7 Cara Memperbaiki Error UNEXPECTED KERNEL MODE TRAP di Windows

Apakah Windows 10 memunculkan Kesalahan Unexpected Kernel Mode Trap? Inilah cara Anda memperbaikinya dengan cepat dan mudah.

Kesalahan layar biru Windows tidak pernah menyenangkan, muncul saat Anda tidak menduganya, menabrak komputer Anda, dan mengambil pekerjaan Anda dengannya. Error UNEXPECTED KERNEL MODE TRAP hanyalah salah satu dari sekian banyak peristiwa layar biru yang dapat menyebabkan frustrasi, paling tidak karena nama kesalahan yang tampaknya samar.

Jadi, apa itu kesalahan Unexpected Kernel Mode Trap, dan bagaimana Anda memperbaikinya?

Apa Itu Kesalahan atau Error Unexpected Kernel Mode Trap

Betapapun frustrasinya kesalahan Unexpected Kernel Mode Trap, ini bukanlah kesalahan yang sangat sulit untuk diselesaikan. Jalankan melalui langkah-langkah di bawah ini, dan komputer Anda akan hidup dan berjalan dalam waktu singkat.

Restart Komputer Anda

Windows 10 mengalami kesalahan dari waktu ke waktu, tetapi tidak semuanya memerlukan perbaikan khusus. Terkadang perbaikan terbaik dan tercepat adalah memulai ulang komputer Anda. Memulai ulang komputer Anda menyetel ulang semua proses sistem Anda, berpotensi menghapus kesalahan dalam proses tersebut.

Pasang kembali Perangkat Keras Anda

Kesalahan Unexpected Kernel Mode Trap berkaitan dengan driver dan memori sistem, jadi mungkin saja ada sesuatu yang lepas di dalam casing komputer Anda. Lihat video di bawah ini untuk panduan tentang pemasangan kembali berbagai komponen perangkat keras.

Saat Anda berada di sana, bersihkan komputer Anda. Debu yang menumpuk di dalam casing komputer Anda adalah pembunuh perangkat keras! Itu tidak berarti Anda harus membawa spons dan air sabun panas ke motherboard. Gunakan kemoceng untuk meniup debu keluar dari casing dan dengan lembut seka permukaan yang bersih dari debu dengan kain tidak berbulu. Pemeliharaan PC yang tepat dapat menambah umur perangkat keras Anda selama bertahun-tahun, menghemat uang Anda!

Perbarui Windows 10

Satu pemeriksaan mudah terakhir sebelum menuju ke perbaikan yang lebih canggih: periksa pembaruan Windows 10 yang tertunda. Tekan Tombol Windows + I, lalu buka Updates & Security > Windows Update. Unduh dan instal pembaruan apa pun yang tertunda, lalu mulai ulang sistem Anda.

PALING VIRAL  5 Alat Gratis Untuk Mengurangi Ukuran File Video, MP3, PDF, dan Gambar

Perbarui Driver Yang Rusak

Windows 10 menangani pembaruan driver Anda, menjaga semuanya tetap mutakhir. Terkadang, pembaruan driver dapat gagal, Anda mungkin menerima pembaruan yang salah, atau drive Anda mungkin rusak karena alasan apa pun. Dalam hal ini, Anda dapat memperbarui driver Anda secara manual.

Ketik device manager di bilah pencarian menu Mulai dan pilih Pencocokan Terbaik. Pergilah ke bawah daftar dan periksa simbol kesalahan kuning. Jika tidak ada, driver yang salah kemungkinan besar bukan sumber masalahnya.

Jalankan Alat Diagnostik Memori Terintegrasi di Windows 10

Windows 10 memiliki alat Diagnostik Memori terintegrasi. Ini memindai RAM Anda untuk setiap kesalahan, kemudian membuat log sistem untuk analisis lebih lanjut. Lihat video berikut untuk panduan singkat tentang cara menggunakan alat Diagnostik Memori Windows dan di mana menemukan log.

Masukkan windows memory di bilah pencarian Start Menu Anda dan pilih Best Match. Sekarang Anda memiliki dua opsi: segera reboot dan jalankan utilitas atau setel utilitas untuk dijalankan setelah reboot berikutnya.

