8 Cara Memperbaiki Screensaver Yang Tidak Berfungsi di Windows

Apakah screensaver Anda tidak berfungsi di Windows? Inilah cara Anda dapat memeriksa pengaturannya dan memecahkan masalah ini.

Windows hadir dengan banyak opsi personalisasi, salah satunya adalah screensaver yang sederhana. Anda dapat mengatur desain, gambar, atau teks apa pun untuk menambahkan kesenangan ke layar Anda saat istirahat. Namun, terkadang screensaver berhenti bekerja, meninggalkan Anda dengan layar kosong dan membosankan.

Jika komputer Anda tidak menampilkan screensaver tidak peduli berapa lama Anda menunggu, panduan kami akan membantu Anda memperbaikinya. Selain itu, kami akan menunjukkan kepada Anda apa yang harus dilakukan ketika screensaver membeku atau ketika Anda tidak dapat keluar dari mode screensaver.

Nyalakan Screensaver Melalui Settings

Secara default, screen saver Windows dinonaktifkan. Jadi, jika Anda tidak ingat mengonfigurasi pengaturannya, ada kemungkinan Anda perlu mengaktifkannya dari pengaturan Windows untuk memulai. 

Ikuti langkah-langkah ini untuk mengaktifkan screensaver dan mempersonalisasikannya:

  • Buka Settings dengan menekan tombol Windows + I pintasan keyboard.
  • Buka Personalization.
  • Dari panel kiri, pilih Lock screen.
  • Klik Screen saver settings.
  • Gunakan menu tarik-turun Screen saver untuk memilih screensaver. Anda dapat memeriksa tampilan screensaver dengan mengklik Preview.
  • Gunakan bidang di sebelah Wait untuk mengatur berapa menit layar tidak aktif yang dimulai screensaver.
  • Klik Apply > OK untuk menyimpan pengaturan screensaver baru Anda.

Jika Anda ingin mengunci komputer Anda setelah screensaver dimulai, centang opsi On resume, display logon screen. Selain itu, atur waktu tunggu ke satu atau dua menit saat Anda pertama kali mengaktifkan screensaver sehingga Anda dapat menguji apakah itu berfungsi dengan baik.

PALING VIRAL  √ 5 HP Vivo yang Sudah Turun Harga di Akhir Tahun 2021

Catatan: Jika Anda belum mengaktifkan Windows, Anda tidak dapat menyesuaikan pengaturan screensaver.

Putuskan Sambungan Perangkat Eksternal Yang Tidak Lagi Anda Butuhkan

Jika Anda mengatur screensaver dan tidak aktif, coba hapus beberapa perangkat yang tidak lagi Anda gunakan. Perangkat eksternal seperti joystick, kamera, atau headphone dapat menghentikan sistem Anda dari memicu screensaver.

Jika Anda memutuskan semua perangkat yang tidak perlu dan screensaver masih belum dimulai, Anda harus mencoba solusi lain dari daftar kami.

Ubah Waktu Tidur di Komputer Anda

Jika komputer Anda membutuhkan waktu lebih sedikit untuk memasuki mode tidur daripada yang diperlukan untuk memicu screensaver, Anda tidak akan pernah melihat screensaver. Ini karena komputer Anda sudah dalam mode tidur sebelum screensaver harus dipicu.

Untuk memperbaikinya, Anda perlu menyesuaikan waktu tidur atau waktu tunggu screensaver. Ikuti langkah-langkah yang disajikan di atas untuk mengubah waktu tunggu screensaver. Jika Anda ingin menyesuaikan waktu tidur, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Settings.
  • Buka System > Power & sleep.
  • Di bawah Sleep, gunakan menu tarik-turun untuk menyetel waktu baru.

Catatan: Anda harus menyetel waktu baru untuk On battery power, PC goes to sleep after dan When plugged in, PC goes to sleep after opsi.

Periksa Pengaturan Presentasi

Windows memiliki banyak trik yang mungkin tidak Anda ketahui dan mode presentasi bisa menjadi salah satunya. Meskipun bagus untuk lingkungan bisnis karena tidak mengganggu ucapan Anda, ini mematikan screensaver.

Untuk mematikan mode presentasi, klik kanan Start dan menuju ke Mobility Center. Kemudian, klik tombol Turn Off di bawah Presenting. Jika Anda ingin memeriksa pengaturan lainnya, klik ikon Projector.

