6 Cara Menonaktifkan Touchpad Di Windows Saat Memakai Mouse

Saat membeli laptop baru, kami sangat menghargai touchpad yang ramping dan halus. Namun, mungkin ada saat-saat ketika Anda ingin menyingkirkannya sama sekali. Panel sentuh mungkin mencatat klik yang tidak disengaja saat Anda mengetik di keyboard, Anda mungkin ingin menggunakan perangkat eksternal seperti mouse, atau mungkin ada alasan lain.

Tidak mungkin untuk melepaskannya dari laptop secara fisik, tetapi Anda dapat menonaktifkannya. Mari kita lihat enam cara berbeda untuk menonaktifkan touchpad di laptop Anda.

Menonaktifkan Touchpad di Pengaturan Windows

Di Windows, aplikasi Pengaturan adalah tempat pertama yang harus Anda kunjungi untuk membuat perubahan apa pun dalam pengaturan. Jadi mari kita lihat bagaimana Anda dapat menonaktifkan touchpad di pengaturan Windows sebelum kita beralih ke metode penonaktifan yang lebih kompleks.

Klik kanan pada tombol Start Windows dan pergi ke Settings. Kemudian, navigasikan ke Devices dan buka Touchpad dari bilah sisi kiri. Matikan sakelar Touchpad untuk menonaktifkan touchpad.

Anda hanya dapat melihat pengaturan sensitivitas touchpad, yang berarti Anda tidak dapat menonaktifkannya di aplikasi Pengaturan.

Menonaktifkan Touchpad di Control Panel

Sebagai alternatif, Anda dapat menonaktifkan touchpad di Control Panel Windows. Jika Anda ingin mengambil rute ini, Anda memiliki tiga opsi:

Menonaktifkan Touchpad Sepenuhnya

Arahkan ke kategori Mouse di Control Panel Windows. Buka tab touchpad di Mouse Properties, yang dalam hal ini adalah ELAN. Klik pada ELAN Touchpad dan tekan Stop Device. Mengetuk Yes di sembulan peringatan Disable Device akan menonaktifkan touchpad Anda.

Catatan: Menggunakan mouse eksternal adalah satu-satunya cara agar touchpad Anda berfungsi kembali, jadi simpan di dekat Anda jika Anda tidak ingin macet setelah menonaktifkan touchpad.

PALING VIRAL  Aplikasi untuk Buat App android Via android

Menonaktifkan Touchpad Saat Anda Menghubungkan Perangkat Eksternal

Di jendela yang sama, Anda dapat mencentang kotak Disable when external USB pointing device plug in, yang akan menonaktifkan touchpad pad segera setelah Anda menghubungkan perangkat penunjuk eksternal.

Setelah Anda mencabut perangkat eksternal, touchpad akan berfungsi kembali.

Menonaktifkan Klik Touchpad Sambil Menjaga Fungsi Gulirnya

Jika Anda ingin menonaktifkan klik pada touchpad tetapi tetap menggulir pada touchpad dan tombolnya berfungsi, ada jalan keluar lain.

Pergi ke Control Panel dan kali ini menuju ke kategori Touchpad. Buka konfigurasi Tapping di Pengaturan One-finger. Menghapus centang pada kotak untuk Enable akan menonaktifkan klik pada touchpad sambil menjaga fungsi lainnya tetap berfungsi.

Untuk mengatur touchpad Anda ke pengaturan yang Anda inginkan, Anda dapat memilih dari tiga opsi. Misalkan metode ini tidak berhasil untuk Anda; lanjutkan ke metode lain untuk menonaktifkan touchpad di Windows.

Menonaktifkan Touchpad di Device Manager

Jika metode di atas tidak berhasil untuk Anda, Device Manager harus menjadi perhentian Anda berikutnya untuk menonaktifkan touchpad. Berikut adalah cara kerjanya:

  • Klik Kanan pada tombol Start dan menuju ke Device Manager.
  • Perluas kategori untuk Mice and other pointing devices.
  • Klik kanan driver untuk touchpad Anda dan ketuk Disable device.

Jika Anda menemukan perangkat penunjuk eksternal dan touchpad dengan nama driver yang sama, Anda mungkin harus menonaktifkannya satu per satu untuk melihat mana yang mewakili touchpad Anda.

Metode ini tidak dapat diterapkan dalam beberapa kasus ketika Windows tidak mengizinkan penonaktifan perangkat touchpad utama melalui drivernya.

