7 Tweak Windows 10 Mudah Yang Akan Membuat PC Anda Menjadi Unik

Anda dapat membuat Windows 10 terlihat benar-benar unik dengan perubahan yang tidak rumit ini.

Apakah Anda memerlukan beberapa tweak Windows 10 sederhana untuk meningkatkan produktivitas? Apakah Anda muak dengan opsi penyesuaian terbatas? Ingin membuatnya terlihat luar biasa?

Dengan menggunakan fungsi bawaan dan alat pihak ketiga, Anda dapat membuat Windows 10 terlihat benar-benar unik, menambahkan cap pribadi Anda, dan meningkatkan produktivitas.

Tweak Start Menu di Windows 10 

Sebagai elemen terpenting dari desktop Windows, menu Start adalah pintu gerbang Anda ke pengalaman Windows. Dipulihkan di Windows 10 setelah keluar sebentar di Windows 8, menu Start memberi Anda akses ke Cortana dan memiliki alat pencarian bawaan.

Meskipun menu Start berfungsi sempurna sebagaimana adanya, dan dapat diatur ulang dan diatur ulang, tingkat penyesuaian ini mungkin tidak cukup untuk Anda.

Di sinilah tweak pihak ketiga berperan. Untuk itu inilah aplikasi pihak ketiga itu?

  • StartIsBack ++: mengembalikan tampilan menu Start Windows 7, bisa dibilang versi Windows paling populer hingga saat ini.
  • Start10: diproduksi oleh Stardock, Start10 juga mengembalikan nuansa Windows 7 ke menu Start Windows 10.
  • Start Menu Reviver: membawa berbagai hal ke arah lain dengan tampilan yang dirombak untuk menu Start Windows 10.
Ini hanyalah beberapa dari tweak yang tersedia untuk menu Start Windows 10. Lihat panduan kami untuk tweak menu Start Windows 10 untuk mengetahui apa lagi yang ditawarkan.

Jangan Terjebak Oleh Pemberitahuan Windows 10

Pemberitahuan Windows 10 memberi tahu Anda apa yang terjadi dengan komputer, aplikasi, dan akun terkait Anda. Segala sesuatu mulai dari jejaring sosial dan email hingga akun cloud dan pemutar media dapat mengirim peringatan ke desktop Anda.

PALING VIRAL  3 Cara Untuk Menghapus Metadata Dari Foto

Ini seperti memiliki notifikasi gaya seluler di komputer standar.

Tetapi jika Anda ingin mengonfigurasi notifikasi, misalnya, untuk menonaktifkannya, Anda tidak akan melihat notifikasi itu sendiri. Sebagai gantinya, Anda harus masuk lebih jauh ke dalam layar Settings.

Di sini, Anda akan menemukan opsi untuk mengkonfigurasi bagaimana pemberitahuan muncul di Windows 10. Beberapa lebih cocok untuk perangkat layar sentuh (hibrid dan tablet), tetapi semuanya menentukan bagaimana pemberitahuan muncul di Windows 10. Ini ideal jika Anda tidak menyukai pemberitahuan atau menganggapnya menjengkelkan.

Tweak Taskbar Windows 10

Desktop Windows 10 penuh dengan menu yang berguna dan tersembunyi, seperti menu Power User, yang dapat ditemukan dengan mengklik kanan Start. Daftar lompat, sementara itu, ditemukan dengan mengklik kanan ikon bilah tugas aplikasi.

Sebagai bagian dari desktop Windows 10, bilah tugas adalah alat penting untuk mengelola aplikasi terbuka Anda. Ia bahkan memiliki opsi untuk menyematkan pintasan, memungkinkan Anda untuk menggunakannya sebagai semacam Dock bergaya macOS.

Dengan ini diinstal, Anda dapat menyesuaikan bagaimana aplikasi terbuka berperilaku di taskbar Windows Anda. Tweak meliputi:

  • Mengelompokkan item terbuka.
  • Mengubah opsi menu konteks klik kanan.
  • Merapikan bilah tugas umum.

Unduh aplikasi dari situs web pengembang.

PALING VIRAL  Cara Mudah Mengembalikan Mixer Volume Lama di Windows 11

Animasi Latar Belakang Desktop Windows 10 

Bukan hanya sisi fungsional dari lingkungan desktop Windows 10 yang dapat Anda sesuaikan. Latar belakang juga dapat disesuaikan, dengan wallpaper animasi dan latar belakang animasi.