PALING VIRAL  Tidak Dapat Membuat Folder Baru di Windows? Inilah Cara Memperbaikinya

Saat Anda mencoba memperbaiki masalah potensial dengan RAM Anda, simpan dokumen penting apa pun, dan segera boot ulang sistem Anda. Diagnostik Memori Windows berjalan segera setelah reboot.

Saat proses selesai, Windows 10 akan dimulai ulang. Setelah Anda boot kembali ke Windows 10, tekan tombol Windows + X dan pilih Event Viewer dari menu daya. Di Peraga Peristiwa, buka Event Viewer (Local) > Windows Logs > System.

Di kolom sebelah kanan, pilih Find dan ketik MemoryDiagnostic ke dalam kotak. Tekan Find Next. Hasil diagnostik Anda akan ditampilkan di bagian bawah jendela.

Jika ada kesalahan, Anda harus menyelesaikan pencarian internet apa pun untuk analisis dan pemecahan masalah lebih lanjut.

Jalankan MemTest86 +

Jika alat Diagnostik Memori Windows tidak mengungkapkan kesalahan apa pun, tetapi Anda menginginkan pendapat kedua, Anda dapat menjalankan alat sumber terbuka MemTest86 +.

MemTest86 + adalah alat pengujian memori mandiri gratis. Anda mem-boot MemTest86 + dari USB flash drive (atau disk yang dapat di-boot) dan membiarkannya memeriksa RAM sistem Anda.

Pemeriksaan MemTest86 + RAM membutuhkan waktu lama untuk diselesaikan; satu pass membutuhkan waktu berjam-jam tergantung pada jumlah RAM yang telah Anda instal.

Jalankan SFC Dan CHKDSK

Perbaikan potensial lainnya untuk kode stop 0x0000007F pada Windows 10 adalah dengan menjalankan System File Check Windows (SFC) terintegrasi, alat sistem yang memindai drive Anda dan memperbaiki kesalahan.

Sebelum menjalankan perintah SFC, penting untuk memeriksa apakah berfungsi dengan benar. Untuk melakukan ini, kami menggunakan alat Deployment Image Servicing and Management, atau DISM.

Seperti SFC, DISM adalah utilitas Windows terintegrasi dengan berbagai fungsi. Dalam hal ini, perintah DISM Restorehealth memastikan bahwa perbaikan kami selanjutnya akan berfungsi dengan baik.

Lakukan langkah-langkah berikut.

  • Ketik Command Prompt (Admin) di bilah pencarian menu Start, lalu klik kanan dan pilih Run as administrator untuk membuka Command Prompt yang ditinggikan.
  • Ketik perintah berikut dan tekan Enter: DISM /online /cleanup-image /restorehealth
  • Tunggu sampai perintah selesai. Prosesnya dapat memakan waktu hingga 20 menit, tergantung pada kesehatan sistem Anda. Prosesnya tampaknya macet pada waktu-waktu tertentu, tetapi tunggu hingga selesai.
  • Saat proses selesai, ketik sfc /scannow dan tekan Enter.
PALING VIRAL  Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Mode Pesawat di Windows 11
CHKDSK adalah alat sistem Windows lain yang memeriksa struktur file Anda. Tidak seperti SFC, CHKDSK memindai seluruh drive Anda untuk mencari kesalahan, sedangkan SFC memindai file sistem Windows Anda secara khusus. Seperti SFC, jalankan pemindaian CHKDSK dari Command Prompt untuk memperbaiki mesin Anda.
  • Ketik command prompt di bilah pencarian menu Start Anda, lalu klik kanan yang paling cocok dan pilih Run as administrator. (Atau, tekan Tombol Windows + X, lalu pilih Command Prompt (Admin) dari menu.)
  • Selanjutnya, ketik chkdsk /r dan tekan Enter. Perintah tersebut akan memindai sistem Anda dari kesalahan dan memperbaiki masalah apa pun di sepanjang jalan.

Memperbaiki Kesalahan Unexpected Kernel Mode Trap Pada Windows 10

Tujuh perbaikan di atas akan menyelesaikan kesalahan Unexpected Kernel Mode Trap. Faktanya, perbaikan ini harus menjadi port panggilan pertama Anda untuk hampir semua kesalahan Windows 10. Kombinasi tersebut memperbaiki struktur file Anda, memeriksa kesalahan, dan merapikan sistem Anda.