7 Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Muncul di iPhone Anda

Jika Anda tidak mendapatkan pemberitahuan apa pun di iPhone Anda, coba perbaikan ini untuk mengembalikannya ke normal.

Pesan teks, email, atau pembaruan penting lainnya yang sering hilang mengganggu dan dapat menyebabkan masalah besar jika Anda melewatkan komunikasi penting. Terkadang, Anda bahkan mungkin tidak mendapatkan notifikasi saat perangkat Anda tepat di tangan Anda.

Untuk membantu Anda dalam hal ini, mari kita lihat beberapa solusi agar notifikasi di iPhone Anda kembali normal.

Mulai Ulang IPhone Anda (Restart)

Terkadang, iPhone Anda bertindak tanpa alasan yang jelas. Seringkali, reboot sederhana dapat menghilangkan gangguan yang menyebabkan malfungsi sementara ini.

Saat Anda tidak melihat pemberitahuan, pertama-tama coba matikan iPhone Anda dan nyalakan kembali sebelum melanjutkan ke pemecahan masalah yang lebih lanjut.

Periksa Koneksi Internet Anda

Saat pemberitahuan tidak muncul di iPhone Anda, terutama untuk aplikasi yang bergantung pada internet, Anda harus memeriksa apakah koneksi jaringan Anda aktif dan stabil. Coba kunjungi beberapa situs web di browser Anda untuk memastikan halaman web dimuat.

Jika browser Anda atau aplikasi lain tidak dapat mengakses internet, kemungkinan besar masalah notifikasi Anda terkait dengan jaringan.

Memecahkan Masalah Data Seluler Di IPhone Anda

Untuk koneksi seluler, matikan data seluler dan nyalakan kembali. Atau, aktifkan mode pesawat dan nonaktifkan setelah beberapa saat. Anda akan menemukan kedua opsi ini di Pusat Kontrol pada perangkat Anda.

PALING VIRAL  6 Tips dan Trik untuk Mendinginkan MacBook Air Yang Panas/Overheat

Melakukan salah satu dari ini akan membantu memulihkan koneksi seluler iPhone Anda dari masalah sementara.

Pecahkan Masalah Konektivitas WiFi Di IPhone Anda

Saat mencoba memperbaiki masalah pada koneksi WiFi, me-reboot router Anda akan membantu sebagian besar waktu. 

Menonaktifkan VPN Anda

VPN mengubah koneksi seluler dan WiFi Anda, sehingga dapat mengganggu pengiriman notifikasi. Jadi jika Anda memiliki VPN yang diatur di iPhone Anda, coba nonaktifkan, lalu periksa apakah itu memperbaiki masalah pemberitahuan.

Anda dapat menonaktifkan koneksi VPN dari aplikasi penyedia, atau pergi ke Settings iPhone Anda dan matikan penggeser VPN.

Nonaktifkan Jangan Ganggu (Do Not Disturb)

Jangan Ganggu membungkam panggilan, pemberitahuan, dan semua jenis peringatan (kecuali alarm) saat diaktifkan. Saat pemberitahuan tidak muncul di iPhone Anda, mungkin Anda (atau orang lain, anak Anda, mungkin) mengaktifkan Jangan Ganggu secara tidak sengaja.

Untuk mengonfirmasi, buka Control Center iPhone Anda (dengan menggeser ke bawah dari sudut kanan atas pada model dengan ID Wajah, dan menggesek ke atas dari bawah pada model dengan tombol Rumah).

Perhatikan warna ikon bulan sabit. Jika berwarna ungu (ungu kebiruan), itu berarti Jangan Ganggu diaktifkan; ketuk ikon untuk menonaktifkan Jangan Ganggu. Itu akan mengubah warna bulan sabit menjadi putih dan pemberitahuan Do Not Disturb: Off akan muncul di bagian atas Control Center.

Ada cara lain untuk mengaktifkan Jangan Ganggu. Buka Settings > Do Not Disturb dan matikan Do Not Disturb dan kerangka waktu Jangan Ganggu yang Scheduled.

PALING VIRAL  Cara Membuat Custom Start Menu Tiles di Windows 10

Nonaktifkan Jangan Ganggu Saat Menyetir

Fitur Jangan Ganggu Saat Mengemudi mematikan pemberitahuan ketika iPhone Anda terhubung ke Bluetooth mobil Anda, atau ketika iPhone Anda mendeteksi bahwa Anda sedang berada dalam kendaraan yang bergerak. Fitur ini berfungsi sesuai namanya mencegah pengemudi terganggu oleh notifikasi, tetapi terkadang melakukannya secara keliru.

