7 Launcher Ringan Terbaik Yang Akan Berjalan di Semua Ponsel Android

Launcher adalah cara yang bagus untuk menyesuaikan ponsel Android. Peluncur ringan ini bahkan berfungsi pada perangkat yang lebih lama atau kelas bawah.

Launcher adalah aplikasi masuk untuk menyesuaikan tampilan ponsel Android Anda.

Antarmuka pengguna ponsel Anda, termasuk layar beranda dan laci aplikasi, adalah bagian dari Launcher. Yang default sering memungkinkan kustomisasi terbatas dan bisa haus sumber daya. Hal baiknya adalah Anda akan menemukan banyak Launcher pihak ketiga di Google Play yang jauh lebih ringan dan menawarkan banyak fitur personalisasi untuk meningkatkan pengalaman Android Anda.

Jadi, mari kita lihat beberapa Launcher ringan terbaik untuk mendongkrak kinerja dan tampilan perangkat Android Anda.

Nova Launcher

Nova Launcher adalah Launcher yang sangat dapat disesuaikan dengan pengganti layar beranda yang dapat disesuaikan. Itu dapat membuat ponsel Anda terlihat dan terasa seperti OS Android terbaru.

Nova menawarkan banyak fitur personalisasi seperti dukungan tema ikon, kontrol warna, pengguliran vertikal dan horizontal untuk laci aplikasi, efek imersif, ikon gertakan dan widget di antara kisi, mode malam, dan tema gelap. Semua fitur ini membantu Anda mencapai nuansa dan tata letak yang tepat dengan Nova.

Terlepas dari fitur personalisasi yang fantastis, Launcher ini sangat dioptimalkan dari segi kinerja dan bekerja secara efisien di sebagian besar perangkat. Dengan kinerja yang dioptimalkan ini, ia dapat menawarkan pengalaman pengguna yang luar biasa saat menggunakan sumber daya telepon minimum.

Ini juga memiliki versi berbayar yang disebut Nova Launcher Prime yang menawarkan lebih banyak opsi penyesuaian seperti gerakan, menyembunyikan aplikasi, dan folder laci aplikasi.

PALING VIRAL  Cara Mengatasi Kesalahan/Error PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA di Windows 10

Smart Launcher

Smart Launcher memberikan pengalaman yang disempurnakan untuk ponsel Android Anda dengan set fitur yang luar biasa. Contoh yang bagus dari fitur tersebut adalah kemampuannya untuk secara otomatis mengurutkan aplikasi Anda ke dalam kategori yang relevan, sehingga menghemat waktu dan menjaga layar beranda Anda lebih rapi.

Smart Launcher menawarkan tema ambient, yang berubah sesuai dengan warna wallpaper Anda. Sorotan lainnya termasuk memindahkan item yang paling sering digunakan ke bagian bawah layar untuk penggunaan satu tangan yang lebih mudah, penyesuaian lengkap dari warna ke font, bilah pencarian cerdas, dan banyak lagi.

Meskipun Launcher ini sangat kaya fitur, namun tetap mempertahankan kinerja tinggi sambil mempertahankan ukuran aplikasi yang kecil. Ini berjalan dengan baik di Android 5.0 dan di atasnya.

Smart Launcher memiliki versi premium yang menawarkan lebih banyak fitur seperti jumlah notifikasi yang belum dibaca, efek blur, dan kategori yang dapat diedit.

Hyperion Launcher

Hyperion Launcher memberikan nuansa estetika dengan tema yang dirancang dengan rumit dan mode kegelapan pekat. Ini menyediakan beberapa fitur kustomisasi dalam hal kustomisasi ikon, tipografi, grid, widget, dan animasi. Ini juga mempersonalisasi warna latar belakang di laci, dok, folder, dan widget pencarian.

Launcher ringan ini memiliki integrasi yang baik dengan layanan Google seperti widget Google dan Google Feed. Fitur penguncian aplikasi dan desktop juga tersedia di Hyperion.

Launcher bekerja dengan lancar dan hemat baterai ponsel. Ini dioptimalkan untuk semua model, yang memberikan kinerja efisien di sebagian besar perangkat. Muncul dengan pengaturan default yang dioptimalkan, namun Anda dapat menyesuaikan sebagian besar elemennya.

PALING VIRAL  Apa Itu Desktop Window Manager (DWM.exe) dan Apakah Anda Membutuhkannya

Anda juga dapat membeli versi premium yang menyertakan fitur hebat lainnya seperti gerakan, perubahan font, dan ikon adaptif.

