7 Aplikasi Transfer File Wireless Terbaik Untuk Linux

Perlu mentransfer file Anda melalui Wi-Fi di Linux? Berikut beberapa metode yang dapat Anda gunakan.

Apakah Anda memiliki beberapa file yang perlu dipindahkan di antara perangkat Linux Anda, atau mungkin antara perangkat Linux dan platform lain, tetapi Anda tidak memiliki atau tidak menginginkan koneksi kabel? Sebagai pengguna Linux, Anda memiliki banyak pilihan.

Kami akan menyoroti beberapa aplikasi, di beberapa protokol transfer file yang berbeda, yang akan memungkinkan Anda terhubung ke platform yang berbeda dan mentransfer file Anda tanpa rasa sakit.

Bluetooth

Ini sebenarnya bukan aplikasi, tetapi ini adalah opsi yang sangat berguna. Selama Anda memiliki adaptor Bluetooth yang berfungsi, sebagian besar distribusi Linux dikemas dengan konfigurasi Bluetooth dan alat antarmuka (misalnya, Linux Mint menggunakan Blueberry sementara Ubuntu menggunakan Blueman). Untuk kontrol lebih lanjut, Anda dapat menginstal paket BlueZ, yang dilengkapi dengan alat tambahan untuk mengkonfigurasi koneksi Bluetooth Anda.

Tentu saja, tidak semua perangkat memiliki adaptor Bluetooth, terutama di antara perangkat lama. Selain itu, pengguna cerdas tahu bahwa Bluetooth tidak selalu aman. Namun, jangan khawatir jika itu situasi Anda, karena banyak aplikasi transfer file nirkabel lainnya tersedia untuk pengguna Linux.

KDE Connect adalah proyek sumber terbuka yang memungkinkan banyak fungsi koneksi jarak jauh antara Linux dan perangkat Android, termasuk transfer file.

KDE Connect melakukan tugasnya melalui koneksi internet lokal Anda, dan semua perangkat harus sudah menginstal aplikasi KDE Connect, termasuk perangkat Android.

PALING VIRAL  25 Paket Ikon Aplikasi iPhone Yang Luar Biasa Untuk Menyesuaikan Layar Beranda Anda

Setiap fungsi jarak jauh di KDE Connect memiliki plug-innya sendiri yang harus diaktifkan di kedua perangkat agar dapat digunakan. Jadi, jika Anda ingin mengizinkan transfer file tetapi jelas tidak ingin mengizinkan perintah terminal jarak jauh atau kontrol mouse, Anda dapat menonaktifkan plugin tersebut.

Catatan: KDE Connect tersedia untuk Windows dan macOS selain Linux, tetapi Anda perlu mengkompilasinya sendiri menggunakan panduan mereka.

Pengguna desktop Gnome akan menganggap GSConnect sebagai alternatif yang berguna untuk KDE Connect, karena GSConnect menyelesaikan tugas yang sama dan menggunakan kerangka kerja yang sama, tetapi tanpa ketergantungan KDE dan Qt yang dibutuhkan KDE Connect.

GSConnect masih bergantung pada Anda yang memiliki aplikasi KDE Connect di perangkat Android Anda.

Selain fitur reguler, GSConnect juga memungkinkan integrasi dengan browser web Anda, dengan ekstensi yang tersedia untuk Firefox dan Chrome. Ada juga ekstensi yang berguna untuk file explorer Nautilus untuk mempermudah pemindahan file.

Jika Anda menggunakan Linux dan Windows, ini mungkin aplikasi yang ideal untuk Anda. Seperti namanya, LAN Share beroperasi melalui koneksi internet lokal Anda, dan kedua perangkat harus memiliki LAN Share diinstal dan dijalankan untuk menggunakannya.

Ini mungkin salah satu opsi tercepat dalam daftar ini, karena dapat memindahkan seluruh folder sekaligus, dan tidak ada konfirmasi atau kata sandi yang diperlukan di pihak penerima untuk menyelesaikan transfer. Tentu saja, beberapa orang mungkin melihat kurangnya konfirmasi sebagai cacat keamanan. Jika Anda mempercayai LAN yang Anda gunakan untuk mengamankan, itu seharusnya tidak menjadi masalah.

