7 Tips Utama Untuk Menghemat Umur Baterai di iPhone Anda

Streaming video, menjelajahi internet, mengirim SMS ke teman Anda, memeriksa kiriman baru di Facebook, membalas email, dan semua hal lain yang Anda lakukan di iPhone mempengaruhi tingkat baterainya. Untungnya, ada beberapa cara untuk mencegah ponsel Anda kehabisan daya pada saat yang paling tidak nyaman.

Mari kita lihat tips paling efektif yang dapat memperpanjang baterai iPhone Anda, ditambah beberapa faktor yang tidak berpengaruh pada masa pakainya.

Cara Memeriksa Kesehatan Baterai di iOS

Normal jika baterai smartphone menurun seiring waktu. Saat ponsel Anda berusia dua tahun, daya baterai ponsel tidak akan sebesar saat masih baru. Ini disebut sebagai “kesehatan baterai”, sedangkan “masa pakai baterai” mengacu pada berapa lama Anda dapat menghabiskan waktu di antara pengisian daya.

Apple memungkinkan pengguna iPhone untuk memeriksa kesehatan baterai mereka di iOS 11.3 atau lebih tinggi. Dengan beberapa ketukan, Anda dapat mengetahui apakah baterai ponsel Anda masih sehat.

Inilah yang perlu Anda lakukan:

  • Buka aplikasi Settings di iPhone Anda.
  • Gulir ke bawah dan ketuk Battery.
  • Pilih Battery Health. Semakin tinggi angka Maximum Capacity, semakin sehat baterainya. Misalnya, 91 percent berarti bahwa saat penuh, baterai Anda menampung 91 persen dari muatan yang dimilikinya saat berasal dari pabrik.

Anda biasanya akan mulai melihat kinerja yang menurun ketika baterai Anda menahan 80 persen atau kurang dari muatan aslinya. Meskipun Anda masih dapat menggunakan tips di bawah ini untuk memperpanjang masa pakai baterai Anda dalam kasus itu, perkirakan masa pakai baterai yang lebih buruk secara keseluruhan.

Jika kapasitas baterai iPhone Anda sangat buruk, Anda harus mempertimbangkan untuk mendapatkan pengganti dari Apple atau meningkatkan perangkat Anda.

Cara Membuat Baterai iPhone Anda Lebih Tahan Lama

Penggunaan iPhone aktif dan aktivitas latar belakang menguras baterai ponsel Anda. Kiat yang tercantum di sini mencakup keduanya, memungkinkan Anda mendapatkan hasil maksimal dari pengisian daya baterai penuh dan menjaga ponsel Anda bekerja sedikit lebih lama saat hampir mati.

PALING VIRAL  Cara membuat aplikasi android untuk Website dan Blogger Instant

Kelola Kecerahan Layar Anda

Layar yang terang benderang menghabiskan baterai iPhone jauh lebih cepat daripada layar redup. Untuk mengurangi kecerahan, Anda perlu membuka Pusat Kontrol (geser ke bawah dari kanan atas pada iPhone dengan ID Wajah, atau ke atas dari bawah jika iPhone Anda memiliki tombol Beranda) dan seret penggeser kecerahan ke bawah.

Menonaktifkan Auto-Brightness juga dapat membantu menghemat baterai. Jika tidak, fitur tersebut akan secara otomatis meningkatkan kecerahan layar Anda jika diperlukan, seperti saat Anda berada di luar ruangan di bawah cahaya terang.

Untuk menonaktifkan fitur ini, buka Settings > Accessibility > Display & Text Size, gulir ke bagian bawah halaman, dan nonaktifkan Auto-Brightness. Ingatlah bahwa Anda harus mengelola kecerahan Anda lebih dekat dengan ini dinonaktifkan. Jangan tinggalkan ponsel Anda pada kecerahan tinggi untuk waktu yang lama saat menggunakannya.