Action Launcher

Action Launcher menyediakan fitur yang mirip dengan Pixel Launcher. Ini memiliki banyak ruang untuk kustomisasi. Setelah menginstal, Anda akan melihat tampilan Android vanilla secara default, tetapi Anda dapat memodifikasi setiap elemen Launcher, dari ikon hingga ukuran teks.

Ini juga menyediakan fitur integrasi Google Discover dan memungkinkan Anda untuk mengimpor desain layar beranda dari Launcher lain untuk mempermudah peralihan.

Action Launcher hadir dengan ukuran aplikasi yang lebih kecil, membuatnya efisien dan dioptimalkan untuk kinerja, menawarkan pengalaman pengguna yang lancar. Beberapa fiturnya memerlukan pembelian dalam aplikasi, tetapi sebagian besar gratis.

Niagara Launcher

Niagara Launcher adalah pilihan yang baik jika Anda ingin tetap fokus dengan pengalaman pengguna yang bersih dan minimal. Tampilannya yang minimalis memberikan layar beranda yang sederhana, membuatnya tertata dengan baik, cepat, dan tidak berantakan.

Niagara mengesampingkan konsep layar awal tradisional. Itu membuat semuanya dapat diakses dengan satu tangan, membiarkan Anda fokus pada apa yang penting. Launcher juga memungkinkan Anda membaca dan menanggapi pemberitahuan dari layar beranda untuk kenyamanan.

Launcher ini memiliki fitur daftar adaptif yang mengatur ulang ikon di layar beranda sesuai dengan prioritas penggunaannya. Ini juga mendukung pemberitahuan adaptif, yang memungkinkan Anda membaca dan merespons langsung dari layar kunci.

Niagara mendeklarasikan semua bloatware yang sudah diinstal sebelumnya di ponsel Anda. Fitur-fitur ini membuatnya secepat kilat dan sangat dioptimalkan.

ap15 Launcher

ap15 Launcher terutama berfokus pada minimalis dan efisiensi kinerja. Ini secara otomatis membuat aplikasi menjadi sorotan berdasarkan penggunaan Anda. Anda dapat dengan mudah menyesuaikan warna, ukuran, dan latar belakang untuk setiap aplikasi.

Ini adalah Launcher paling ringan dalam daftar ini, menawarkan kinerja luar biasa. Anda dapat menyembunyikan bilah atas dan bawahnya untuk mendapatkan pengalaman layar penuh, dan Anda juga dapat menyembunyikan aplikasi yang tidak pernah Anda gunakan, seperti bloatware.

PALING VIRAL  Cara Membuat Titik Pemulihan/Restore Point Di Windows 11

ap15 juga memiliki versi premium untuk penyesuaian lebih lanjut seperti fungsionalitas pola latar belakang dan kemampuan untuk mencari aplikasi, termasuk yang tersembunyi.

Unduh: ap15 Launcher (Gratis, pembelian dalam aplikasi tersedia)

Microsoft Launcher

Microsoft Launcher sarat dengan fitur dan memiliki integrasi yang sangat baik dengan layanan Microsoft. Jika Anda adalah pengguna Windows atau Office, Microsoft Launcher adalah pilihan yang sempurna untuk Anda.

Launchernya cukup ringan, menjaga kinerja sistem tetap optimal. Rasanya tajam dan halus bahkan pada ponsel lama.

Microsoft Launcher menyediakan Cortona serta integrasi Google Assistant untuk meningkatkan pengalaman kegunaan. Dengan masuk dengan akun kerja dan pribadi Anda, Anda dapat bekerja di seluruh platform dengan mulus.

Ini akan mengingatkan Anda tentang acara atau tugas daftar tugas yang terkait dengan akun Microsoft Anda. Ini juga menyediakan fitur seperti pelacakan waktu, umpan yang dipersonalisasi, dan banyak lagi.

Yang terbaik dari semuanya, Microsoft Launcher benar-benar gratis untuk digunakan dan tidak mengandung iklan.

Launcher Ringan Untuk Semua Ponsel Android

Launcher ringan ini adalah pilihan terbaik Anda jika Anda ingin meningkatkan kinerja ponsel Anda dengan menghemat memori dan sumber daya. Mereka menyediakan banyak fitur penyesuaian dan bahkan sering meniru versi Android terbaru untuk meningkatkan pengalaman Anda.

Karena konsumsi memori yang lebih rendah, Launcher ini hemat baterai dan prosesor, membuat ponsel Anda lebih cepat.