7 Alat Browser Terbaik Untuk Menerjemahkan Halaman Web

Jika Anda ingin dapat membaca semua yang ada di web, Anda memerlukan alat terjemahan browser ini

Menurut angka terbaru dari W3Techs, 59,9 persen dari semua konten di internet ditulis dalam bahasa Inggris. 8,7 persen Rusia, 4,0 persen Spanyol, 3,3 persen Turki, dan 2,8 persen Persia, tetapi itu tetap berarti bahwa hampir setengah dari web tidak dapat diakses kecuali Anda fasih dalam beberapa bahasa.

Jadi apa alat browser terbaik untuk menerjemahkan halaman web? Simak terus artikel ini untuk mencari tahu.

Dengan lebih dari 100 bahasa yang didukung, 500 juta pengguna harian, dan versi untuk beberapa browser dan sistem operasi, Google Terjemahan tetap menjadi raja terjemahan yang tak terbantahkan.

Ini pertama kali ditayangkan pada bulan April 2006 dan secara konsisten menambahkan lebih banyak fitur. Sekarang dapat memahami dan menerjemahkan kata yang diucapkan, menawarkan kamus yang dapat diunduh untuk penggunaan offline di ponsel, dan menyediakan terjemahan fotografis waktu nyata.

Namun Google Translate juga bukannya tanpa kekurangan. Misalnya, ia tidak menerapkan aturan tata bahasa karena algoritmanya didasarkan pada analisis mesin statistik daripada pendekatan berbasis aturan yang lebih tradisional. Ia juga melihat banyak kesalahan dalam terjemahan kesalahan bahasa non-Uni Eropa. Itu karena Google menggunakan catatan Parlemen Uni Eropa yang diterjemahkan dengan sempurna sebagai dasar untuk semua terjemahan Eropa, tetapi jelas tidak tersedia untuk dialek lain.

Google Terjemahan tersedia sebagai ekstensi resmi untuk Chrome, Edge, Firefox, dan Opera. Jika Anda menggunakan browser alternatif, Anda mungkin dapat menemukan versi tidak resmi yang dikembangkan oleh komunitas.

Google Terjemahan tetap menjadi pilihan nomor satu bagi kebanyakan orang, dan sebagian besar alat pihak ketiga menggunakan API-nya untuk memberdayakan produk mereka sendiri. Meskipun demikian, ada beberapa produk non-Google di luar sana yang sama kuatnya.

IM Translate menggunakan kombinasi Google Translate, Microsoft Translator, dan Babylon Translator untuk memberi pengguna kombinasi terjemahan mesin statistik dan terjemahan mesin berbasis aturan, dan dengan demikian hasil yang lebih akurat. Ekstensi terjemahan halaman tersedia untuk Chrome, Firefox, Opera, dan Yandex.

PALING VIRAL  5 Tips Pemula Untuk Memulai Kalender Apple di Mac

Beberapa fitur utama termasuk terjemahan klik dua kali, pintasan terjemahan yang dapat disesuaikan, dan terjemahan teks yang Anda tandai saat itu juga.

Semua aktivitas Anda disimpan dalam riwayat terjemahan agar mudah diingat, dan memiliki fitur text-to-speech yang mendukung 26 bahasa.

DeepL Translator diluncurkan pada Agustus 2017 dan dengan cepat berkembang menjadi salah satu alat terjemahan mesin gratis terkemuka di web. Bagi mereka yang tidak tahu, terjemahan mesin berarti aplikasi melatih kecerdasan buatan untuk memahami dan menerjemahkan teks. Versi pro juga tersedia,  ini menyediakan akses ke penerjemah web dan API DeepL. Sebagian besar pengguna tidak perlu berlangganan.

Sayangnya, tidak ada alat peramban resmi untuk DeepL, tetapi komunitas telah mengembangkan sejumlah ekstensi yang menyediakan akses ke terjemahannya. Anda perlu menentukan mana yang bekerja paling baik untuk kebutuhan Anda, tetapi favorit kami adalah DeepL Translator yang tepat. Ini akan menunjukkan terjemahan DeepL dari teks yang dipilih di situs web mana pun.

Karena tidak ada aplikasi resmi, Anda perlu melakukan penggalian untuk menemukan ekstensi DeepL pihak ketiga untuk browser pilihan Anda. Sebagian besar browser utama memiliki setidaknya satu alternatif yang tersedia.

