8 Cara Memperbaiki Error CLOCK WATCHDOG TIMEOUT Di Windows

Mengalami Error Clock Watchdog Timeout di Windows? Inilah cara Anda memperbaikinya sekali dan untuk selamanya.

Bluescreen Windows bukanlah perasaan yang menyenangkan. Apakah ini kesalahan sistem yang sederhana? Atau apakah kesalahan bluescreen itu pertanda sesuatu yang lebih serius?

Error Clock Watchdog Timeout adalah salah satu pesan crash layar biru. Jika Anda mengalami kesalahan ini, berikut cara memperbaikinya.

Apa Itu Error Clock Watchdog Timeout

Kesalahan CLOCK_WATCHDOG_TIMEOUT berkaitan dengan perangkat keras sistem Anda, secara khusus menunjukkan masalah dengan cara sistem dan prosesor Anda berkomunikasi.

Saat Anda meminta komputer untuk melakukan sesuatu, sistem operasi memberi tahu CPU, “menyela” prosesor untuk memberi tahu apa yang terjadi. Ini adalah proses tingkat sistem yang dikenal sebagai “interupsi sistem” dan merupakan fungsi Windows yang sepenuhnya normal. Namun, jika sistem menghabiskan waktu terlalu lama pada fase interupsi, yang dikenal sebagai interrupt request level (IRQL), Anda akan menemukan kesalahan layar biru.

Ada beberapa pesan kesalahan layar biru yang dapat terjadi saat ini terjadi, dan kesalahan Clock Watchdog Timeout adalah salah satu yang paling umum. Clock mengacu pada CPU, sedangkan watchdog adalah proses yang memantau interupsi.

Bagaimana Cara Memperbaiki Kesalahan Clock Watchdog Timeout

Anda dapat memperbaiki kesalahan Clock Watchdog Timeout dengan cukup mudah, tetapi itu tergantung pada perangkat keras mana yang menyebabkan kesalahan. Sebagian besar perbaikan berputar di sekitar memeriksa perangkat keras dan driver Anda, karena ini adalah komponen yang mencoba berkomunikasi dengan CPU Anda.

Berikut adalah daftar perbaikan paling umum untuk masalah ini.

Mulai Ulang Sistem Anda (Restart)

Perbaikan paling dasar dan mudah adalah memulai ulang sistem Anda. Kesalahan Clock Watchdog Timeout belum tentu menjadi indikator bahwa sistem Anda gagal. Ini mungkin bug yang dapat Anda atasi dengan restart cepat dan mudah.

PALING VIRAL  Tidak Bisa Drag dan Drop di Windows 10? Inilah Cara Memperbaikinya

Periksa Dan Pasang Kembali Perangkat Keras Anda

Perbaikan kedua Anda adalah salah satu yang dapat memperbaiki banyak masalah Windows, dan itu untuk memperbaiki perangkat keras sistem Anda. Jika sesuatu menjadi longgar dalam casing PC Anda, itu dapat membuat kesalahan sistem. Itu bisa berarti kabel longgar, drive tidak pada tempatnya, RAM tidak terpasang, atau apa pun di antaranya. Video berikut menjelaskan cara memasang kembali perangkat keras Anda dan memeriksa semuanya aman:

Bersihkan Komputer Anda

Saat Anda berada di sana, bersihkan komputer Anda. Debu yang menumpuk akan mematikan perangkat keras Anda. Ini adalah salah satu hal terburuk untuk komputer Anda, dan bertambah seiring waktu. Ingat, PC Anda sama seperti perangkat keras lain yang Anda miliki. Jaga itu, dan itu akan bertahan lebih lama.

Perbarui Windows 10

Selanjutnya, periksa apakah ada pembaruan Windows 10 yang tertunda. Pembaruan Windows 10 yang tertunda mungkin berisi perbaikan bug yang menunggu sistem Anda.

Tekan Tombol Windows + I, lalu menuju ke Update & Security > Windows Update. Jika ada pembaruan yang tersedia, unduh dan instal.

Perbarui Driver

Memperbarui fitur driver sistem Anda di hampir semua daftar perbaikan kesalahan layar biru Windows. Ada alasan bagus untuk itu. Jika driver sistem menjadi korup atau buggy, itu dapat menyebabkan perangkat keras yang terkait memunculkan pesan kesalahan, seperti kesalahan Timeout Clock Watchdog.

Tidak selalu jelas apakah kesalahan driver menyebabkan masalah. Windows 10 menangani pembaruan driver Anda secara otomatis, tetapi segala sesuatunya dapat lolos dari internet. Anda dapat memeriksa kesalahan driver secara manual melalui Device Manager.

Ketik device manager di bilah pencarian Start Menu dan pilih Best Match. Periksa daftar untuk setiap indikator kesalahan kuning. Jika tidak ada, kecil kemungkinannya adalah driver yang menjadi sumber masalah. Namun, jika Anda ingin memeriksa ulang, Anda dapat mencoba memperbarui setiap driver secara manual.

Misalnya, Buka bagian Disk drives, lalu klik kanan driver untuk SSD Anda dan pilih Update driver. Pilih Search automatically for updated driver software agar Windows mengotomatiskan proses pembaruan untuk Anda.

PALING VIRAL  10 Aplikasi Terbaik Untuk Animasikan Foto di Android dan iPhone

Hapus Perangkat Lunak Baru

Apakah Anda sudah memasang aplikasi baru baru-baru ini? Apakah kesalahan Timeout Clock Watchdog Anda dimulai setelah menginstal perangkat lunak baru? Jika demikian, Anda harus menghapus perangkat lunak baru, menyalakan ulang sistem Anda, dan memeriksa apakah kesalahan berlanjut.

