8 Alternatif Adobe Illustrator Gratis Terbaik dan Berbasis Browser

Jika Adobe Illustrator terlalu mahal untuk anggaran Anda, ada banyak alternatif Adobe Illustrator berbasis browser gratis yang dapat Anda coba.

Adobe Illustrator adalah pilihan default bagi siapa saja yang membutuhkan perangkat lunak desain grafis berkualitas tinggi. Tetapi model langganan Adobe cukup mahal, dan Illustrator hanya berfungsi di Windows dan Mac.

Jika Anda seorang penghobi dengan anggaran terbatas atau menggunakan Linux atau Chromebook, apa pilihan Anda?

Untungnya, ada banyak alternatif Adobe Illustrator gratis berbasis browser yang dapat Anda coba. Anda tidak hanya tidak perlu membayarnya, tetapi mereka akan berjalan di perangkat apa pun yang menjalankan sistem operasi apa pun.

Gravit Designer adalah alat desain vektor gratis yang cepat, kuat, dan tampak hebat. Selain bekerja di semua browser utama, Anda dapat mendownload versi desktop untuk Mac, Windows, Linux, dan Chrome OS. Dalam semua kasus, Anda mendapatkan integrasi sinkronisasi cloud penuh.

Program ini memiliki semua dasar yang Anda harapkan dari Illustrator, termasuk versi alat Pen (disebut Paths) dan alat gambar tangan bebas yang menghaluskan garis Anda saat Anda pergi.

Sangat mudah untuk membuat bentuk khusus berkat Gravit yang menggunakan alat Pathfinder. Ada juga berbagai macam pintasan keyboard, termasuk banyak yang sama seperti di perangkat lunak Adobe.

Selain semua ini, Anda mendapatkan pustaka besar bentuk, ilustrasi, ikon, garis, dan lainnya yang telah dirancang sebelumnya untuk digunakan dalam desain Anda. Untuk pengguna pro, Gravit Designer juga mendukung CMYK.

Dengan dukungan untuk semua browser utama serta versi yang dapat diunduh untuk Windows, Linux, dan Chrome OS, Vectr adalah alat sederhana untuk membuat desain vektor cepat.

Ini tidak sekaya Gravit, tetapi itu berarti ada kurva belajar yang lebih pendek. Dan itu memiliki kekuatan untuk jenis penggunaan tertentu.

Vectr sangat bagus untuk membuat halaman sampul media sosial. Ada ukuran dokumen preset, dan mudah untuk mengimpor foto dan menambahkan teks Anda sendiri di atasnya.

PALING VIRAL  √ 5 HP Samsung Galaxy M yang Turun Harga di Tahun 2021

Ada integrasi cloud yang mulus. Setiap gambar memiliki URL uniknya sendiri yang dapat Anda bagikan dengan siapa pun. Atau Anda dapat mengekspor pekerjaan yang sudah selesai dalam format SVG, PNG, dan JPEG.

Boxy SVG adalah editor SVG yang bekerja di browser berbasis Chromium seperti Chrome atau Opera. Ini juga memiliki versi desktop untuk Windows, Mac, dan Chrome OS.

Boxy berfungsi secara native dengan file SVG, jadi Anda tidak perlu mengekspor gambar saat siap menggunakannya, dan dapat dengan mudah membukanya di aplikasi pengeditan gambar lainnya. Ini juga berarti Anda dapat mengeluarkan kode HTML untuk gambar Anda, yang dapat Anda tempel langsung ke halaman web. Jika mau, Anda dapat membuat file gambar normal dalam format JPEG, PNG, WebP, dan GIF.

Jadi, fitur apa yang Anda dapatkan? Semua dasar ada di sini. Ada banyak alat menggambar bentuk, ditambah pulpen dan berbagai alat kurva. Anda juga mendapatkan banyak opsi jenis, termasuk integrasi dengan Google Fonts. Dukungan untuk clipping mask memberi Anda kekuatan untuk membuat karya yang lebih kompleks.

Kami menemukan antarmuka Boxy agak sulit untuk dikuasai pada awalnya, tetapi ini adalah alternatif Illustrator yang cepat dan sangat mumpuni, sangat layak untuk dipertahankan.

Canva adalah alat desain berbasis browser yang sangat populer dan mudah digunakan. Ini menawarkan lebih dari 50.000 templat untuk setiap jenis pengguna dan tujuan. Anda dapat menggunakannya untuk membuat logo, sampul ebook, poster, iklan, dan banyak lagi lainnya.

Anda tidak mendapatkan banyak kendali. Tidak ada alat menggambar sehingga tidak mungkin membuat sesuatu dari awal. Sebagai gantinya, Anda cukup memilih template dan menyesuaikannya sesuai selera.

Dan itulah intinya. Canva adalah tentang penyederhanaan. Anda dapat membuat beberapa desain yang indah, kompleks, dan terlihat sangat profesional tanpa keahlian desain apa pun.

