8 Cara Mengatasi Android Auto Tidak Berfungsi

Mengapa Android Auto tidak berfungsi? Coba langkah pemecahan masalah Android Auto ini untuk memperbaiki fitur tersebut.

Android Auto adalah cara hebat untuk menggunakan perangkat Anda saat berada di dalam mobil, tetapi tidak banyak gunanya jika berhenti berfungsi dengan benar. Baik Anda tidak bisa menghubungkan Android Auto sama sekali atau tiba-tiba berhenti berfungsi dengan baik, kami siap membantu.

Tips pemecahan masalah Android Auto ini akan membantu Anda memperbaiki fitur saat tidak berfungsi dengan benar, baik Anda menggunakan aplikasi di layar ponsel atau tampilan mobil.

Hidupkan Ulang Ponsel Anda (Restart)

Ketika Android Auto tidak berfungsi, semoga itu hanya kesalahan sementara dengan aplikasi di ponsel Anda. Oleh karena itu, Anda harus selalu memulai ulang perangkat dengan cepat saat Android Auto mengalami malfungsi.

Di sebagian besar perangkat, Anda dapat melakukannya dengan menahan tombol Daya hingga menu muncul. Pilih Restart jika tersedia; jika tidak, tekan Matikan lalu hidupkan kembali ponsel Anda setelah satu atau dua menit. Setelah itu, coba gunakan Android Auto lagi dan lihat apakah berfungsi dengan benar.

Perbarui Ponsel Anda dan Aplikasi Android Auto

Jika Android Auto berfungsi sebelumnya tetapi berhenti berfungsi dengan baik, Anda mungkin perlu menginstal beberapa update untuk mengembalikannya ke jalur semula. Buka Settings > System > Advanced > System Update untuk memeriksa pembaruan Android, dan instal semua yang tersedia. Perhatikan bahwa nama menu ini mungkin berbeda tergantung pada telepon Anda.

Setelah itu, buka Play Store. Geser keluar menu kiri dan pilih My apps & games untuk menampilkan semua aplikasi terinstal Anda yang memiliki pembaruan tersedia. Jika Anda melihat Android Auto dalam daftar, ketuk Perbarui untuk menginstalnya. Saat Anda di sini, Anda harus memperbarui aplikasi sistem inti lainnya seperti Google dan Google Play services juga. Melakukannya dapat memperbaiki masalah seperti perintah suara Android Auto yang tidak berfungsi.

PALING VIRAL  √ 7 Game FPS Android Offline Terbaik Grafik HD

Coba buka aplikasi Android Auto setelah pembaruan apa pun diinstal, karena mungkin ada pembaruan perjanjian pengguna atau serupa yang perlu Anda terima sebelum melanjutkan menggunakannya.

Pastikan Ponsel Anda Bekerja Dengan Android Auto

Jika Android Auto tidak berfungsi sama sekali, Anda harus mengonfirmasi bahwa ponsel Anda berfungsi dengan fitur tersebut. Halaman bantuan Google di Android Auto menyatakan bahwa Anda memerlukan perangkat dengan Android 6 Marshmallow atau lebih tinggi untuk menggunakannya.
Di Android 9 dan lebih lama, Anda perlu menginstal aplikasi Android Auto dari Play Store untuk menggunakan fitur tersebut. Jika Anda menggunakan Android 10 atau lebih baru, kemampuan Android Auto untuk terhubung ke tampilan mobil Anda sudah ada di dalamnya. Namun, jika Anda ingin menggunakan aplikasi di layar ponsel, Anda masih perlu menginstal aplikasi Android Auto untuk Layar Ponsel di Android 10 dan yang lebih baru.

Pastikan Anda berada di negara tempat Android Auto juga didukung. Anda akan menemukan daftar wilayah di bawah Tempat untuk digunakan di halaman Google yang ditautkan di atas. Ini berfungsi di banyak negara, seperti AS, Inggris, Kanada, Australia, dan India. Tetapi Android Auto tidak akan berfungsi dengan baik di wilayah tertentu.

Pastikan Mobil Anda Mendukung Android Auto

Jika Anda ingin menggunakan Android Auto pada tampilan mobil Anda, Anda harus memiliki kendaraan yang kompatibel (atau head unit aftermarket). Meskipun mobil Anda memiliki port USB, mungkin tidak mendukung Android Auto.

Periksa daftar mobil yang didukung Android Auto dan cari kendaraan Anda. Secara umum fitur tersebut hanya muncul pada mobil dari tahun 2016-2017 dan yang lebih baru. Untuk memastikan sepenuhnya, manual kendaraan Anda harus menyebutkan Android Auto jika didukung.
Jika mobil Anda tidak mendukung Android Auto, Anda dapat membeli stereo yang menggunakannya. Anda akan menemukan daftar model yang disetujui di halaman yang sama; mereka tersedia untuk dibeli di situs seperti Crutchfield.

