7 Cara Cepat dan Mudah untuk Mengembalikan Fitur Windows Yang Hilang

Pelajari cara memulihkan fitur Windows Anda yang hilang tanpa stres atau kekhawatiran.

Ini mengkhawatirkan sekaligus merepotkan saat fitur penting Windows menghilang secara misterius. Ini terkadang terjadi setelah pembaruan Windows, saat Anda menginstal program yang mengubah pengaturan sistem Anda, atau setelah orang lain menggunakan PC Anda.

Jika taskbar Anda telah menghilang, Start Menu Anda hilang, atau opsi shutdown Anda tidak lagi tersedia, jangan panik. Kami akan menjelaskan cara termudah untuk memulihkan alat Windows yang hilang tanpa perlu mengatur ulang komputer Anda.

Kembalikan Bilah Pencarian (Search Bar)

Bilah pencarian di sebelah tombol Start di Windows 10 dulu terintegrasi dengan Cortana. Ini berarti menyembunyikan asisten suara Microsoft menyebabkannya menghilang, dan memperlihatkan Cortana akan mengembalikannya.

Sekarang keduanya terpisah, memulihkan bilah pencarian yang hilang menjadi lebih mudah. Cukup klik kanan area kosong di taskbar dan pilih Search > Show search box.

Jika tidak berhasil, klik kanan taskbar dan pilih Taskbar settings. Jika opsi Use small taskbar buttons diatur ke On, matikan untuk memunculkan kembali kotak pencarian.

Kembalikan Taskbar

Jika taskbar Anda telah menghilang, Anda harus terlebih dahulu memastikan bahwa itu tidak hanya disembunyikan. Pindahkan penunjuk mouse Anda ke bagian bawah layar untuk melihat apakah itu muncul. Jika demikian, klik kanan bilah tugas dan pilih Taskbar settings.

Matikan opsi Automatically hide the taskbar in desktop mode dan Automatically hide the taskbar in tablet mode. Aktifkan Lock the taskbar untuk mengamankannya di tempatnya.

Jika bilah tugas tidak muncul, tekan Tombol Windows + I untuk membuka aplikasi Pengaturan Windows. Pilih Personalization > Taskbar dan matikan opsi sembunyikan otomatis di sana.

Bilah tugas terkadang menghilang jika ada masalah dengan File Explorer. Memulai ulang Explorer (explorer.exe) melalui Task Manager dapat memperbaiki ini, tanpa Anda perlu me-reboot PC Anda. Trik ini juga dapat berfungsi jika File Explorer itu sendiri menghilang.

Karena Anda tidak dapat mengakses Pengelola Tugas dengan mengklik kanan bilah tugas, buka dengan menekan Ctrl + Shift + Esc. Pada tab Processes, klik kanan Windows Explorer dan pilih Restart.

PALING VIRAL  6 Aplikasi Konversi Unit/Satuan Gratis Terbaik Untuk Android

Kembalikan Ikon Taskbar Yang Hilang

Jika Anda tidak dapat lagi melihat jam, kontrol volume, ikon jaringan, dan / atau ikon berguna lainnya di bilah tugas, berikut ini cara mengaktifkannya kembali.

Klik kanan taskbar, pilih Taskbar settings dan gulir ke bawah ke bagian Notification area. Klik Turn system icons on or off dan pastikan bahwa semua ikon bilah tugas yang Anda perlukan dipilih dalam daftar.

Jika ikon yang hilang tidak terdaftar, klik kembali ke layar sebelumnya dan pilih Select which icons appear on the taskbar. Semoga Anda menemukan dan dapat mengaktifkannya di sana.

Kembalikan Start Menu

Jika Start Menu Anda tidak muncul saat Anda mengklik tombol Start di Windows 10, ada dua kemungkinan penyebab utama.

Perbaikan yang paling umum dan paling mudah adalah Windows dalam mode Tablet, yang menggantikan menu Start dengan ubin yang ramah layar sentuh.

Untuk beralih kembali ke mode desktop, klik ikon notifikasi di sebelah jam pada bilah tugas Anda atau tekan Tombol Windows + A. Saat panel Notifikasi terbuka, klik Tablet mode untuk mematikannya.

Penyebab kedua yang lebih serius adalah menu Start rusak. Anda dapat memperbaikinya dengan mendaftarkan ulang menu melalui PowerShell, yang dapat diakses melalui Pengelola Tugas jika kotak pencarian tidak berfungsi atau tersedia.

