7 Perbaikan Yang Harus Dicoba Jika Speaker Ponsel Tidak Bekerja

Meskipun ponsel Anda dibuat untuk menahan lingkungan yang keras, ia tidak selalu tahan terhadap debu. Itu sering kali menghasilkan keluaran suara yang teredam atau lebih buruk, speaker mati.

Untungnya, jika Anda menghadapi masalah speaker, Anda tidak harus memesan janji temu pusat layanan dulu. Berikut adalah beberapa langkah pemecahan masalah dan perbaikan yang dapat Anda coba untuk menghidupkan kembali speaker ponsel Android Anda.

Periksa Masalah Perangkat Lunak 

Sebelum kami menyelami pemecahan masalah yang sebenarnya untuk speaker ponsel Anda, Anda harus memastikan bahwa masalahnya adalah kerusakan perangkat keras yang sebenarnya. Ada beberapa cara Anda bisa melakukan ini.

Langkah pertama adalah cukup melakukan reboot. Ini akan memulai kembali semua layanan latar belakang dan memberikan ponsel Anda keadaan bersih, jika ada sesuatu yang macet sejak reboot terakhir Anda.

Selanjutnya, Anda perlu memeriksa apakah output audio ponsel Anda diatur ke speaker internal. Jika Anda secara teratur menyambungkan ponsel ke headphone atau speaker nirkabel, mungkin masih terhubung ke perangkat lain. 

Buka Pengaturan> Perangkat yang terhubung untuk melihat apakah ponsel Anda terhubung ke output audio Bluetooth. Setelah ini, Anda harus menuju ke bagian Suara Pengaturan dan mengonfirmasi bahwa Anda tidak sengaja mengaktifkan mode Jangan Ganggu atau Diam.

Selain itu, kami sarankan untuk menguji speaker dengan mengecilkan volume ke pengaturan terendah dan kemudian menaikkannya ke tingkat maksimum. Cobalah memainkan musik di kedua level untuk memastikannya tidak macet.

Anda juga dapat mencoba aplikasi penguat volume. Ini mencoba memompa keluaran suara secara artifisial, yang dapat berfungsi jika suara ponsel Anda macet pada tingkat rendah karena kesalahan.

PALING VIRAL  √ Inilah 7 Merek RAM terbaik untuk PC dan Laptop yang Harus Anda Ketahui

Aplikasi musik pilihan Anda juga bisa disalahkan di sini. Jadi cara yang lebih konklusif adalah dengan memainkan nada dering atau alarm dari pengaturan audio ponsel Anda. Anda dapat melakukannya dengan masuk ke Pengaturan> Suara> Nada Dering Telepon dan memilih salah satu dari banyak opsi yang tersedia. Pastikan volume panggilan Anda dinaikkan saat melakukan ini.

Nonaktifkan Output Headphone secara Manual 

Saat Anda mencabut aksesori dari jack audio, Android mungkin gagal memproses acara ini, membuat ponsel Anda terjebak dalam mode headphone. Itu berarti speaker Anda akan dinonaktifkan, meskipun Anda telah melepas earphone Anda. 

Biasanya, Anda dapat menyelesaikan bug ini dengan reboot standar. Tetapi jika itu tidak berhasil, Anda dapat mencoba aplikasi gratis, yang dinamai Disable Headphone. Dengan jentikan sakelar, Nonaktifkan Headphone memungkinkan Anda memaksa telepon secara manual untuk meninggalkan mode headphone dan memutar suara melalui speaker-nya.

Nonaktifkan fungsi Headphone dengan cara yang berlawanan juga. Untuk alasan apa pun, jika ponsel Anda tidak dapat mengirimkan audio melalui aksesori yang terhubung, Anda dapat mengaktifkan mode headphone secara manual menggunakan aplikasi.

Unduh: Nonaktifkan Headphone (Gratis)

Coba Safe Mode 

Android memungkinkan Anda meluncurkan mode stripped-down yang hanya menjalankan perangkat lunak asli yang dikirimkan oleh ponsel Anda. Dengan melakukannya, Anda dapat memecahkan masalah telepon Anda tanpa layanan pihak ketiga atau aplikasi yang mengganggu diagnosis. Ini disebut safe mode, dan hadir di setiap ponsel Android. 