Pecahkan Masalah Sistem Infotainment Mobil Anda

Pada titik ini, Anda harus memeriksa masalah dengan unit kepala mobil Anda. Pastikan Anda meluncurkan aplikasi Android Auto dari menu utama, lokasinya berbeda menurut mobil. Seringkali, aplikasi tidak diluncurkan secara otomatis, membuat Anda berpikir ada sesuatu yang salah.

PALING VIRAL  4 Aplikasi Gratis Untuk Membuat Formulir Terbaik Untuk Android dan iPhone

Jika ada cara untuk memulai ulang sistem infotainment, coba lakukan. Jika ini bukan pilihan, cukup matikan mobil Anda selama beberapa menit, lalu mulai lagi dan coba sekali lagi.

Terakhir, jika Anda memiliki penerima purnajual, periksa situs web pembuatnya untuk melihat apakah ada pembaruan perangkat lunak. Terapkan pembaruan apa pun yang tersedia, lalu coba koneksi lagi.

Periksa Kabel USB Anda

Saat menggunakan Android Auto di layar mobil, Anda memerlukan kabel USB untuk menghubungkan ponsel ke kendaraan Anda. Jika kabel ini rusak atau berkualitas rendah, itu bisa memutuskan koneksi secara acak atau menolak untuk terhubung sama sekali.

Coba ganti kabel USB Anda dengan kabel lain yang Anda tahu berkualitas tinggi; kabel yang disertakan dengan telepon Anda biasanya cocok. Untuk hasil terbaik, gunakan kabel yang panjangnya tidak lebih dari enam kaki.

Perlu diingat bahwa jika kabel hanya untuk mengisi daya dan tidak mendukung transfer data, kabel tidak akan berfungsi untuk Android Auto. Biasanya, Anda dapat mengetahui apakah kabel mendukung transfer data jika memiliki simbol “trisula” USB pada ujung USB-A. Lihat panduan kami untuk jenis kabel USB jika Anda tidak terbiasa dengan ini.

Periksa Pengaturan Mobil Berpasangan Anda

Android Auto memungkinkan Anda menyandingkan ponsel dengan beberapa mobil. Jika Anda mengalami masalah saat memasangkan dengan mobil baru, Anda dapat mengunjungi opsi ini untuk memperbaikinya.

Untuk mengunjungi setelan kendaraan Android Auto Anda, buka aplikasi Android Auto, lalu geser keluar menu kiri dan pilih Settings. Pada layar ini, ketuk Previously connected cars.

Ini akan menampilkan daftar mobil yang Anda setujui atau tolak untuk digunakan dengan Android Auto. Jika Anda melihat mobil Anda di header Rejected cars, Anda mungkin melakukannya secara tidak sengaja. Hapus mobil dari daftar yang diblokir dan coba pasangkan lagi.

PALING VIRAL  10 Laptop Terbaik Yang Dapat Anda Isi Dengan Power Bank

Biasanya, opsi Add new cars to Android Auto harus diaktifkan. Jika ini dimatikan, ponsel Anda hanya akan mengisi daya alih-alih memulai proses penyiapan Android Auto saat Anda mencolokkannya.

Google mengatakan bahwa mematikan ini dapat membantu Anda terhubung ke mobil kedua jika Anda mengalami masalah dengan itu. Coba sambungkan lagi menggunakan pengaturan berlawanan dari apa pun yang Anda miliki di sini.

Jika tidak ada cara di atas yang berfungsi, ketuk tombol Menu tiga titik di kanan atas dan tekan Forget all cars. Ini akan menghapus semua mobil yang telah Anda sinkronkan sebelumnya, sehingga Anda dapat memulai dari awal dan mudah-mudahan menyelesaikan apa pun yang macet.

Hapus Cache Dan Penyimpanan Untuk Aplikasi Android Auto

Pada titik ini, jika Android Auto masih tidak berfungsi, taruhan terbaik Anda adalah menghapus semua data yang disimpan di aplikasi Android Auto dan memulai lagi. Anda harus melakukan ini saat terputus dari mobil Anda.

Untuk melakukan ini, buka Settings > Apps & notifications > See all apps > Android Auto > Storage & cache. Di sini, pilih Clear cache terlebih dahulu, lalu coba gunakan Android Auto lagi.

Jika ini tidak berhasil, kembali ke menu dan ketuk Clear storage berikutnya. Ini menghapus semua data untuk aplikasi, jadi seperti menginstalnya dari awal. Anda mungkin harus mengonfigurasi setelan untuk Android Auto lagi setelah melakukan ini.

Mudah-mudahan, setelah membersihkan semua penyimpanan, Android Auto akan terhubung lagi untuk Anda.

Android Auto Bekerja Lagi

Android Auto tidak banyak berguna jika tidak berfungsi, dan tips berikut adalah tempat Anda harus memulai untuk pemecahan masalah Android Auto. Kemungkinannya adalah Anda perlu mengganti kabel USB atau memiliki masalah dengan aplikasi di perangkat Anda.

Sekarang setelah Android Auto berfungsi kembali, pastikan Anda menggunakannya sepenuhnya.