Tiga aplikasi utama tersedia untuk membantu Anda dalam hal ini:

Ini menangani semuanya mulai dari memutar video sebagai bagian dari latar belakang desktop Anda hingga wallpaper hidup dengan beberapa gerakan halus.

Jadikan Windows 10 Berwarna Dengan Tweak Ini

Menemukan Windows 10 agak hambar atau kaku?

Anda mungkin tahu bahwa saat Anda memilih latar belakang desktop baru, seluruh lingkungan berubah agar warna tetap terkoordinasi. Tetapi bagaimana jika ini bukan yang Anda inginkan?

Untuk memulai, opsi ini dapat dengan mudah dinonaktifkan melalui Settings > Personalization > Colors, di mana Anda harus mengosongkan kotak centang Automatically pick an accent color from my background.

Setelah itu, tersedia beberapa opsi. Anda dapat memilih dari warna aksen apa pun, meskipun di luar desktop Windows, ini hanya memengaruhi aplikasi Universal.

Alat pihak ketiga juga dapat digunakan, seperti:

Gadget Peningkat Produktivitas Di Windows 10

Windows 7 (dan Windows Vista sebelumnya) memiliki dukungan untuk gadget desktop. Ini dapat digunakan untuk memeriksa cuaca, membaca RSS feed dengan cepat, mendapatkan informasi sistem, dan banyak lagi.

Meskipun gadget telah dihentikan oleh Microsoft di Windows 10, gadget tersebut dapat dipulihkan secara manual berkat beberapa alat pihak ketiga:

Dengan alat ini, kerentanan yang menyebabkan Microsoft meninggalkan gadget desktop telah ditangani. Sekarang Anda dapat dengan cepat memeriksa waktu, melihat kalender, atau membuat catatan cepat, cukup dengan beralih ke desktop Anda.

PALING VIRAL  5 Talkie Walkie Terbaik dan Untuk Pecinta Radio Dua Arah

Tidak perlu mencari waktu di web di kantor Hong Kong Anda atau membuang waktu untuk meluncurkan aplikasi pencatatan baru.

Sembunyikan Taskbar Untuk Memaksimalkan Ruang Desktop

Salah satu cara terakhir untuk membuat Windows 10 terasa lebih pribadi adalah memberi diri Anda ruang desktop sebanyak mungkin.

Anda memiliki dua opsi di sini:

  • Pindahkan bilah tugas ke kiri atau kanan tampilan
  • Setel bilah tugas ke sembunyikan otomatis

Hasilnya mungkin tampak seperti real estat desktop tambahan, tetapi ini dapat membantu Anda untuk fokus. Memaksimalkan jendela aplikasi desktop standar tidak lagi meninggalkan sepotong Taskbar dan menu Mulai. Sebaliknya, perhatian Anda akan sepenuhnya diarahkan pada prioritas Anda saat ini.

Untuk memindahkan bilah tugas:

  • Klik kanan taskbar
  • Pilih Taskbar settings
  • Pastikan Lock the taskbar diatur ke Off
  • Keluar dari pengaturan Taskbar
  • Klik kiri taskbar
  • Seret ke kiri atau kanan layar Anda

Ingin menyembunyikan bilah tugas secara otomatis?

  • Buka Taskbar settings (lihat di atas)
  • Atur Automatically hide the taskbar in desktop mode ke On
  • Untuk lebih menghemat ruang, setel Use small taskbar buttons ke On

Memposisikan Taskbar di sepanjang kiri atau kanan desktop berfungsi dengan baik pada tampilan layar lebar.

Tweak Windows 10 Menjadikan Windows 10 Milik Anda

Sekarang Anda harus memiliki ide bagus tentang apa yang mungkin dilakukan tweak Windows 10. Anda dapat mengkonfigurasi ulang menu Start, menyesuaikan notifikasi, dan bahkan mengubah dan menyembunyikan bilah tugas.

Latar belakang desktop beranimasi juga dimungkinkan, dan jika mau, Anda bahkan dapat membuat desktop lebih berwarna. Dan kemudian ada peningkatan umum yang dapat Anda lakukan untuk produktivitas!