PALING VIRAL  7 Aplikasi Berita Olahraga Terbaik Untuk iOS dan Android

Ditujukan untuk pengguna profesional atau serius yang mungkin sudah tahu cara menggunakan Illustrator, Figma memiliki reputasi yang berkembang. Muncul dengan paket langganan gaya Adobe-nya sendiri, tetapi memiliki penawaran gratis yang memungkinkan Anda membuat tiga proyek dan bekerja dalam tim dengan dua anggota.

Figma dibuat terutama untuk desain antarmuka, dan mendukung penuh file yang dibuat di Sketch, alat desain pro populer lainnya. Ini juga memiliki aplikasi seluler untuk iOS dan Android yang dapat Anda gunakan untuk melihat pratinjau desain Anda dengan cepat.

Kurva pembelajarannya curam, tetapi tidak banyak yang tidak dapat Anda lakukan dengan Figma. Ada dukungan untuk Google Fonts dan font offline Anda yang diimpor. Sangat mudah untuk membuat bentuk dan mendesain bentuk kustom melalui alat mirip pathfinder, dan ada dukungan full mask. Anda juga dapat menyimpannya sebagai Komponen untuk digunakan kembali di proyek Anda yang lain.

Setelah selesai, Anda dapat mengekspor pekerjaan Anda sebagai file PNG, JPEG, atau SVG, atau cukup menyalin gaya Anda sebagai kode CSS.

Inkscape telah lama ditetapkan sebagai salah satu alternatif Illustrator gratis terbaik. Meskipun itu selalu menjadi program desktop, Anda dapat menggunakannya di dalam browser melalui layanan RollApp.

Efeknya agak aneh karena Anda mendapatkan UI desktop penuh yang dijejalkan ke dalam jendela browser. Namun, setelah Anda mengalihkan browser ke mode layar penuh, ini bekerja jauh lebih baik.

Inkscape adalah perangkat lunak yang kuat. Ada kurva pembelajaran, baik dalam hal menguasai alatnya maupun dalam hal itu menggunakan sekumpulan pintasan keyboard yang berbeda.

Ini juga agak lambat. Menggunakan Inkscape dengan RollApp sangat ideal saat Anda perlu mengedit saat dalam perjalanan, tetapi dalam banyak kasus, Anda sebaiknya menginstal perangkat lunak desktop.

Janvas memiliki serangkaian fitur yang solid, termasuk dukungan untuk topeng, dan banyak alat pena dan opsi teks.

Ini cocok untuk pemula berkat perpustakaan templat yang mencakup semuanya mulai dari ikon dan elemen UI, hingga templat surat dan buku foto. Rangkaian tambahan gradien, pola dan tekstur, serta filter siap pakai membantu membuat fitur desain umum dapat diakses dengan sekali klik. Anda dapat menyimpan pekerjaan Anda dalam format SVG, JPEG, atau PNG.

PALING VIRAL  9 Aplikasi Mewarnai Dengan Angka Terbaik Bagi Orang Dewasa Untuk Android

Janvas memiliki keunikannya sendiri. Ini memiliki antarmuka panel-berat yang membutuhkan waktu untuk dikuasai. Ini dapat dikonfigurasi, tetapi Anda harus bereksperimen untuk menemukan tata letak yang sesuai dengan alur kerja Anda. Kelemahan terbesarnya adalah tidak mendukung pintasan keyboard sama sekali.

Semua itu berarti Janvas adalah pilihan yang tepat untuk proyek yang lebih kecil dan lebih cepat, jika bukan untuk pekerjaan yang lebih kompleks.

Jika Anda sudah memiliki file SVG yang ingin Anda ubah, Vecteezy adalah pilihan yang baik. Paling baik untuk mengedit file atau membuat ikon dan logo yang sangat sederhana, daripada membuat karya yang lebih besar dari awal.

Ini karena kesederhanaan aplikasi. Anda mendapatkan alat pena dan jenis dan tidak banyak lagi. Sebaliknya, ada banyak bentuk yang telah dirancang sebelumnya dan ilustrasi yang telah digambar sebelumnya yang dapat Anda impor ke dalam pekerjaan Anda. Template juga dijanjikan untuk masa depan.

Menyimpan file itu sepele: cukup pilih untuk mengekspor sebagai SVG atau PNG dan gambar akhir Anda akan langsung diunduh.

Adobe Illustrator Bukan Satu-Satunya Pilihan

Tak satu pun dari aplikasi berbasis browser ini dapat menandingi rangkaian fitur lengkap yang ditawarkan Adobe Illustrator.

Tapi mereka lebih dari cukup untuk membuat hal-hal seperti poster, ilustrasi, logo dan sejenisnya. Anda bahkan dapat menggunakannya untuk mempelajari prinsip-prinsip desain grafis, karena semua alatnya berbagai alat gambar, teks, warna, dan bentuk, semuanya bekerja dengan cara yang sama.