda. Tekan tombol Windows + R, masuk control panel dan klik OK.

Setelah di Control Panel, pergi ke Hardware and Sound > Power Options > Change plan settings > Change advanced power settings.

Rentangkan Display > Enable adaptive brightness dan gunakan dropdown untuk mengaturnya ke On battery dan Plugged in.

Sesuaikan Kecerahan Pada PC Menggunakan Keyboard

Keyboard komputer Anda mungkin memiliki pintasan untuk mengubah kecerahan Anda naik dan turun. Jika Anda menggunakan laptop, hampir pasti akan. Periksa tombol fungsi — kecerahan biasanya diwakili oleh ikon matahari.

Kombinasi tombol yang tepat akan tergantung pada model keyboard Anda. Anda mungkin perlu menahan atau mengaktifkan tombol Fn dan kemudian tekan tombol fungsi yang bersangkutan secara bersamaan.

Pada laptop Huawei Matebook saya, gambar di atas, saya benar-benar menjaga kunci Fn dinonaktifkan dan tekan F1 untuk menurunkan kecerahan dan F2 untuk meningkatkan kecerahan (mengaktifkan kunci Fn saya akan mengaktifkan fungsi F1 / F2 sebagai gantinya.)

PALING VIRAL  15 Aplikasi Untuk iPhone Baru Anda

Shortcuts Penyesuaian Kecerahan di Windows 10

Berikut adalah dua cara shortcuts cepat untuk menyesuaikan pengaturan kecerahan:

Anda dapat dengan cepat mengatur kecerahan melalui ikon Action Center di taskbar (atau tekan tombol Windows + A.) Gunakan slider kecerahan untuk menyesuaikan level. Semakin kanan slider, semakin terang layar.

Jika Anda tidak melihat ikonnya, tekan tombol Windows + I, buka System > Notifications & actions > Edit your quick actions dan klik Add > Brightness > Done.

Menggunakan utilitas pihak ketiga yang bagus? Lihat Windows 10 Brightness Slider. Utilitas yang ringan ini akan menambahkan ikon kecerahan di baki sistem Anda, yang kemudian dapat Anda klik untuk menyesuaikan kecerahan pada slider, seperti cara kerja ikon volume.

Buka proyek GitHub, unduh file, dan buka. Ini akan secara otomatis masuk ke baki Anda. Jika Anda ingin selalu ada di sana, klik kanan ikon dan klik Run At Startup.

Optimalkan Tampilan Anda untuk Kesehatan dan Kenyamanan Mata