7 Alternatif AirDrop Terbaik Untuk Android

Jika Anda adalah pemilik Android yang menderita kecemburuan terhadap Apple AirDrop, aplikasi transfer file ini sangat cocok untuk Anda.

Bahkan jika Anda seorang penggemar Android, Anda harus mengakui AirDrop Apple cukup berguna, karena membuat transfer file antara perangkat iOS dan Mac dengan cepat dan mudah. Tidak perlu kabel USB atau perangkat lunak cloud. Anda cukup mencari perangkat lain melalui Bluetooth atau Wifi dan mengambil data.

Google memiliki alternatif yang disebut Nearby Share, tetapi saat ini hanya mendukung Android dan Chrome OS. Jadi, jika Anda ingin berbagi data dengan PC, Anda memerlukan aplikasi terpisah untuk melakukan pekerjaan itu.

Dengan aplikasi Android ini, Anda dapat mengirim foto, aplikasi, video, dan lainnya dari satu perangkat ke perangkat lainnya dengan mudah.

ShareMe

Aplikasi Xiaomi ini adalah salah satu alternatif Android paling dasar untuk AirDrop. Untuk mengirim file ke ponsel lain, orang lain tersebut perlu menginstal aplikasi juga. Untuk bertukar, cukup pindai kode QR untuk berbagi data melalui Bluetooth atau Wi-Fi.

Opsi Webshare, sementara itu, membuat hotspot ad-hoc. Kemudian perangkat lain, termasuk PC, dapat mengakses ini untuk menerima file. Agak canggung, karena Anda perlu membuat SSID dan kata sandi baru setiap saat, tetapi berfungsi dengan baik.

Cara termudah untuk berbagi file dengan PC adalah fungsi Share to PC. Dengan asumsi ponsel dan komputer Anda berada di jaringan Wi-Fi yang sama, ini menyiapkan server FTP, yang Anda akses dari browser web PC Anda. Namun, itu tidak memungkinkan Anda untuk melihat thumbnail atau memilih beberapa file sekaligus, seperti yang dilakukan beberapa aplikasi mirip AirDrop untuk Android.

PALING VIRAL  Belajar Code html background simple

Snapdrop

Secara teknis, Snapdrop tidak masuk dalam daftar ini, karena ini sebenarnya bukan aplikasi Android. Alih-alih, ini adalah aplikasi web yang Anda akses dari browser web di perangkat Anda – baik itu smartphone atau PC desktop.

Segera setelah Anda membuka halaman web Snapdrop, perangkat Anda menerima sebuah nama. Anda juga akan melihat nama perangkat lain di jaringan Anda dengan halaman tersebut terbuka.

Ketuk atau klik ikon pengguna lain untuk membuka browser file. Ini memungkinkan Anda memilih apa yang ingin Anda kirim. Setelah itu, pengguna lain mendapatkan opsi untuk mengabaikan atau mengunduh file.

Cepat, sederhana, dan open source, jadi tidak ada iklan atau biaya.

Zapya WebShare

WebShare memungkinkan Anda berbagi aplikasi antara ponsel Anda dan perangkat lain, menggunakan antarmuka grafis di browser web Anda.

Dari sana, Anda dapat melihat foto, memutar video dan audio, membagikan layar ponsel Anda, dan bahkan mengontrol kamera dari jarak jauh. Mampu melihat pratinjau file sebelum Anda mentransfernya sempurna jika Anda mencari gambar atau video tertentu.

Sebagai bonus, WebShare juga menyertakan pembuat GIF, fungsi tangkapan layar video, dan pembersih penyimpanan untuk ponsel Anda. Apakah Anda melihat ini sebagai fitur yang berguna atau hanya membengkak tergantung pada kebutuhan Anda.

Sayangnya, tidak ada cara untuk menghapus iklan. Ini memalukan, karena kadang-kadang bisa sedikit mengganggu, sering muncul dan menutupi sebagian besar layar.

Super Share

Untuk berbagi file dari satu ponsel ke ponsel lain menggunakan aplikasi ini, keduanya harus menjalankan Super Share. Satu orang mengetuk Share; yang lain memilih Send.

Dengan menggunakan browser web, Anda dapat mengakses server HTTP Super Share. Aplikasi ini memberi Anda alamat IP, yang Anda ketik di browser Anda. Ini memungkinkan Anda untuk mengakses dan menelusuri semua yang ada di ponsel Anda.