PALING VIRAL  4 Cara Mengambil Screenshot di Windows 11

Pengguna harus menyadari, bagaimanapun, bahwa pada tanggal posting, rilis terbaru LAN Share sudah lebih dari tiga tahun, dan proyek GitHub belum melihat aktivitas pengembangan selama hampir dua tahun. Itu berarti ada kemungkinan kelemahan keamanan memang ada, dan tidak banyak harapan untuk fitur tambahan saat ini.

Sebagian besar aplikasi yang telah kami ulas sejauh ini mengandalkan koneksi internet aktif untuk berfungsi. Karpet Terbang, bagaimanapun, memindahkan file antar perangkat tanpa Bluetooth atau wi-fi. Aplikasi kecil, gratis, dan sumber terbuka ini hanya membutuhkan kedua perangkat untuk memiliki kartu Wi-Fi yang berfungsi dan secara fisik dekat satu sama lain.

Ini lintas platform, jadi Anda dapat menginstal Flying Carpet tidak hanya Linux, tetapi juga Windows dan macOS.

Karpet Terbang untuk sementara memutuskan Anda dari jaringan nirkabel mana pun yang Anda gunakan saat ini dan menggunakan pemancar radio kartu wi-fi untuk menyambung langsung ke perangkat lain yang menyiarkan sinyal Karpet Terbang.

Jika itu tidak cukup off-the-grid untuk Anda, proses transfer itu sendiri dienkripsi juga. Saat Anda memulai transfer, perangkat penerima membuat sandi acak yang harus dimasukkan ke perangkat pengirim untuk menjalankan dan mendekripsi transfer.

Ketahuilah bahwa Anda mungkin perlu membuka port 3290 pada pengaturan firewall perangkat penerima Anda untuk memastikan transfer berhasil.

Portal by Pushbullet memungkinkan Anda untuk mentransfer file antara perangkat Linux dan perangkat Android atau iOS Anda melalui koneksi internet lokal. Yang unik tentang ini adalah tidak ada aplikasi sebenarnya yang perlu Anda instal di perangkat Linux Anda; Anda hanya perlu membuka situs web Portal dan memasang aplikasi Portal di ponsel atau tablet Anda.

Portal bisa menjadi rute yang sangat cepat untuk Anda, karena hanya menggunakan kode QR untuk membuat koneksi antara perangkat dan ponsel Anda, dan Anda dapat segera mulai memindahkan file.

PALING VIRAL  5 Aplikasi Peredam Kebisingan Terbaik untuk Android dan iOS

Perlu dicatat bahwa Pushbullet membatasi transfer Anda dengan versi gratis, termasuk batas 25MB untuk setiap file. Anda harus meningkatkan jika Anda berencana untuk memindahkan file yang lebih besar dengan Portal.

Terakhir, jika Anda adalah pengguna Linux yang lebih berpengalaman dan menyukai alat baris perintah yang baik, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan rsync untuk mentransfer file Anda. Tugas paling umum yang digunakan orang untuk menggunakan rsync adalah membuat backup jarak jauh, tetapi Anda juga dapat menggunakannya untuk menyelesaikan transfer sederhana.

Rsync adalah salah satu opsi yang lebih aman di daftar, karena dapat menggunakan protokol SSH untuk memastikan transfer Anda seaman mungkin terlepas dari jaringan apa yang Anda gunakan. Ini juga lintas platform, sehingga Anda dapat menggunakan transfer cooridnate ke dan dari perangkat non-linux Anda juga.

Transfer File Anda Tanpa Kabel

Seperti yang sering terjadi pada pengguna Linux, ada banyak aplikasi di luar sana untuk menyelesaikan tugas umum seperti transfer file nirkabel. Tidak ada satu opsi pun yang kemungkinan besar akan berhasil untuk setiap pengguna, dan pilihan akhir mungkin bergantung pada perangkat yang Anda gunakan dan tingkat keahlian Anda dengan terminal.