7 Cara Untuk Memperbaiki Search Windows File Explorer

Search Windows 10 File Explorer adalah opsi praktis untuk menemukan file. Jika Anda memiliki folder yang penuh dengan dokumen, Anda dapat memasukkan kata kunci. Atau, jika Anda tidak tahu nama file tetapi Anda tahu ekstensi file, Anda dapat mencari dengan wildcard.

Kecuali, tentu saja, pencarian File Explorer tidak berfungsi. Pencarian File Explorer dapat rusak karena beberapa alasan. Untungnya, sebagian besar kesalahan ini mudah diselesaikan.

Berikut adalah tujuh cara Anda dapat memperbaiki pencarian File Explorer.

Pastikan Layanan Pencarian Windows Sedang Berjalan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan layanan Pencarian Windows sudah aktif. Layanan Windows mengontrol banyak hal yang dapat dilakukan Windows. Jika suatu layanan mati atau bug keluar, itu dapat memiliki konsekuensi yang tidak terduga. Karena itu, jika layanan Pencarian Windows mati atau rusak, Anda tidak dapat mencari file Anda menggunakan pencarian File Explorer.

Tekan Windows Key + R untuk membuka dialog Run, lalu masukkan services.msc.

Gulir ke bawah daftar layanan hingga Anda menemukan Windows Search, lalu periksa statusnya.

Jika Pencarian Windows sedang berjalan, ini bukan penyebab masalah. Jika tidak berjalan, klik dua kali Windows Search untuk membuka opsi, lalu Start layanan. Tekan Apply dan tutup options.

Jika Anda ingin me-restart layanan Pencarian Windows dengan harapan itu menyentaknya menjadi hidup, pilih Stop, lalu Apply, lalu Start, lalu Apply.

Bangun Kembali Indeks Pencarian

Jika menghentikan dan memulai layanan Pencarian Windows tidak membujuk pencarian File Explorer kembali ke kehidupan nyata, Anda dapat membangun kembali indeks pencarian. Indeks pencarian adalah daftar panjang setiap file di komputer Anda. Jika Windows tidak memiliki indeks di mana file berada, itu tidak dapat mencari di komputer Anda untuk memberi tahu Anda di mana harus mencari mereka (atau memandu Anda langsung ke sana!).

PALING VIRAL  √ Download WhatsApp GB Terbaru Versi 11.40 (100% Anti Banned)

Membangun kembali indeks pencarian bisa memakan waktu cukup lama. Namun, ini adalah salah satu cara terbaik untuk menyelesaikan masalah pencarian Windows File Explorer.

Tekan Windows Key + R untuk membuka dialog Run, lalu masukkan yang berikut ini:

rundll32.exe shell32.dll,Control_RunDLL srchadmin.dll

Panel Windows Indexing Options akan muncul. Pilih Advanced, lalu di bawah Troubleshooting, pilih Rebuild.

Pilih OK ketika Windows memberi tahu Anda bahwa pembangunan kembali akan memakan waktu “lama”, lalu tunggu prosesnya selesai. Anda dapat menggunakan komputer Anda selama waktu ini, tetapi pencarian File Explorer tidak akan berfungsi sampai pengindeksan ulang selesai.

Pastikan Indeks Pencarian Termasuk Lokasi Drive Anda

Jika membangun kembali indeks pencarian tidak memperbaiki File Explorer dan masalah pencarian Windows Anda, pastikan folder yang Anda cari termasuk dalam indeks.

Buka kembali panel Windows Indexing Options (seperti yang ditunjukkan pada bagian sebelumnya). Pilih Modify. Sekarang, periksa Lokasi Terindeks Anda.

Paling tidak, Anda ingin mengindeks C: / drive Anda. Bagi kebanyakan orang, C: / berisi sistem operasi Anda, profil pengguna Windows, foto, video, musik, dan dokumen. Jika Anda tidak memasukkan folder tersebut dalam indeks, pencarian File Explorer akan kehilangan banyak file Anda.