Beralih ke Mode Gelap

Untuk ponsel dengan layar OLED, beralih ke Mode Gelap bermanfaat untuk masa pakai baterai. Berikut adalah daftar model iPhone yang memiliki tipe tampilan ini pada saat penulisan (tersedia di iOS 13 dan lebih tinggi):

  • iPhone X
  • iPhone XS / XS Max
  • iPhone 11 Pro / Pro Max
  • iPhone 12/12 Mini / 12 Pro / 12 Pro Max
Jika Anda adalah pemilik salah satu model iPhone ini, beralih ke Mode Gelap bukan hanya untuk estetika. Layar OLED mampu mematikan piksel individu, yang berarti bahwa piksel hitam tidak mengambil daya untuk menyala. Baca juga artikel kami tentang Aplikasi iPhone Terpopuler Yang Menawarkan Dukungan Mode Gelap.

Mengaktifkan Mode Gelap itu mudah: buka Settings > Display & Brightness dan ketuk Dark. Atau, Anda dapat mengaktifkannya melalui Pusat Kontrol dengan menekan dan menahan penggeser kecerahan.

Gunakan Mode Daya Rendah

Fitur ini melakukan pekerjaan luar biasa dalam menghemat masa pakai baterai, tetapi ada manfaatnya untuk menghemat lebih banyak masa pakai baterai. Saat Anda beralih ke Mode Daya Rendah, beberapa fitur iPhone Anda dinonaktifkan, seperti unduhan otomatis, pencadangan iCloud, pengambilan email, “Hey Siri”, dan sejenisnya.

Ponsel Anda akan menanyakan apakah Anda ingin beralih ke mode ini ketika level baterai turun menjadi 20 atau 10 persen. Tapi Anda juga bisa menyalakannya secara manual. Cukup buka Settings > Battery dan aktifkan Low Power Mode.

Anda juga dapat menambahkan kontrol untuk fitur ini ke Pusat Kontrol untuk akses yang lebih cepat. Cukup buka Settings > Control Center dan ketuk ikon hijau di sebelah Low Power Mode. Kemudian Anda dapat mengaktifkannya tanpa membuka Pengaturan setiap saat.

PALING VIRAL  √ 5 HP Memori 256 GB yang Sudah Turun Harga Akhir 2021

Matikan Push dan Fetch Email Secara Manual

Jika Anda menerima banyak email setiap hari, pastikan Anda menonaktifkan sinkronisasi push, yang memperbarui perangkat Anda dengan pesan baru saat pesan masuk. Sebagai gantinya, Anda dapat menambah interval pengambilan sehingga hanya memeriksa email baru pada jadwal yang ditetapkan. Untuk perubahan drastis, Anda dapat mengambil secara manual sepanjang waktu sehingga ponsel Anda tidak menyinkronkan email sampai Anda memintanya.

Ini bisa sangat merepotkan. Tetapi segera setelah Anda dapat mengisi daya iPhone atau tidak terlalu mengkhawatirkan baterainya, Anda dapat mengubah pengaturan kembali seperti biasa.

Untuk menyesuaikan fitur ini, buka Settings > Mail > Accounts > Fetch New Data. Di bagian atas layar, nonaktifkan penggeser Dorong, lalu di bagian bawah, ketuk Secara Manually atau atur jadwal.

Setelah ini, ketuk setiap akun Anda dalam daftar untuk mengubah pengaturan dari Fetch ke Manual sesuai keinginan.

Turunkan Batas Waktu Penguncian Otomatis

Auto-Lock adalah fitur yang mengunci layar iPhone Anda saat Anda tidak menggunakannya dalam jangka waktu tertentu. Anda dapat memilih dari 30 detik hingga 5 menit sebelum fitur ini aktif. Sebaiknya pilih jumlah waktu terpendek jika Anda ingin menghemat masa pakai baterai ponsel Anda.

Untuk mengaktifkan Auto-Lock, buka Settings > Display & Brightness > Auto-Lock. Pilih jangka waktu sebelum layar Anda menjadi gelap.