PALING VIRAL  4 Pengaturan Akun Google Penting Demi Keamanan Yang Lebih Baik

Jalankan Pemecah Masalah Daya

Jika Anda tidak dapat menemukan sesuatu yang salah dengan pengaturan screensaver, saatnya untuk beralih ke alat pemecahan masalah Windows. 

Menjalankan pemecah masalah Daya dapat memperbaiki masalah screensaver.

  • Klik Start dan buka Settings > Update & Security.
  • Dari panel kiri, pilih Troubleshooter.
  • Klik Additional troubleshooters.
  • Buka Find and fix other problems.
  • Klik Power > Run the troubleshooter.

Pemecah masalah akan memperbaiki sendiri setiap masalah yang terdeteksi. Setelah itu, periksa apakah screensaver berfungsi.

Jalankan Pemindaian SFC

Jika ada file sistem yang corrupt atau rusak yang menghentikan screensaver bekerja dengan benar, Pemeriksa File Sistem harus memperbaiki masalah tersebut. Luncurkan Command Prompt dengan hak administratif dan gunakan perintah sfc /scannow untuk memulai proses pemindaian.

Prosesnya mungkin memakan waktu cukup lama, jadi pastikan Anda atau orang lain tidak menutup jendela Command Prompt. Jika menemukan file yang rusak atau rusak, SFC akan menggantinya secara otomatis.

Atur Ulang Pengaturan Power Plan

Karena screensaver adalah fitur daya, beberapa pengaturan daya yang menyimpang dapat menghentikan pemicu screensaver. 

Dalam hal ini, mengembalikan pengaturan rencana daya ke default akan memperbaiki masalah. Berikut adalah bagaimana Anda dapat melakukannya:

  • Buka Control Panel.
  • Dari menu View by, pilih Large icons atau Small icons.
  • Buka Power options.
  • Klik Change plan settings > Restore default settings for this plan.

Perbarui Driver Display

Jika screensaver komputer Anda berfungsi, tetapi screensaver macet, Anda harus memperbarui driver tampilan. Meskipun driver kartu grafis biasanya diperbarui melalui pembaruan Windows, ada kemungkinan Anda menggunakan driver yang tidak disertakan dalam pembaruan Windows.

Dalam situasi ini, Anda dapat memperbarui driver tampilan secara manual melalui Pengelola Perangkat. Berikut adalah bagaimana Anda dapat melakukannya:

  • Ketik device manager di bilah pencarian menu Start dan pilih yang paling cocok.
  • Perluas daftar Adaptor Display.
  • Klik kanan driver grafis dan pilih Update driver.
  • Di jendela pop-up, pilih Search automatically for drivers.
PALING VIRAL  Cara Mengosongkan Ruang Disk Setelah Upgrade Ke Windows 11

Anda juga dapat mencari pembaruan yang tersedia di situs web produsen selama Anda memastikan bahwa Anda menginstal pembaruan yang kompatibel dengan sistem Anda.

Apakah Komputer Anda Terjebak Dalam Mode Screensaver

Ada juga kasus ketika screensaver berfungsi dengan baik hingga Anda ingin kembali bekerja dan tidak dapat keluar darinya. Jika Anda mencoba menggunakan mouse dan tidak terjadi apa-apa, mungkin mouse Anda yang salah.

Coba putuskan dan sambungkan kembali atau periksa baterainya jika Anda menggunakan mouse Bluetooth. Selain itu, bersihkan meja atau alas mouse Anda agar tidak ada debu yang menghalangi mouse Anda bekerja dengan baik.

Jika tidak ada yang salah dengan mouse Anda dan Anda masih tidak dapat keluar dari mode screensaver, tekan Ctrl + Alt + Del lalu Esc. Selain itu, menekan tombol Windows akan membantu Anda.

Personalisasikan Komputer Anda

Screen saver dikembangkan untuk menjaga monitor lama agar tidak terbakar. Pada monitor CRT, jika gambar ditampilkan untuk waktu yang lama, itu akan terbakar.

Meskipun monitor modern tidak memiliki masalah ini, Anda masih dapat menggunakan screensaver untuk mengembalikan beberapa nostalgia sistem lama atau mempersonalisasi layar Anda saat idle.