PALING VIRAL  Cara Menggunakan Windows File Recovery Untuk Mengembalikan Data Anda Yang Hilang

Menonaktifkan Touchpad melalui ETD Control Centre

ETD Control Centre, yang dikenal sebagai Pusat Kontrol Perangkat Trackpad Elan, adalah program yang berjalan di latar belakang perangkat Anda, mengontrol aktivitas trackpad Anda. Menghentikan program ini akan menonaktifkan trackpad Anda.

Petunjuk berikut akan membantu Anda menonaktifkan program ini jika Anda telah menginstalnya di perangkat Anda:

  • Klik kanan pada taskbar dan pergi ke Task Manager.
  • Temukan ETD Control Centre dari daftar program.
  • Ketuk End Task (atau Disable) dengan mengklik kiri di atasnya.

Restart komputer Anda sekali untuk menerapkan perubahan. Setelah dinonaktifkan, itu tidak akan berjalan saat boot, mencegah touchpad Anda berfungsi. Namun, jika komputer Anda memiliki driver touchpad sendiri, menonaktifkan ETD Control Center tidak akan membuat perbedaan.

ETD Control Center juga tidak tersedia di semua laptop, jadi jika Anda tidak memiliki program ini yang mengontrol aktivitas touchpad Anda, perbaikan ini tidak akan berlaku.

Menonaktifkan Touchpad Melalui Windows Registry

Coba ubah registri jika sepertinya tidak ada yang menonaktifkan touchpad. Namun, lakukan ini hanya jika Anda tahu apa yang Anda lakukan. Bahkan jika Anda sudah familiar dengan modifikasi tersebut, ada baiknya untuk membuat cadangan registri. Akibatnya, jika keahlian Anda mengecewakan Anda dan Anda mengacaukan sesuatu, Anda dapat memulihkannya.

Inilah yang perlu Anda lakukan untuk menonaktifkan touchpad melalui Registry:

  • Tekan tombol Windows + R untuk membuka kotak perintah Run.
  • Ketik “Regedit” dan tekan OK.
  • Izinkan akses kontrol pengguna dengan mengetuk Yes.
  • Arahkan ke folder status PrecisionTouchPad menggunakan jalur berikut. (Anda juga dapat menyalin-menempelnya ke dalam Registry.)
ComputerHKEY_CURRENT_USERSOFTWAREMicrosoftWindowsCurrentVersionPrecisionTouchPadStatus
  • Ketuk dua kali pada Entri yang Enabled untuk mengubah Value data.
  • Tetapkan Value data ke 0 alih-alih 1.
  • Akibatnya, touchpad tidak akan berfungsi kecuali Anda mengubah nilai data kembali ke 1. Jika Anda masih tidak dapat menonaktifkan touchpad dengan mengikuti langkah-langkah ini, pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga.

    PALING VIRAL  7 Cara Untuk Memperbaiki Search Windows File Explorer

    Gunakan Perangkat Lunak Pihak Ketiga

    Jika semuanya gagal, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga. Touchpad Blocker adalah alat gratis yang hebat untuk mengaktifkan atau menonaktifkan touchpad dengan kombinasi tombol. Secara default, mereka ditetapkan sebagai CTRL + ALT + F9. Anda dapat menghidupkan dan mematikan pemblokir dengan menekan CTRL + F9 (tanpa ALT).
    Untuk menggunakan perangkat lunak ini, kunjungi situs web resmi Touchpad Blocker. Unduh dan instal perangkat lunak Touchpad Blocker. Setelah terinstal, tekan CTRL + F9 untuk mengaktifkannya. Kemudian, Anda dapat mengakses pemblokir touchpad baik dari bilah tugas atau dari daftar ikon tersembunyi.

    Selain menonaktifkan touchpad, Anda juga dapat mengonfigurasi program untuk berjalan saat startup secara otomatis, mengeluarkan bunyi bip saat klik diblokir, dan memblokir gerakan dan aktivitas roda bila diperlukan.

    Selain itu, ini memungkinkan Anda untuk menghentikan ketukan dan klik yang tidak disengaja dan mengatur interval waktu untuk memblokir klik. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan Touchpad Blocker untuk mengontrol aktivitas touchpad.

    Nonaktifkan Touchpad Anda dan Kembali Bekerja

    Beberapa perbaikan mungkin berhasil untuk Anda, sementara yang lain mungkin tidak. Apa pun yang terjadi, opsi terakhir akan berfungsi dalam setiap kasus jika tidak ada opsi lain yang berhasil. Terlepas dari versi Windows yang Anda gunakan, Touchpad Blocker kompatibel dengan Windows XP/Vista/7/8 dan 10.

    Jika Anda menghadapi masalah dengan touchpad setelah mengaktifkannya kembali, Anda harus memperbarui driver, mencabut perangkat penunjuk eksternal, atau mengatur ulang pengaturan mouse lainnya.