PALING VIRAL  4 Cara Memaksa Menutup Aplikasi di Mac Anda

Ini terlihat mirip dengan browser FTP ShareMe, tetapi dengan kemampuan tambahan untuk mengunggah file.

Super Share bukanlah aplikasi yang sangat kuat, tetapi mudah digunakan dan iklannya tidak mengganggu. Jika mereka mengganggu Anda, meningkatkan dengan sedikit biaya akan menghapus iklan.

Pushbullet

Pushbullet membuat tautan antara ponsel dan PC Anda, memungkinkan Anda tidak hanya berbagi file, tetapi juga mengakses dan mengirim pesan teks. Berbagi file bekerja melalui antarmuka yang sangat mirip dengan aplikasi perpesanan.

Versi gratis berfungsi dengan baik, tetapi membatasi beberapa elemen, seperti ukuran file yang dapat Anda kirim dan total penyimpanan yang Anda dapatkan. Langganan Pushbullet Pro meningkatkan batas tersebut secara substansial, tetapi itu tidak murah.

Pushbullet juga memungkinkan Anda untuk mendaftar ke feed notifikasi, yang akan mengirimkan berita dan pengumuman dari berbagai sumber.

AirDroid

AirDroid dimulai hanya sebagai cara untuk mentransfer file dari ponsel Anda ke PC desktop, tetapi seiring waktu, ia berkembang untuk menggabungkan lebih banyak fitur. Saat ini, ini mencakup fungsi remote control, perekaman layar, pencerminan layar, opsi pencadangan, dan banyak lagi.

Tidak seperti kebanyakan aplikasi di sini, Anda harus masuk untuk menggunakannya. AirDroid memungkinkan Anda menambahkan hingga dua perangkat ke akun Anda. Dalam hal transfer file, versi gratis membatasi ukuran Anda hingga 30MB. Itu meningkat menjadi 1GB untuk edisi premium — langganan tahunan, yang cukup mahal untuk itu.

Dengan asumsi batasan versi gratis berfungsi untuk Anda, ini adalah cara terbaik untuk menelusuri konten ponsel Anda di perangkat lain.

Unduh: AirDroid (Gratis, berlangganan tersedia)

Sweech

Sweech bekerja seperti WebShare dan AirDroid. Ini membuat alamat IP, yang Anda ketik di browser web di perangkat lain untuk membuka antarmuka Sweech. Dari sana, Anda dapat melihat pratinjau dan mengunduh file, atau mengunggah data ke ponsel Anda. Ini semua seret dan lepas, jadi mudah digunakan.

Anda juga dapat mengirim file langsung ke telepon lain. Sweech akan menghasilkan URL unik untuk ini, serta kode QR yang dapat dipindai oleh pengguna ponsel lain dengan kamera mereka. NFC dan Android Beam juga berfungsi di sini.

PALING VIRAL  7 Perawatan Windows Penting Yang Harus Sering Anda Lakukan

Versi premium menambahkan beberapa fitur berguna, seperti perlindungan kata sandi dan enkripsi. Tetapi bahkan tanpa peningkatan itu, Sweech tidak memiliki iklan dan tidak ada batasan tentang seberapa banyak Anda dapat berbagi.

Unduh: Sweech (Gratis, tersedia versi premium)

Memilih Alternatif AirDrop Untuk Android

Mungkin saat Berbagi Di Sekitar dirilis sepenuhnya untuk Chrome, ini akan menjadi cara default untuk berbagi file antar perangkat. Hingga saat itu, aplikasi ini menawarkan berbagai cara untuk mengakses data di ponsel Anda dan memindahkan file dari satu tempat ke tempat lain tanpa harus mencolokkan kabel USB. Jika Anda melakukan backup penuh dari ponsel Android Anda, mungkin lebih baik Anda menggunakan koneksi kabel langsung.

Aplikasi seperti WebShare memungkinkan Anda untuk melihat file sebelum Anda mentransfernya; lainnya, seperti ShareMe dan Super Share, menawarkan pengalaman yang lebih sederhana.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengakses file Anda dengan mudah, dan mengaturnya secara efisien, seperti yang Anda lakukan dengan pengelola file Android biasa.