7 Cara Memperbaiki Kode Kesalahan Pembaruan Windows 0x80240fff di Windows 10

Melihat kode kesalahan 0x80240fff di Windows 10? Seperti kebanyakan kesalahan Windows lainnya, ini samar dan tidak memberi Anda banyak info sendiri.

Kami di sini untuk membantu. Mari kita lihat apa arti Windows Update error 0x80240fff dan cara memperbaiki masalah ini.

Apa Itu Error 0x80240fff

Kesalahan 0x80240fff di Windows 10 terkait dengan Pembaruan Windows. Anda akan melihatnya di menu Pembaruan Windows (terletak di Settings > Update & Security > Windows Update) saat Anda memeriksa pembaruan secara manual atau setelah Windows gagal melakukan pemeriksaan otomatis untuk pembaruan.

Pesan kesalahan biasanya terlihat seperti ini:

There were some problems installing updates, but we’ll try again later. If you keeping seeing this and want to search the web or contact support for information, this may help (0x80240fff)

Inilah yang harus dilakukan ketika Pembaruan Windows tidak berfungsi karena kesalahan ini.

Nyalakan Kembali PC Anda (Restart)

Seperti semua pemecahan masalah, penting untuk memulai dengan sederhana. Sebelum beralih ke prosedur lanjutan, cukup reboot PC Anda untuk membersihkan gangguan sementara yang mungkin menyebabkan kesalahan ini.

Setelah Anda memulai ulang, ada baiknya juga memastikan bahwa komputer Anda online dengan benar. Kunjungi beberapa situs web berbeda untuk memastikan bahwa komputer Anda tidak mengalami masalah jaringan yang lebih luas, yang akan mencegahnya mengunduh pembaruan Windows. Jika ya, lihat panduan kami untuk pemecahan masalah jaringan untuk bantuan.

Tunda Pembaruan Windows

Anehnya, perbaikan paling umum untuk kesalahan Pembaruan Windows 0x80240fff adalah dengan menunda pembaruan selama beberapa hari. Jika Anda tidak menyadarinya, fitur ini memungkinkan Anda untuk menghentikan sementara Pembaruan Windows, berguna ketika Anda tidak ingin komputer Anda restart secara otomatis atau membuat perubahan apa pun selama tugas-tugas penting.

PALING VIRAL  5 Penyedia Penyimpanan Cloud Gratis Terbaik

Di versi sebelumnya, fitur ini hanya tersedia untuk pengguna Windows 10 Pro, tetapi sekarang mereka yang menggunakan Windows 10 Home juga dapat menggunakannya. Buka Settings > Update & Security > Windows Update, lalu klik Advanced options.

Di bagian bawah halaman ini, Anda akan melihat header Pause updates. Gunakan kotak dropdown untuk memilih tanggal, dan Windows tidak akan menginstal pembaruan apa pun hingga waktu itu. Setelah berhasil, Windows akan menginstal semua pembaruan yang tertunda sebelum Anda dapat menjeda lagi.

Banyak yang melaporkan bahwa menunda pembaruan akan memperbaiki kesalahan 0x80240fff. Ini mungkin karena itu mengubah server tempat Anda menerima pembaruan, jadi jika ada yang mengalami masalah, Anda dapat mencoba menginstal pembaruan dari server lain nanti.

Namun, Anda tidak ingin menunda pembaruan keamanan terlalu lama. Coba tunda selama 3-5 hari, lalu lihat apakah Pembaruan Windows berfungsi kembali setelahnya.

Jalankan Pemecah Masalah Pembaruan Windows

Windows 10 menyertakan beberapa alat pemecahan masalah bawaan yang dapat membantu Anda menyelesaikan masalah umum di berbagai bidang. Meskipun tidak selalu berpengaruh, namun pantas untuk dicoba saat Anda memiliki masalah, untuk berjaga-jaga.

Untuk menggunakan alat pemecahan masalah Pembaruan Windows, buka Settings > Update & Security > Troubleshoot. Di halaman ini, klik link Additional troubleshooters di bagian bawah. Kemudian pada layar yang dihasilkan, klik Pembaruan Windows Update > Run the troubleshooter di bagian Get up and running untuk memeriksa masalah dengan layanan.