PALING VIRAL  6 Aplikasi Android Terbaik Untuk Belajar Seni Bela Diri

TranslateMe secara luas dianggap sebagai alat terjemahan terbaik dan paling andal untuk peramban Apple. Seperti ImTranslator, ia menggunakan banyak layanan terjemahan untuk memberikan keluarannya.

Beberapa fitur utama ekstensi termasuk terjemahan melalui tombol bilah alat, terjemahan menu konteks, dan pintasan keyboard. Itu dapat menerjemahkan seluruh halaman web atau potongan kecil teks yang telah Anda sorot di layar.

Daftar bahasa yang didukung panjang. Ini mencakup semua bahasa global utama, banyak bahasa Eropa yang lebih kecil (seperti Catalan, Welsh, Limburgan, dan Chechnya), dan bahasa khusus dari seluruh dunia seperti Maya dan Samoa. Secara total, ada lebih dari 120 bahasa yang didukung di layanan ini.

Sayangnya, alat ini tidak gratis. Anda harus membayar biaya satu kali sebesar $ 9,99 di Mac App Store.

Reverso adalah alat terjemahan bertenaga AI lainnya. Ini menggunakan teks kehidupan nyata untuk membuat algoritme data besar yang dapat mengenali konteks, fitur penting untuk aplikasi terjemahan browser apa pun.

Namun, Reverso lebih dari sekadar terjemahan berbasis teks. Itu juga dapat menerjemahkan subtitle secara real-time. Artinya jika Anda sedang menonton film dan Netflix dan subtitle tidak tersedia dalam bahasa target Anda, Reverso dapat mengisi kekosongan.

Fitur lain termasuk kemampuan untuk menyimpan kata-kata favorit Anda dan frasa yang paling sering digunakan, cara untuk menyelaraskan terjemahan Anda antara semua perangkat Anda, dan bahkan kartu flash, kuis, dan permainan sehingga Anda dapat mempraktikkan kata-kata yang Anda coba pelajari. Bahkan ada pemberitahuan “Kata Minggu Ini”.

Sisi negatifnya, Reverso mendukung lebih sedikit bahasa daripada beberapa pesaingnya — hanya tersedia 15 bahasa (Inggris, Spanyol, Prancis, Rusia, Italia, Jerman, Portugis, Arab, Belanda, Ibrani, Polandia, Rumania, Jepang, Cina, dan Turki).

PALING VIRAL  10 Situs Web Pendidikan Luar Biasa Untuk Anak-Anak yang Layak Di Kunjungi

Ekstensi ini tersedia di Chrome, Firefox, dan Safari.

Seperti beberapa ekstensi terjemahan browser lain yang telah kami lihat, Rememberry berfungsi ganda sebagai aplikasi terjemahan dan aplikasi pembelajaran bahasa.

Aspek terjemahan mengikuti pendekatan yang sama seperti yang Anda harapkan, Anda dapat menerjemahkan satu kata, paragraf teks, atau seluruh halaman web. Anda juga dapat mengatur tombol pintas khusus dan alat bantu pengucapan kata built-in.

Namun, aspek pembelajaran bahasa itulah yang membantu aplikasi untuk bersinar. Ini menggunakan studi ilmiah tentang ingatan manusia untuk menawarkan lingkungan belajar yang komprehensif, menggambar secara khusus berapa kali sebuah kata telah diulang dan betapa sulitnya bagi Anda untuk mengingatnya pada saat itu.

Rememberry mendukung lebih dari 100 bahasa, termasuk semua dialek global utama.

XTranslate adalah penerjemah sumber terbuka untuk browser Chrome dan Opera. Itu menarik Google Translate, Yandex Translate, dan Bing Translator untuk memberikan hasilnya.

Ekstensi mendukung banyak cara berbeda untuk meminta terjemahan. Anda dapat menggunakan hotkey, mengklik ikon terjemahkan, menggunakan kolom input, dan bahkan menerjemahkan sekali klik menggunakan mouse (jika Anda mengaktifkan opsi).

Tidak seperti banyak penerjemah berbasis browser lainnya, XTranslate juga memungkinkan Anda menerjemahkan file PDF (meskipun Anda juga dapat meminta terjemahan PDF melalui menu konteks).

Pelajari Lebih Lanjut Tentang Menerjemahkan Teks

Meskipun alat yang telah kami lihat semuanya memungkinkan Anda menerjemahkan teks di browser, apa yang dapat Anda lakukan jika teks tersebut bukan bagian dari situs web?