Hindari Aplikasi Yang Menguras Baterai

IPhone Anda mengumpulkan data tentang aplikasi yang Anda gunakan yang menghabiskan paling banyak masa pakai baterai. Untuk memeriksa informasi ini, buka Settings > Battery. Bagian ini akan memberi tahu Anda berapa banyak baterai yang telah digunakan aplikasi tertentu dalam 24 jam terakhir dan 10 hari terakhir.

Jika Anda melihat Background Activity di bawah nama aplikasi, itu berarti aplikasi tersebut menguras baterai iPhone Anda saat Anda tidak menggunakannya secara aktif. Untuk mencegah hal ini terjadi lagi, Anda harus mematikan Penyegaran Aplikasi Latar Belakang untuk aplikasi di bawah Settings > General > Background App Refresh.

PALING VIRAL  6 Alternatif Visio Untuk Diagram Yang Mudah Dipahami

Sebagian besar yang Anda lihat di layar ini seharusnya masuk akal berdasarkan penggunaan Anda. Meskipun semua aplikasi menghabiskan baterai dengan tetap mengaktifkan layar, aplikasi yang membutuhkan banyak sumber daya, seperti streaming video atau game berat, akan menggunakan baterai lebih cepat.

Kurangi Pemberitahuan

Saat Anda menerima pemberitahuan di iPhone, layar menyala, menghabiskan baterainya. Dengan mengelola ini, Anda dapat mengurangi pengurasan baterai.

Tentukan pemberitahuan aplikasi mana yang tidak penting bagi Anda dan matikan. Untuk melakukan ini, buka aplikasi Settings dan buka Notifications. Kemudian pilih aplikasi dari daftar dan matikan Allow Notifications untuk menonaktifkannya.

Jika Anda tidak ingin mematikan pemberitahuan aplikasi untuk selamanya, menyalakan Jangan Ganggu di iPhone juga akan mencegah pemberitahuan membangunkan perangkat Anda. Gunakan itu saat Anda membutuhkan baterai ekstra.

Apa Yang Tidak Berpengaruh Pada Penghematan Baterai iPhone

Beberapa orang mengatakan bahwa menutup aplikasi secara manual dapat membantu mencegah pengurasan baterai. Namun nyatanya, melakukan ini dapat menghabiskan lebih banyak daya tahan baterai. Meskipun aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat memengaruhi tingkat baterai Anda, iOS tidak membiarkan aplikasi berjalan merajalela di latar belakang. Akibatnya, satu-satunya aplikasi yang menggunakan baterai latar belakang yang signifikan adalah aplikasi perpesanan, aplikasi navigasi, layanan streaming musik, dll.

Namun, menutup aplikasi dan membukanya kembali terus-menerus menghabiskan daya baterai karena ponsel Anda harus terus memulai dan menghentikan proses. Sebaiknya pikirkan pengalih aplikasi terbaru sebagai sekumpulan pintasan alih-alih menjalankan tugas yang perlu ditutup.

Kesalahpahaman umum lainnya adalah bahwa Wi-Fi dan Bluetooth menguras baterai iPhone saat dihidupkan. Meskipun ini dulunya agak benar, tidak ada yang menguras baterai besar hari ini. Menggunakan perangkat Bluetooth akan menghabiskan baterai, tetapi menyalakannya saja sudah dapat diabaikan.

Dan kecuali jika Anda berada di tepi jaringan Wi-Fi dan ponsel Anda terus terputus dan tersambung kembali, mengaktifkan Wi-Fi tidak akan berpengaruh besar pada baterai. Wi-Fi juga mendukung beberapa layanan lokasi, dan Wi-Fi lebih ramah baterai untuk menarik lokasi Anda daripada menggunakan GPS.

Pertahankan Masa Pakai Baterai iPhone untuk Hari Anda

Dengan tips-tips ini, Anda dapat menjaga iPhone Anda tetap berjalan selama mungkin. Dengan sedikit penyesuaian pada alur kerja Anda.