  • Buka Task Manager dari bilah tugas dan klik File > Run new task.
  • Ketik PowerShell di bidang Buka, pilih Create this task with administrative privileges dan klik OK.
  • Saat PowerShell terbuka, salin dan tempel yang berikut ini, dan tekan Enter:
Get-appxpackage -all *shellexperience* -packagetype bundle |% {add-appxpackage -register -disabledevelopmentmode ($_.installlocation + “appxmetadataappxbundlemanifest.xml”)}
  • Nyalakan ulang komputer Anda, dan menu Mulai harus dipulihkan.
PALING VIRAL  Cara Memperbaiki Error SYSTEM THREAD EXCEPTION NOT HANDLED Di Windows 10

Kembalikan Recycle Bin

Jika ikon Recycle Bin telah menghilang dari desktop Anda, Anda tidak akan dapat menarik dan melepaskan file untuk menghapusnya atau memulihkan file yang terhapus. Berikut cara mendapatkannya kembali.

Buka Start > Settings > Personalization atau klik kanan desktop dan pilih Personalize.

Pilih Themes di menu sebelah kiri, gulir ke bawah, dan klik Desktop icon settings. Pilih kotak centang Recycle Bin dan klik OK atau Apply.

Jika kotak centang sudah dicentang, Windows mungkin dalam mode Tablet, seperti yang dibahas di tip sebelumnya. Ini secara otomatis menyembunyikan ikon desktop, termasuk Recycle Bin.

Untuk menampilkan Recycle Bin saat dalam mode ini, buka Start > Settings > System > Tablet > Change additional tablet settings. Matikan opsi Hide app icons on the taskbar in tablet mode.

Kembalikan Power Options Yang Hilang

Mengklik Power di menu Start biasanya memungkinkan Anda memulai ulang atau mematikan PC Anda atau mengalihkannya ke mode Tidur. Jika Anda melihat kotak kosong dan bukan opsi tersebut atau pesan yang mengatakan “There are currently no power options available”, ada beberapa perbaikan untuk dicoba.

Jalankan Pemecah Masalah Daya

Solusi paling sederhana untuk menghilangkan opsi daya adalah dengan menjalankan pemecah masalah Daya Windows 10. Ketik troubleshooter di bilah pencarian menu Start dan klik Troubleshoot settings.

Ketika layar Troubleshoot terbuka, klik Additional troubleshooters, pilih Power, dan klik Run the troubleshooter. Windows kemudian akan memeriksa masalah daya dan semoga menyarankan perbaikan untuk diterapkan (atau menerapkannya secara otomatis).

Tweak Group Policy Editor

Jika Anda menjalankan Windows 10 Pro atau Enterprise, Anda dapat memulihkan opsi daya yang hilang melalui Group Policy Editor.

  • Ketik gpedit.msc di bilah pencarian menu Start dan tekan Enter.
  • Saat Editor Kebijakan Grup terbuka, buka User Configuration > Administrative Templates > Start Menu and Taskbar.
  • Di panel kanan, pilih Remove and prevent access to the Shut Down, Restart, Sleep, and Hibernate commands.
  • Pilih Not Configured atau Disabled, lalu klik Apply dan OK.
PALING VIRAL  10 Tips Penting Sebelum Membeli Game

Pilihan Sleep, Restart, dan Shut down kemudian akan muncul kembali di menu Start Anda tanpa Anda perlu me-reboot PC Anda.

Edit Registri Windows

Jika Anda menggunakan Windows 10 Home, ada perubahan registri yang dapat mengembalikan opsi daya (ini juga berfungsi di edisi Windows lainnya). Ketik regedit di kotak pencarian menu Start dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.

Arahkan ke kunci registri berikut:

HKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionPoliciesExplorer

Klik dua kali entri NoClose di panel kanan (jika ada) dan ubah nilainya dari 1 menjadi 0.

Kembalikan Tombol Disk Clean

Alat Pembersihan Disk bawaan di Windows 10 memungkinkan Anda menghapus file sampah dengan cepat dan mengosongkan ruang. Namun terkadang, tombolnya hilang dari Properti drive.

Untuk memulihkan tombol Pembersihan Disk, buka Editor Registri dan arahkan ke kunci berikut:

HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindowsCurrentVersionExplorerMyComputer

Klik kanan MyComputer, pilih New > Key dan panggil cleanuppath kunci baru. Klik kanan Default di panel kanan dan pilih Modify.

Ketik (atau salin dan tempel) hal berikut di bidang Value data, lalu klik OK:%SystemRoot%System32cleanmgr.exe /D %c

Buka This PC di File Explorer, klik kanan drive dan pilih Properties. Tombol Pembersihan Disk sekarang tersedia di tab Umum.

Apa Yang Hilang Selalu Dapat Ditemukan

Meskipun wajar untuk khawatir jika Anda tidak dapat mengakses fitur Windows yang sudah dikenal, memulihkannya biasanya cukup mudah. Anda hanya perlu mengetahui pengaturan yang relevan untuk diubah atau diubah untuk diterapkan.

Namun, jika alat Windows yang hilang terbukti tidak mungkin untuk kembali, mungkin alat tersebut rusak. Dalam hal ini, opsi terbaik Anda adalah menjalankan System File Checker (SFC). Ini akan mendeteksi jika file sistem telah rusak atau dimodifikasi dan secara otomatis menggantinya dengan versi yang benar.