Baca Juga

Untuk masuk ke mode aman, tekan dan tahan tombol daya. Di prompt yang dihasilkan, sentuh dan tahan tombol Power Off, lalu tekan OK ketika Anda melihat prompt. Ponsel Anda akan segera restart dalam mode aman. Anda dapat dengan mudah meninggalkan safe mode dengan mengulangi prosedur, memilih opsi Restart untuk kedua kalinya.

PALING VIRAL  No Internet Secured 7 Cara Perbaikan Untuk Windows 10

Perhatikan bahwa langkah-langkah untuk mode aman dapat berbeda tergantung pada perangkat Android Anda. Jika tidak ada yang muncul ketika Anda mengikuti langkah-langkah di atas, coba pencarian Google untuk model Anda atau periksa forum dukungan resmi.

Bersihkan Grills Speaker 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ventilasi speaker ponsel cerdas Anda sering menumpuk debu dari waktu ke waktu. Ini dapat menghalangi kemampuan mereka untuk mengeluarkan suara. Pada titik ini, Anda harus mencoba membersihkan panggangan sendiri untuk menghilangkan sebanyak mungkin rintangan.

Anda dapat mulai dengan meniupkan udara ke speaker, baik menggunakan mulut Anda atau sekaleng udara terkompresi. Selain itu, Anda dapat mencoba menyedot remah-remah kecil dan serpihan debu menggunakan penyedot debu. Ini bisa memengaruhi internal ponsel Anda, jadi Anda harus berhati-hati jika mencoba ini.

Pilihan lain yang baik adalah dengan lembut menggosok panggangan speaker dengan sikat gigi tua, yang akan membantu melonggarkan kotoran. Jika Anda merasa sangat percaya diri dan ponsel Anda mudah dibongkar, Anda dapat mencoba masuk ke dalamnya dan meniup debu dari dalam juga.

Lakukan Hard Reset 

Menguji telepon Anda dalam mode aman, seperti di atas, mengesampingkan kemungkinan aplikasi pihak ketiga menjadi penyebabnya. Jika speaker ponsel Anda berfungsi dengan baik dalam mode aman, Anda dapat mencoba mengisolasi masalah ke aplikasi, pengaturan, atau perangkat tertentu. Jika Anda hanya memiliki masalah speaker ini setelah membuat perubahan pada opsi-opsi ini, cobalah membatalkan apa yang Anda ubah.

PALING VIRAL  5 Aplikasi Pembaca PDF Gratis Terbaik Untuk Android

Jika gagal, Anda dapat melanjutkan dan melakukan pengaturan ulang yang sulit. Anda dapat memberi pabrik ini setel ulang pemotretan meskipun beralih ke mode aman tidak berpengaruh. Dengan melakukan ini, ponsel Anda mulai lagi dan Anda menghilangkan kemungkinan perangkat lunak apa pun menimbulkan kekacauan pada speaker. Anda akan sering menemukan opsi untuk mengatur ulang di Pengaturan> Sistem> Lanjutan> Opsi setel ulang, tetapi Anda dapat menggunakan bilah pencarian di bagian atas aplikasi Pengaturan jika Anda tidak melihatnya.

Kecelakaan Air? Biarkan Kering 

Salah satu konsekuensi paling umum dari kerusakan air pada ponsel Anda adalah speaker yang tidak berfungsi. Cairan dapat dengan cepat mencapai komponen internal yang terhubung ke pemanggang terbuka. Jadi, jika Anda memiliki masalah pengeras suara setelah kecelakaan seperti itu, biarkan ponsel Anda mengering. 


Ada beberapa metode untuk mengeringkan ponsel yang basah. Anda bisa meniupkan udara panas ke dalamnya, membuangnya ke dalam semangkuk nasi, dan banyak lagi. Apa pun yang Anda lakukan, matikan ponsel Anda segera dan biarkan benar-benar kering sebelum mencoba mem-boot-nya kembali.

Selanjutnya, Anda dapat mencoba mengunduh aplikasi seperti Speaker Cleaner. Ini akan memainkan suara bergetar untuk melepaskan sumbat speaker dan memompa air keluar dari itu. Ia memiliki rekam jejak yang terbukti dan tidak membebani biaya apa pun, meskipun itu termasuk iklan.

Unduh: Pembersih Speaker (Gratis, tersedia versi premium)

Jika tidak ada langkah-langkah ini yang berhasil untuk Anda, kemungkinan besar Anda mengalami kegagalan perangkat keras. Anda harus memesan janji temu dengan pusat layanan tepercaya dan memeriksakannya kepada orang yang profesional.

Baca Juga