Jika menemukan sesuatu, ini akan mencoba memperbaiki masalah secara otomatis. Coba periksa pembaruan lagi setelah pemecah masalah selesai.

PALING VIRAL  √ 4 Jenis Belanja yang Harus Anda Ketahui

Nonaktifkan Semua Koneksi VPN dan Aplikasi Antivirus

Karena mengaktifkan VPN di komputer Anda memengaruhi semua koneksinya, ada kemungkinan VPN Anda mengganggu pemeriksaan Pembaruan Windows. Jika belum ada yang menyelesaikan masalah Anda dan Anda menggunakan VPN, matikan sebelum memeriksa pembaruan lagi.

Jika ini tidak berhasil, coba nonaktifkan aplikasi antivirus Anda untuk sementara. Ada kemungkinan ini mencegah Pembaruan Windows melakukan tugasnya.

Mulai Ulang atau Restart Layanan Pembaruan Windows

Pembaruan Windows bergantung pada banyak layanan latar belakang, sehingga akan gagal jika salah satu layanan tersebut mengalami masalah. Jika Anda sudah sampai sejauh ini dan masih melihat kesalahan 0x80240fff, Anda harus mencoba memulai ulang beberapa layanan yang mungkin gagal.

Ketik services ke dalam menu Start untuk mencari utilitas, lalu buka menu Services dari hasil. Ini akan membuka daftar lengkap layanan.

Untuk masing-masing yang tercantum di bawah ini, jika Anda melihatnya sudah Running, klik kanan padanya dan pilih Restart. Jika tidak berjalan, klik kanan dan pilih Start.

  • Application Identity
  • Background Intelligent Transfer Service
  • Cryptographic Services
  • Windows Update

Setelah itu, coba jalankan Pembaruan Windows lagi.

Jalankan Pemeriksa Berkas Sistem

Jika Anda memiliki masalah dengan komponen inti Windows apa pun, alat SFC (system file checker) adalah langkah pemecahan masalah yang penting. Ini memeriksa file sistem Windows yang rusak dan mencoba memperbaikinya.

PALING VIRAL  √ 5 HP Vivo yang Sudah Turun Harga di Akhir Tahun 2021

Untuk menjalankan SFC, klik kanan pada tombol Start (atau tekan Windows + X) dan pilih Command Prompt (Admin) atau Windows PowerShell (Admin) dari daftar. Sesampai di sana, ketik yang berikut ini:

sfc /scannow

Ini akan menjalankan pemindaian dan menampilkan hasilnya setelah selesai. Perhatikan bahwa ini bisa memakan waktu lama.

Instal Versi Windows Terbaru Secara Manual

Jika Anda melihat kesalahan 0x80240fff ketika Anda mencoba mengunduh pembaruan fitur terbaru untuk Windows 10, Anda dapat mencoba menginstal versi Windows 10 terbaru melalui cara lain.

Alih-alih mengandalkan Pembaruan Windows, Anda harus mencoba mengunduh Windows 10 dari halaman resmi Microsoft. Ini akan mengunduh penginstal yang akan mencoba memasang versi terbaru pada sistem Anda dengan peningkatan di tempat.
Jika ini tidak berhasil, Anda dapat menggunakan Media Creation Tool untuk membuat media penginstalan Windows 10 dari flash drive USB. Ini mengharuskan Anda untuk boot ke flash drive dan menginstal revisi terbaru secara manual.

Salah satu dari ini harus berfungsi dengan baik jika masalah Anda adalah cegukan sementara dengan Pembaruan Windows itu sendiri, dan Anda hanya ingin pembaruan fitur terbaru.

Memperbaiki Kesalahan 0x80240fff Di Windows 10

Sekarang Anda tahu cara untuk memperbaiki kesalahan Pembaruan Windows 0x80240fff ketika muncul. Karena ini terkait dengan Pembaruan Windows, sumber masalahnya kemungkinan koneksi jaringan Anda atau beberapa komponen Windows. Jika beruntung, Anda akan mendapatkan perbaikan yang mudah dan dapat terus memperbarui PC Anda dengan benar.