Misalnya, jika Anda adalah penumpang taksi atau kereta, fitur tersebut menganggap Anda adalah pengemudi dan membungkam semua panggilan dan pemberitahuan di iPhone Anda. Untuk menonaktifkan fitur tersebut, buka Settings, pilih Do Not Disturb, dan temukan bagian Do Not Disturb While Driving. Di bawah ini, tekan Activate dan atur fitur untuk diaktifkan secara Manually.

Jika Anda menginginkan pemberitahuan saat menggunakan Apple CarPlay, Anda juga harus mematikan opsi Activate With CarPlay. Membiarkan ini diaktifkan akan mengaktifkan Jangan Ganggu saat Anda menyambungkan iPhone ke kendaraan yang kompatibel dengan CarPlay.

Periksa Dan Ubah Pengaturan Pemberitahuan Anda

Jika iPhone Anda tidak menampilkan pemberitahuan untuk aplikasi tertentu, periksa apakah pengaturan pemberitahuan dan preferensi aplikasi telah dikonfigurasi dengan benar.

Ubah Pemberitahuan Aplikasi Dari Menu Pengaturan iPhone

Luncurkan aplikasi Settings dan pilih Notifications. Selanjutnya, pilih aplikasi yang terpengaruh dan pastikan Allow Notifications diaktifkan.

Selain itu, pastikan Lock Screen, Notification Center, dan Banners diaktifkan sesuai preferensi Anda. Anda juga harus mengaktifkan Sounds dan Badges untuk aplikasi jika Anda ingin mengaktifkannya untuk pemberitahuan baru.

Periksa Pengaturan Pemberitahuan Dalam Aplikasi

Beberapa aplikasi, terutama platform media sosial dan instant messenger seperti WhatsApp, Telegram, Instagram, dan sejenisnya memiliki pengaturan notifikasi khusus. Ini bertindak secara independen dari konfigurasi pemberitahuan di menu Pengaturan iPhone Anda yang kami lihat di atas.

Jadi, jika sebuah aplikasi tidak menampilkan pemberitahuan meskipun pemberitahuan telah diaktifkan di iPhone Anda, periksa pengaturan pemberitahuan dalam aplikasi mesenger untuk mengetahui adanya penyimpangan. Anda sering dapat mengubah opsi pemberitahuan untuk setiap percakapan, seperti membisukannya secara permanen.

PALING VIRAL  √ Inilah 5 HP Infinix yang Baru Rilis di Tahun 2021

Perbarui IOS

Ada kemungkinan bug perangkat lunak telah mengacaukan notifikasi iPhone Anda. Ketika Anda mengalami masalah sistem seperti ini, selalu pintar untuk mengunduh dan menginstal pembaruan perangkat lunak terbaru untuk iPhone Anda.

Buka Settings > General > Software Update untuk melihat apakah ada pembaruan yang tersedia. Jika ada ketuk Download and Install dan ikuti proses untuk memperbarui perangkat Anda.

Sementara itu, jika masalah notifikasi hanya memengaruhi satu aplikasi, Anda mungkin dapat memperbaiki masalah dengan memperbarui aplikasi itu.

Atur Ulang Pengaturan iPhone

Masih belum menerima notifikasi di iPhone Anda setelah semua perbaikan di atas? Pada titik ini, Anda harus mencoba mengatur ulang pengaturan perangkat Anda. Melakukan ini akan mengembalikan preferensi notifikasi iPhone Anda ke default, semoga memperbaiki apa pun yang memengaruhi pengiriman notifikasi.

Buka Settings > General > Reset > Reset All Settings. Masukkan kode sandi iPhone Anda dan pilih Reset All Settings saat diminta.

Ingatlah bahwa mengatur ulang pengaturan iPhone Anda membuat semua opsi kembali ke default. Ini berarti Anda harus menyambung ke jaringan Wi-Fi lagi, mengonfigurasi ulang perangkat Bluetooth, menyesuaikan pengaturan privasi Anda, dan serupa. Namun, data Anda tidak terpengaruh oleh ini.

Dapatkan Pemberitahuan Tepat Waktu Di IPhone Anda

Kemungkinannya adalah setidaknya satu dari perbaikan yang disebutkan di atas akan menyelesaikan masalah pemberitahuan iPhone Anda. Ini kemungkinan besar merupakan pengaturan yang tidak disengaja yang memblokir pemberitahuan daripada masalah besar-besaran.