Masukkan programs di bilah pencarian Start Menu Anda. Alihkan menu tarik-turun Sort by ke Install date, urutkan daftar program berdasarkan tanggal pemasangan. Hapus semua program yang diinstal baru-baru ini, lalu boot ulang sistem Anda.

Jalankan SFC Dan CHKDSK

Sistem file Windows bekerja dengan baik. Itu sampai tidak terjadi, dan kesalahan mulai muncul. Salah satu cara untuk memperbaiki kesalahan yang berkaitan dengan file sistem adalah memperbaikinya menggunakan System File Check (SFC) bawaan Windows. Alat sistem terintegrasi ini memindai dan memperbaiki kesalahan secara otomatis.

Sebelum menjalankan perintah SFC, penting untuk memeriksa apakah berfungsi dengan benar. Untuk melakukan ini, kami menggunakan alat Deployment Image Servicing and Management, atau DISM.

Lakukan langkah-langkah berikut.

  • Ketik Command Prompt (Admin) di bilah pencarian menu Start, lalu klik kanan dan pilih Run as administrator untuk membuka Command Prompt yang ditinggikan.
  • Ketik perintah berikut dan tekan Enter: DISM /online /cleanup-image /restorehealth
  • Tunggu sampai perintah selesai. Prosesnya dapat memakan waktu hingga 20 menit, tergantung pada kesehatan sistem Anda. Prosesnya tampaknya macet pada waktu-waktu tertentu, tetapi tunggu hingga selesai.
  • Saat proses selesai, ketik sfc /scannow dan tekan Enter.
CHKDSK adalah alat sistem Windows lain yang memeriksa struktur file Anda. Tidak seperti SFC, CHKDSK memindai seluruh drive Anda untuk mencari kesalahan, sedangkan SFC memindai file sistem Windows Anda secara khusus. Seperti SFC, jalankan pemindaian CHKDSK dari Command Prompt untuk memperbaiki mesin Anda.
  • Ketik command prompt di bilah pencarian menu Start Anda, lalu klik kanan yang paling cocok dan pilih Run as administrator. (Atau, tekan tombol Windows + X, lalu pilih Command Prompt (Admin) dari menu.)
  • Selanjutnya, ketik chkdsk /r dan tekan Enter. Perintah tersebut akan memindai sistem Anda dari kesalahan dan memperbaiki masalah apa pun di sepanjang jalan.

Jalankan Alat Diagnostik Memori Windows 10

Anda dapat menggunakan Diagnostik Memori Windows terintegrasi untuk memeriksa apakah RAM Anda menyebabkan kesalahan. Windows Memory Diagnostic memindai RAM Anda, memeriksa kesalahan yang dapat menyebabkan sistem Anda crash. Anda tidak dapat menjalankannya di dalam Windows. Anda harus menjalankan alat, lalu mulai ulang sistem Anda agar alat dapat memindai RAM Anda.

PALING VIRAL  9 Aplikasi Mewarnai Dengan Angka Terbaik Bagi Orang Dewasa Untuk Android

Ketik Windows Memory Diagnostic ke dalam bilah pencarian menu Start Anda dan pilih Best Match.

Sekarang, Anda dapat mengatur alat untuk segera dijalankan atau dijalankan pada saat Anda memulai ulang sistem Anda. Saat Anda mencoba memperbaiki kesalahan layar biru, segera jalankan alat, tetapi simpan pekerjaan apa pun terlebih dahulu.

Diagnostik Memori Windows akan berjalan secara otomatis setelah reboot.

File log, bagaimanapun, tidak terlihat setelah Anda boot kembali ke Windows 10. Tekan tombol Windows + X dan pilih Event Viewer dari menu daya. Di Event Viewer, pilih Event Viewer (Local) > Windows Logs > System.

Kemudian, di kolom sebelah kanan, pilih Find dan ketik MemoryDiagnostic ke dalam kotak. Tekan Find Next. Hasil diagnostik Anda akan ditampilkan di bagian bawah jendela.

Dari sana, Anda perlu menyelidiki kesalahan spesifik apa pun yang muncul dari Diagnostik Memori Windows.

Hapus Pengaturan Overclock

Jika Anda telah melakukan overclock perangkat keras sistem Anda untuk memeras kinerja ekstra, Anda mungkin mengalami kesalahan Timeout Clock Watchdog. Mengingat sifat overclocking sistem Anda, tidak ada instruksi khusus yang ditawarkan dalam tutorial ini. Itu karena overclocking unik untuk perangkat keras Anda, dan Anda harus mengembalikan sistem Anda menggunakan aplikasi atau pengaturan sistem tertentu.

Jadi, jika Anda telah melakukan overclock sistem Anda, dan Anda mengalami kesalahan Timeout Clock Watchdog, pertimbangkan untuk memutar kembali ke pengaturan stok.

Anda Telah Memperbaiki Kesalahan Clock Watchdog Timeout di Windows 10

Kesalahan layar biru Windows tidak pernah menyenangkan. Untungnya, beberapa mudah diatasi, dan Clock Watchdog Timeout adalah salah satunya. Kerjakan langkah-langkah dalam daftar ini, dan sistem Anda akan kembali secepat mungkin. Dan untuk kesalahan yang lain seperti Memory Management BSOD kami juga telah membahasnya, jika Anda pernah mengalaminya.