Setelah memilih lokasi drive Anda, tekan OK. Windows akan mengindeks lokasi baru secara otomatis. Bergantung pada ukuran drive yang Anda tambahkan, pengindeksan mungkin memerlukan waktu.

Jalankan Pemecah Masalah Indeks Windows

Panel Windows Index Options juga menjadi tempat bagi pemecah masalah. Kembali ke panel Opsi Indeks Windows.

Di bawah Troubleshooting, pilih Troubleshoot search and indexing. Anda kemudian memiliki empat opsi:

Pilih masalah pengindeksan pencarian Anda, lalu lanjutkan. Penelusuran dan Penelusuran Masalah Indeks akan menerapkan perbaikan secara otomatis, kemudian memberi tahu Anda tentang segala perubahan.

Opsi keempat sedikit berbeda. Anda dapat mencoba mendeskripsikan masalah pencarian File Explorer Anda, dan Windows 10 akan kata kunci cocok dengan kesalahan dan upaya untuk memberikan perbaikan. Itu kena dan kena, seperti yang Anda bayangkan.

Nonaktifkan Cortana

Menonaktifkan Cortana kadang-kadang dapat menyentak File Explorer kembali ke kehidupan, seperti integrasi alat dengan opsi pencarian Windows. Cortana juga merupakan penyebab spesifik masalah Windows Search yang rusak.

Klik kanan bilah tugas Anda dan pilih Task Manager. Buka tab Processes, lalu gulir ke bawah ke Cortana. Klik kanan proses Cortana dan pilih End task.

Cortana akan ditutup, lalu dibuka kembali.

Jalankan CHKDSK

Jika saat ini pencarian File Explorer masih tidak berfungsi, Anda perlu mempertimbangkan beberapa perbaikan yang lebih serius. Windows Check Disk (CHKDSK) adalah alat sistem Windows yang dapat Anda gunakan untuk memverifikasi sistem file. Anda dapat mengatur CHKDSK untuk memperbaiki masalah apa pun yang terjadi saat berjalan.

Ketik command prompt di bilah pencarian menu Start Anda, lalu klik kanan yang paling cocok dan pilih Run as administrator. (Atau, tekan tombol Windows + X, lalu pilih Command Prompt (Admin) dari menu.)

Selanjutnya, ketik chkdsk /r  dan tekan Enter. Perintah ini akan memindai kesalahan sistem Anda dan memperbaiki masalah apa pun di sepanjang jalan.

Jalankan SFC

System File Check (SFC) adalah alat pemeriksaan file Windows lainnya. Alih-alih memeriksa seluruh drive Anda untuk kesalahan, seperti CHKDSK, Pemeriksaan File Sistem menganalisis dan memperbaiki instalasi Windows Anda secara khusus.

Sebelum menjalankan perintah SFC, yang terbaik adalah memeriksa ulang apakah itu berfungsi penuh.

  • Ketik Command Prompt (Admin) di bilah pencarian menu Start, lalu klik kanan dan pilih Run as administrator untuk membuka Command Prompt yang lebih tinggi.
  • Ketik perintah berikut dan tekan Enter: DISM /online /cleanup-image /restorehealth
  • Tunggu perintah untuk menyelesaikan. Prosesnya dapat memakan waktu hingga 20 menit, tergantung pada kesehatan sistem Anda. Prosesnya tampaknya macet pada waktu-waktu tertentu, tetapi tunggu sampai selesai.
  • Ketika proses selesai, ketik sfc /scannow  dan tekan Enter.

Memperbaiki File Explorer dan Pencarian Windows

Saat pencarian File Explorer tidak berfungsi, menemukan file tertentu memakan waktu. Memperbaiki pencarian File Explorer tidak butuh waktu lama dan akan membantu Anda mengawasi file Anda yang paling penting (atau benar-benar hilang!).